ANALISIS PENGARUH IN STORE DISPLAY DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING PADA ALFAMART TENTE

  • Ainun Fitriani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Muhajirin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima

Abstract

Business people must have an understanding of changing consumer behavior in order to win business competition and the most important thing is how companies can attract and attract consumers to make impulse purchases by considering in-store displays and price discounts. This study aims to determine and analyze the effect of in-store display and discount price on impulsive buying decisions at Alfamart Tente. This type of research is associative with quantitative data types from primary data sources. The research instrument used was a Likert scale questionnaire. The population in this study were all consumers who made purchases at Alfamart Tente with a total sample of 50 respondents. The sampling technique used in this study is non-probability sampling. The method of determining the sample in this study is accidental sampling. Data collection techniques using observation, questionnaires and literature study. The data analysis technique uses validity test, reliability test, classical assumption test, multiple linear regression analysis, multiple correlation coefficient, determination test, t test and f test. The results showed that in-store display had a significant effect on impulse buying decisions at Alfamart Tente, while price discounts had no significant effect on impulse buying decisions at Alfamart Tente, f test results showed that in-store displays and price discounts together had a significant effect. on impulse buying decisions at Alfamart Tente.

Keywords: In-Store Display, Price Discount, Impulsif Buying Decisions

   

 

Abstrak

Para pelaku bisnis harus memiliki pemahaman tentang perilaku konsumen yang terus berubah agar bisa memenangkan persaingan bisnis dan yang paling penting adalah bagaimana cara perusahaan agar memiliki daya tarik dan menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian impulsif dengan mempertimbangkan in-store display dan price discount. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh in-store display dan discount price terhadap keputusan impulsif buying pada Alfamart Tente. Jenis penelitian ini assositif dengan jenis data kuantitatif dari sumber data primer. Instrument penelitian yang digunakan yaitu kuesioner berskala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian di Alfamart Tente dengan  jumlah sampel sebanyak 50 orang responden. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling. Metode penentuan sampel pada penelitian ini yaitu accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisa data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien korelasi berganda, uji determinasi, ujit dan uji f. Hasil penelitian menunjukan bahwa in-store display berpengaruh signifikan terhadap keputusan impulse buying pada Alfamart Tente, sementara price discount tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan impulse buying pada Alfamart Tente, hasil uji f menunjukan bahwa in-store display dan price discount secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan impulse buying pada Alfamart Tente.

Kata Kunci: In-Store Display, Price Discount, Keputusan Impulsif Buying

Published
2022-07-28
How to Cite
Fitriani, A., & Muhajirin. (2022). ANALISIS PENGARUH IN STORE DISPLAY DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP KEPUTUSAN IMPULSE BUYING PADA ALFAMART TENTE. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 1(3), 23-34. https://doi.org/10.55606/jupumi.v1i2.474