PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, LINGKUNGAN KERJA FISIK, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI Q-BAR COFFEE LAMONGAN

  • Addib Lazwar Irhami Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Dewi Andriani Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Keywords: Gaya Kepemimpinan Transformasional, Lingkungan Kerja Fisik, Disiplin Kerj

Abstract

Penelitian ini menghasilkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel gaya kepemimpinan transformasional, lingkungan kerja fisik, dan disiplin kerja terhadap variabel kepuasan kerja karyawan pada Q-Bar Coffee. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi sebuah tolak ukur bagi organisasi agar dapat melakukan pengelolaan dengan gaya kepemimpinan transformasional, lingkungan kerja fisik, dan disiplin kerja yang lebih baik supaya dapat memberikan rasa kepuasan kerja yang tinggi dan lebih besar kepada karyawan sehingga kinerja para karyawan menjadi lebih bersemangat dan meningkat sehingga menjadi hal yang positif dalam upaya mewujudkan tujuan organisasi. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 responden pada pegawai Q-Bar Coffee Lamongan. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 22. Data primer ini diperoleh melalui kuisioner yang pengukurannya menggunakan skala interval yang diuji validitas dan reliabilitas data dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian ini secara parsial membuktikan bahwa gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan, lingkungan kerja fisik berpengaruh terhadapa kepuasan kerja karyawan, dan disiplin kerja berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan

References

[1] Aji Baskoro, C., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Negeri Semarang, U. (2014). Management Analysis Journal Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. In Management Analysis Journal (Vol. 3, Issue 2). Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Maj.
[2] Amaliyah, I. N. (2011). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Pada System Perusahaan Pemasar Jaringan (Studi Pada Tianshi Di Surabaya). Jurnal Ekonomi, 1-2.
[3] Astuti, Y. F. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Karyawan Pamella Supermarket 7. Jurnal Ekonomi, 9-10.
[4] Bhastary, M. D. (2020). Pengaruh Etika Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2).
[5] Dayatullah, S. Dan. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Komitmen Organisani Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. Publik: Jurnal Ekonomi Dan Publik, 15(2).
[6] Edy Sutrisno, 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetak Ke Enam. Pranada Media Group, Jakarta.
[7] Hartati, C. S., & Wiroko, R. (2019). Analisis Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja Pt. Tirta Investama Pandaan. Jurnal Manajerial Bisnis, 2(2).
[8] Handoko, T. H. (2000). Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Bpfe-Yogyakarta.
[9] Hasibuan, D. H. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
[10] Hermingsih, A., & Purwanti, D. (2020). Pengaruh Kompensasi Dan Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Dimensi, 9(3).
[11] Jahidah Islamy, F. (2019). Pengaruh Kepuasan Kerja Karyawan Terhadap Kinerja Dosen Tetap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun (Studi Kasus Pada Dosen Tetap Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun Tahun 2019). 18(2). Https://Jurnal.Inaba.Ac.Id/.
[12] Jufrizen, J. (2018). Peran Motivasi Kerja Dalam Memoderasi Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. The National Conferences Management And Business (Ncmab), 2621–1572.
[13] Kusuma, A. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Kasus Pada Hotel Ratu Mayang Garden Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, 1- 9.
[14] Luthans, Fred. 2012. Perilaku Organisasi (V.A Yuwono Dkk) Yogyakarta, Penerbit Andi.
[15] Muhraweni, Rasyid, & Gunawan. (2017). Pengarauh Lingkungan Kerja Fisik, Lingkungan Kerja Non Fisik Dan Komunikasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Di Bagian Umum Secretariat Daerah Kabupaten Soppeng. Jurnal Mirai Manajemen, 02(01).
[16] Pratama, R., Harif, D., & Rivai, A. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Trasformasional Dan Budaya Organisasi, Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Cafe Dan Restoran Di Kota Padang. Jurnal Riset Bisnis, 4(2).
[17] Robbins, S. (2008). Jurnal Perilaku Organisasi, Jilid I Dan Ii, Alih Bahasa : Hadyana Pujaatmaja. Jakarta: Prenhallindo.
[18] Robbins Dan Judge, 2008, Perilaku Organisasi, Edisi Duabelas, Penerbit Salemba Empat: Jakarta.
[19] Sedarmayanti. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung, Mandar Maju.
[20] Tanjung, H. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja, Kompetensi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Pada Dinas Perkebunan Sumatera Utara. Jurnal Ekonomi, 3.
Published
2022-09-06
How to Cite
Lazwar Irhami, A., & Andriani, D. (2022). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, LINGKUNGAN KERJA FISIK, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI Q-BAR COFFEE LAMONGAN. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(3), 454 - 461. https://doi.org/10.55606/jimak.v1i3.549