ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNA JASA MODA TRANSPORTASI DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTA DI ERA NEW NORMAL PANDEMI COVID-19

  • Bimo Andono Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan
  • Sinta Kusumawati Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan
Keywords: sumer Perception, Service Quality, Service User Decisions, Covid-19

Abstract

keputusan pengguna ajsa moda transportasi di Bandar Udara Internasional Yogyakarta di era new normal pandemi covid-19. Persepsi konsumen dan kualitas pelayanan berperan penting dalam menentukan pemilihan moda transportasi yang akan digunakan konsumen dalam mobilitas sehari-hari yang tentunya sesuai dengan kebutuhan masyarakat pada new normal saat ini. Haisl dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan kepada perusahaan jasa guna meningkatkan kualitas pelayanan terhadap penumpang yang sesuai dengan kebutuhan, memberikan kesan aman dan nyaman kepada konsumen setelah menggunakan transportasi sehingga konsumen akan terus menggunakan transportasi pilihannya dan memberikan informasi baik ini kepada konsumen yang lain.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pengguna jasa moda transportasi di Bandar Udara Internasional Yogyakarta di era new normal pandemi covid-19. Oleh karena itu, peneliti memilih sampel dengan kriteria tertentu dengan jumalh responden yaitu 100 responden yang di dapatkan melalui pembagian kuesioner. Lalu hasil penelitian diolah di aplikasi software SPSS untuk menghasilkan hasil analisa.

Berdasarkan hasil penelitian ini dari data analis statistik, setiap item pernyataan pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian hipotesis menunjukan bahwa hasil penelitian dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima. Dan dapat diketahui bahwa nilaiĀ  diketahui R square sebesar 0,454. Sehingga dapat djelaskan bahwa variabel depeden (Y) dalam model dapat dijelaskan oleh variabel independen (X) sebesar 45,4%.

Published
2022-08-05
How to Cite
Bimo Andono, & Sinta Kusumawati. (2022). ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNA JASA MODA TRANSPORTASI DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTA DI ERA NEW NORMAL PANDEMI COVID-19. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 1(3), 74-86. https://doi.org/10.55606/jupumi.v1i3.509