KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI SMPN 1 VII KOTO SUNGAI SARIAK KABUPATEN PADANG PARIAMAN

  • Lina Anisa Putri Universitas Islam Negeri ( UIN ) Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Jasmienti Jasmienti Universitas Islam Negeri ( UIN ) Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Alimir Alimir Universitas Islam Negeri ( UIN ) Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Darul Ilmi Universitas Islam Negeri ( UIN ) Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
Keywords: Kreativitas, Guru Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Spiritual

Abstract

 Latar belakang penelitian ini adalah kondisi kecerdasan spiritual siswa yang masih jauh dari nilai-nilai keislaman. Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya peserta didik yang lalai dalam shalat dan sering mengundurkan waktu shalat, siswa yang tidak ikut serta dalam pelaksanaan shalat zhuhur berjamaah, siswa yang kurang pandai dalam baca tulis al-qur’an, siswa yang masih banyak berbicara kasar sesama teman serta siswa yang tidak amanah dalam menjalankan tugas yang diberikan kepada siswa. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskritif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan ialah menggunakan observasi langsung ke sekolah dengan cara melihat kreativitas guru Pendidikan Agama Islam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di kelas VII, wawancara dengan guru Pendidikan Agama Islam, Wakil Kurikulum dan Siswa kelas VII serta dokumentasi seperti RPP dan Absebsi Shalat Dhuha dan Shalat Zhuhur siswa kelas VII. Adapun analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, kemudian melakukan penyeleksian kembali terhadap data yang ada, kemudian melakukan display data, verifikasi data dan mengklarifikasikan data yang telah didapat. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa kreativitas yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam memiliki rasa ingin tahu terhadap siswa, mengajukan pertanyaan berbobot, memberikan gagasan dan usulan terhadap suatu masalah, mempunyai daya imajinasi, dan mengembangkan atau merinci suatu gagasan. Selain itu ditemukan faktor penghambat dan faktor pendukung dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa, faktor penghambat yaitu siswa yang cepat terpengaruh terhadap lingkungan tempat bergaul dan juga kebiasaan siswa atau lingkungan sekitar. Faktor pendukung dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa yaitu pihak keluarga, pihak sekolah, serta adanya sarana dan prasarana dan respon siswa yang begitu baik.

 

References

Afifudin, Beni Ahmad Saebani. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: Cv.Pustaka Setia
Ali, Muhammad Dan Muhammad Asrori. 2004. Psikologi Remaja; Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Pt. Bumi Aksara
Aminudin dan Wedra Aprison. 2021. Kreativitas Guru Dan Kemampuan Mengelola Kelas Terhadap Pendidikan Agama Islami. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 7.2
Arif, Arifuddin. 2008. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kultura
Arifin, Zainal. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya
Bahri, Syaiful. 2000. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Reneka Cipta
Daradjat, Zakiah. 2012. Ilmu Pendidikan Islami. Jakarta:Bumi Aksara
Departemen Agama RI. 2009. Al-Quran Dan Terjemah. Bandung: Jabal.
Dirjen Bimbaga Islam. 2003. Kendali Mutu Pendidikan Islami. Jakarta
Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Fauziah, Husnah. 2022. Siswa Kelas VII SMPN 1 VII Koto Sungai Sarik. Wawancara Pribadi. Sungai Sarik
Firmansyah, Dani. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika, Jurnal Pendidikan Unsika. 3.1.
Fitriani, Atika dan Eka Yanuarti. 2018. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa. Jurnal Pendidikan Islam. 3.2
Hati, Sanang. 2022. Guru Pendidikan Agama Islam Kelas VII, Wawancara Pribadi. Sungai Sariak
Husna, Triana Asmaul. 2018. Peranan Kecerdasan Spiritual Terhadap Regulasi Diri dalam Belajar pada Santriwati di SMP Darul Hijrah Puteri Martapura, Jurnal Ecopsy. 5.1.
Ilmi, Darul. 2014. Mengembangkan Karakter Peserta Didik Melalui Kecerdasan Spiritual. Jurnal Education, 2.2
Jamal, Syafruddin. 2000. Dasar-Dasar Metode Penelitian. Jakarta Barat:The Minangkabau Foundation.
Jannah, Suci Nur. 2022. Siswa Kelas VII SMPN 1 VII Koto Sungai Sarik. Wawancara Pribadi. Sungai Sarik
Joenaidy, Abdul Muis. 2018. Guru Asyik, Murid Fantastik. Yogyakarta: Diva Press
Kamal, Muhiddinur. 2019. Guru: Suatu Kajian Teoritis Dan Praktis. Bandar Lampung: Aura
Kamsinah. 2014. Tugas Dan Tanggung Jawab guru Dalam Pendidikan Islam. Makassar: Universitas Alaudin
Kawarti, Yenni. 2022. Wakil Kurikulum SMPN 1 VII Koto Sungai Sarik. Wawancara Pribadi. Sungai Sarik
Kurniasih, Imas. 2010. Mendidik SQ Anak Menurut Nabi Muhammad SAW. Yogyakarta : Pustaka Mawrwa
Langgulung, Hasan. 2011. Kreativitas Dan Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al Husna
Makmur. 2022. Kepala Sekolah SMPN 1 VII Koto Sungai Sarik. Wawanara Pribadi. Sungai Sarik
Maleong, Lexy J. 2001. Metode Pendekatan Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya
Monty, P. Satiadarma dan Fidelis E.Waruwu. 2003. Mendidik Kecerdasan Pedoman bagi orang tua dan guru. Jakarta: Pustaka Populer Oborh.
Muhammad, Hamid. 2004. Pedoman Diagnostik Potensi Peserta Didik. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Munandar, Utami. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Pt. Rineka Cipta
Nawawi. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada
Nuningrum dan Wiwik. 2017. Pelaksanaan Program Pengembangan Kecerdasan Spiritual di SMP Negeri 2 Girimarto Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Surakarta
Nuryanti, Lusi. 2011. Psikologi Anak. Jakarta : indeks Kencana
Razaq, Asrifah Zulian. 2022. Siswa Kelas VII, Wawancara Pribadi, Sungai Sariak
Rosad, Wahyu Sabilar. 2020. Pelaksanaan Shalat Dhuha dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nu Ajibarang Wetan, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr. Vol. 9
Salsabila. 2022. Siswa Kelas VII, Wawancara Pribadi, Sungai Sariak
Schwartz, David J. 1997. Keajaiban Berfikir Besar. Jakarta: Pustaka Delaparatasa
Setiadarma, Monty P dan Fidelis E Waruwu. 2003. Mendidik Kecerdasan. Jakarta: Pustaka Populer Obor
Soebagi, Atmodiwirio. 2000. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R Dan D. Bandung : Alfabeta
Sukadi. 2010. Guru Malas Guru Rajin. Bandung: Mqs Publishing
Tasmara, Toto. Kecerdasan Ruhaniah (Transcendental Intelligence). Jakarta: Gema Insani
Uno, Hamzah B. Dan Nurdin Mohamad. 2014. Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara
Usman, Moh. Uzer. 2007. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya
Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta:Andi Offset
Widiasworo, Erwin. 2014. Rahasia Menjadi Guru Idola: Panduan Memaksimalkan Proses Belajar Mengajar Secara Kreatif Dan Interaktif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana
Published
2023-01-25
How to Cite
Lina Anisa Putri, Jasmienti Jasmienti, Alimir Alimir, & Darul Ilmi. (2023). KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI SMPN 1 VII KOTO SUNGAI SARIAK KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(1), 172-187. https://doi.org/10.55606/jbpi.v1i1.1016