Meningkatkan Hasil Belajar PKN Materi Kewajiban Dan Hakku Melalui Metode Thinktalk Write Pada Siswa Kelas III MIT Mardhotillah Jakarta

  • Nur Hasanah STKIP Kusuma Negara, Jakarta
  • Ayu Sofiyani Kamilah STKIP Kusuma Negara
  • Tamara Fauziah STKIP Kusuma Negara
  • Medyana Ervyn Wilujeng STKIP Kusuma Negara
Keywords: Pendidikan, MIT Mardhotillah, Peserta Didik.

Abstract

Proses pendidikan menentukan kelangsungan hidup dan kesuksesan seseorang secara keseluruhan. Salah satu program pendidikan dasar dan menengah harus mencakup pendidikan umum sebagaimana dimaksud dalam pasal 37 undang-undang tersebut. UU No 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional (Sujatmoko, 2022). Peserta didik yang mengenyam pendidikan dasar dan menengah wajib mengikuti pendidikan umum sesuai dengan undang-undang. Studi yang baik dan bervariasi digunakan. Berdasarkan hasil kemajuan pendidikan umum di MIT Mardhotillah kelas III dibandingkan dengan siklus sebelumnya, siklus I, “Usulan refleksi pidato tertulis untuk pendidikan umum pada tingkat hak dan kewajiban kita dapat meningkatkan hasil belajar siswa” Demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh Proses dan Siklus II. Dapat dilihat bahwa ada 4 (22%) lulusan dan 14 (78%) lulusan. Sedangkan pada Siklus I, 9 siswa lulus atau sederajat. Apabila terjadi kegagalan sebesar 50%, 9 atau 50%, siklus II menghasilkan hasil belajar sebagai berikut: 15 siswa tidak lulus 3 siswa atau 17% selesai atau 83%.

Published
2023-02-15
How to Cite
Nur Hasanah, Ayu Sofiyani Kamilah, Tamara Fauziah, & Medyana Ervyn Wilujeng. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar PKN Materi Kewajiban Dan Hakku Melalui Metode Thinktalk Write Pada Siswa Kelas III MIT Mardhotillah Jakarta. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 01-12. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i2.1150