PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW OLEH GURU PAI DI SMK NEGERI 1 KOTO BARU DHARMASRAYA

  • Mesi Dewi Wanti Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Salmi Wati Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Muhiddinur Kamal Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Afrinaldi Afrinaldi Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
Keywords: Implementasi, Guru PAI,Model Pembelajaran

Abstract

Model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif, siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 5 sampai 6 orang satu kelompok dengan memperhatikan keheterogenan kelompok, berkerjasama positif dan setiap anggota bertanggung jawab untuk mempelajari masalah tertentu dari materi yang diberikan dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw di kelas XI Multi 1 SMK Negeri 1 Koto Baru serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah menggunakan observasi langsung ke sekolah dengan cara melihat langkah-langkah model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw di kelas XI Multi 1, wawancara dengan guru PAI dan siswa kelas XI Multi 1 serta  dokumentasi seperti RPP. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa langkah-langkah pengembangan yang diterapkan kurang sesuai dengan teori yang telah dijabarkan oleh Rusman seperti guru membagi kelompok dengan cara berhitung yang membuat kelompok kurang heterogen yang mana salah satu ciri khas kooperatif adalah kelompok yang berbentuk heterogen, lalu di dalam kelompok ada yang beranggota 6 orang yang disebab kan oleh kondisi atau jumlah siswa yang berlebih. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi, setelah persentasi guru mengevaluasi dengan memberikan tugas latihan secara individu dan selesai mengerjakan latihan guru memberikan penjelasan materi yang masih diragukan lalu guru menutup pembelajaran. Selain itu ditemukan faktor penghambat dan faktor pendukung dalam penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw, faktor penghambat yaitu saat penempatan kelompok membutuh kan lebih banyak waktu, siswa kurang serius dalam berdiskusi sehingga membuat anggota kelompok lain terganggu, dan ada juga siswa kurang percaya diri saat berdiskusi. Faktor pendukung dalam penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw yaitu memicu siswa lebih aktif serta bebas mengemukakan pendapat saat diskusi, meningkatkan daya ingat siswa, meningkatkan hasil belajar, membuat siswa lebih percaya diri, dan meningkatkan keterampilan kerja sama dalam kelompok saat berdiskusi.

References

Agama, Keputusan Mentri. n.d. “Tentang Kurikulum PAI Dan Bahasa Arab Pada Madrasah.”
Andrianti, Irna. 2017. “Implementasi Pendekatan Scientifik Pada Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar.” Jurnal Of Educationall Studies 2 (2).
Badar, Ibnu Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Daradjat, Zakiah. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Fietriani, Ida dan Sholekha Iswatun. 2016. “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V MI Raden IntanWonodadi Kec. Gading Rejo Kab. Pringsewu Tahun Pelajaran 2015/2016.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 3 (1): 1.
Huda, Miftahul. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ifrianti, Syofridah. 2016. “Peningkatan Motivasi Belajar Pai Melaui Metode Pembelajaran Questions Students Have Pada Peserta Didik Kelas IV Sdn 1 Hajimena Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2015/ 2016.” Jurnal Terampil Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 3 (1).
Ilmi, Darul. 2015. “PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL MELALUI UNGKAPAN BIJAK MINANGKABAU.” Journal of Islamic & Social Studies 1 (1).
Isjoni. 2013. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Junaidi, Kamal, Muhiddinur dan. 2018. “MULTIKULTURAL SEBAGAI UPAYA MENANAMKAN NILAI-NILAI KEBERAGAMAN SISWA SMKN 1 AMPEK.” Pendidikan Agama Islam 13 (1): 181–206.
Juwana, Tedy Triyoga. 2022. Wawancara Kelas XI Multi 1. SMK Negeri 1 Koto Baru.
Kamal, Muhiddinur. 2019. “Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investagation (GIO Pada Siswa Kelas VII SMP 3 Tigo Nagari, Juring).” Journal For Research in Matematics Learning 2 (2): 2.
Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep Dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Kontjojo. 2010. Model-Model Pembelajaran. Kendiri: Universitas Nusantara PGRI Kendiri.
M, Iswantir. 2019. Pendidikan Islam Sejarah, Peran Dan Kontribusi Dalam Pendidikan Nasional. Aur: CV Anugerah Utama Raharja.
Mahmuda, Umi. 2008. Active Learning Dalam Pembelajaran, Bahasa Arab. Malang: UIN Malang.
Majid, Abdul. 2016. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Margono. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong J Lexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhaimin. 2001. Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengaktifkan Pendidikan Agama Islamdi Sekolah. Bandung: Remaja Rosdikarya.
Nikmah, Faridatun. 2020. “Analisis Kebijakan Pp No. 55/ 2007 Dalam Pengelolaan Pendidikan Agama.” Jurnal Pendidikan Islam, 09 (02).
Peraturan Menteri Agama. 2014. “Pendidikan Keagamaan Islam,” no. 13: 2.
Prastowo Andi. 2015. Menyusun RPP Tematik Terpadu. Jakarta: Kencana.
Risdoyok dan, and Aprison, Wedra. 2021. “Kerjasama Guru PAI Dan Orang Tua Dalam Menghadapi Pembelajaran Selama Covid-19.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 3, no. (5) :2319–35. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/819.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sesmiarni, Zulfani, dkk. 2021. “Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Q.S Luqman Ayat 12-19 Telaah Tafsir Al-Azhar Dan Al-Misbah.” Edumasful 5 (2): 753.
Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Sobri, Rachmad. 2019. “Edukasi Islami : Jurnal Islam , 08 / No : 01 Vol : DAN KEAGAMAAN DI INDONESIA ( Analisis Kebijakan PP No . 55 Tahun 2007 ).” Jurnal Pendidikan Islam, 08 (01).
Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, (Suatu Pendekatan Praktek). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suwirman. 2011. Metodologi Peneltian. Padang: UNP Pres Padang.
Tastra Ketut I, Dkk. 2013. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Menulis Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Mendoyo.” Ejournal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar 3.
Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005. 2006. Tentang Guru Dan Dosen. Bandung: Citra Umbara.
Wena Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Zaini Hisyam, Dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Mandani.
Published
2023-01-25
How to Cite
Mesi Dewi Wanti, Salmi Wati, Muhiddinur Kamal, & Afrinaldi Afrinaldi. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW OLEH GURU PAI DI SMK NEGERI 1 KOTO BARU DHARMASRAYA. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(1), 158-171. https://doi.org/10.55606/jbpi.v1i1.1015