Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Bumbu Dasar dan Turunannya di SMKN 2 Mojokerto

Authors

  • Dewi Nur Inayah Universitas Negeri Surabaya
  • Asrul Bahar Universitas Negeri Surabaya
  • Ila Huda Puspita D Universitas Negeri Surabaya
  • Lucia Tri Pangesthi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i2.1364

Keywords:

Learning model, Problem Based Learning, Learning Outcomes

Abstract

This study aims to determine the effect of applying the problem-based learning model with the following research variables: (1) teacher activity; (2) student activities; (3) students' cognitive learning outcomes; and (4) students' responses by applying the Problem-Based learning model to the Basic Spices material and their Derivatives. This research was conducted in class X Culinary 3 SMKN 2 Mojokerto.

            This type of research is quasi-experimental or quasi-experimental. This research was applied to class X Culinary 3 with a total of 33 students. The data in the study were obtained by several methods, namely: observation, written test (pre-test, post-test), and questionnaires. The data analysis technique used the Paired Sample T-Test.

            The results of the study show: (1) the teacher's activities are in the very good category; (2) student activity is in very good category; (3) Resultspre-testand the student post-test with paired t test showed a significant value of 0.001 <0.005; (4) student responses are in very good category.

References

Abduh, E. N. Q. D. M. 2021. "Komparasi Penggunaan Media Pembelajaran Wayang Pahlawan dan Cerita Pahlawan terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar". Jurnal Basicedu, 5(4), 2062–2068.
Almas. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Kompetensi Dasar Membuat Danish dan Croissant Di SMKN 1 Bojonegoro. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Amalia, F. 2018. "Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem". Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 1, 1–8.
Amri, L. E. & S. 2013. Paduan Memahami Kurikulum 2013. PT Prestasi Pustakrya.
Annayanti Budiningsih, M. S. W. A. 2022. Boga Dasar SMK/MAK Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi. Edisi kedua. PT Yudhistira Ghalia Indonesia.
Ariaten, dkk. 2019. "Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tik". Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Pendidikan, 1(1).
Asmah, S. 2022. "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IX MTs Negeri Kota Kupang". Jurnal Jendela Pendidikan, 2(3).
Bloom, B.S., dkk. 1956. The Taxonomy of Educational Objectives The Classification of Educational Goals. New York: Longmans. Green and Co.
Chaplin. 2004. Kamus Lengkap Psikologi (Ed.). PT Raja Grafindo Persada.
Cholilah, N. 2020. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Malang. Skripsi. Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Grup Penerbitan CV Budi Utama.
Efendi, John, Hermaliza dan J. 2019. The Effect of Learning Model Project Based Learning onthe Activities and Study Results of IPA Graders VI. Atlantis Press.
Fibriyani. 2016. ”Implementation of Cooperative Learning Model of Numbered Heads Together (NHT) Type on The Subject of Statistics at Vocational High School". Proceeding International Conference On Islamic Education (ICIED), 4, 1–15.
Ida Fiteriani, B.B. 2017. "Analisis Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif yang Berkombinasi pada Materi IPA di MIN Bandar Lampung". Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2).
Iskandar, A. P., & Leonard, L. 2019. "Modifikasi Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa". Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 1–13.
Lahmudin, L., Susanty, S., & Hulfa, I. 2021. "Teknik Pengolahan Bumbu Dasar Masakan Indonesia di STP Mataram". Journal of Responsible Tourism. 1(1), 19–24.
Lestari. (2016). "Pengaruh Kualitas Bumbu Dasar Instan dan Sambal Instan Terhadap Kepuasan Konsumen Industri Jasa Boga dan Rumah Tangga di Kota Bandung". Jurnal Gastronomi Wisata, 3(2).
Mahananingtyas. 2017. "Hasil Belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotor Melalui Penggunaan Jurnal Belajar Bagi Mahasiswa PGSD". Prosiding Seminar Nasional Hdpgs di Wilayah Iv, 192–200.
Marsh, C. 1996. Handbook for BeginningTeachers. Addison Wesley Longman Australia Pry Limited.
Masril, M. 2020. "Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah pada Kurikulum 2013 di SMKN Negeri 2 Padang". Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1).
Murdiati, A. dan A. (2013). Panduan Penyiapan Pangan Sehat untuk Semua. Kencana Prenadamedia Group.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). "Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa". Prosiding Sesiomadika, 2(1c), 659.
Nining Mariyaningsih dan Mistina Hidayati. 2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Pracktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-kelas Inspiratif. CV Kekata Group.
Nuraini, O. F, dkk. 2017. "Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas SD". E- Jurnal Mitra Pendidikan, 1(4), 369–379.
Pertiwi, D., dkk. 2019. "Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation". Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan, 2, 135–142.
Qorimah, E. N., & Sutama, S. 2022. "Media Augmented Reality (AR) terhadap Hasil Belajar Kognitif". Jurnal Basicedu, 6(2), 2055–2060.
Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). "Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning bagi Siswa Kelas 4 SD". Jurnal Ilmiah. 7(3), 241–250.
Ridwan, A. 2003. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Alfabeta.
Saputra, H. 2020. “Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning ”. Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(3),1–9.
Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada.
Sinabariba, R. B. 2017. "Peranan guru memilih model-model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi". Seminar Nasional PGSD UNIMED, 1(1).
Takwil, M. 2020. "Model Program Pengembangan Diri dalam Mengembangkan Potensi Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Peterongan Jombang". Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 10(2).
Tanjung, H. S. 2018. "Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah". Genta Mulia, 4(1), 110–121.
Wibowo, N. (2016). "Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari". Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128-139.
Wungo, P., dkk. (2022). "Integrasi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Citra Bakti". Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 11(1), 15-51.
Zultifa, A. A. 2020. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan di SMKN 3 Kediri. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Downloads

Published

2023-05-05

How to Cite

Dewi Nur Inayah, Asrul Bahar, Ila Huda Puspita D, & Lucia Tri Pangesthi. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Bumbu Dasar dan Turunannya di SMKN 2 Mojokerto. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 80–98. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i2.1364