Analisis Dampak Negatif Kecanduan Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa Di Sekolah Dasar

  • Mai Sri Lena Universitas Negeri Padang
  • Sartono Sartono Universitas Negeri Padang
  • Sania Khairanis Universitas Negeri Padang
  • Tiara Emilia Universitas Negeri Padang

Abstrak

Penelitian ini mengkaji Analisis Dampak Negatif Kecanduan Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa Di SD, Yang bertujuan untuk mengetahui Dampak Negatif Kecanduan Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa Di SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dengan cara membagikan kuesioner G-form yang di share ke orang tua siswa dan guru sekolah dasar. Validitas data ditentukan dengan triangulasi awal, karena hasil yang diperoleh dipergunakan untuk menjelaskan hasil yang terdapat pada penelitian. Teknik analisis data terdiri dari penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, kami dapat menyimpulkan bahwa bahwa adiksi siswa terhadap game online dipengaruhi oleh orang tua, lingkungan, masyarakat, serta internet yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa.

 

Referensi

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Aifabeta.
risnani Rischa P. Wardani S.V 2018. Mengenal Dampak Ketergantungan pada Game online serta cara menguranginya. Jawa Timur ; Unipma Press
Angela. (2013). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sdn 015 Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir. eJournal Ilmu Komunikasi, 1(2), 532–544.
Abreu, Y., 2016. Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo
Dewantari, S., 2013. Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Online Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sapuran Kabupaten Wonosobo.
Suparni. 2018. Analisa Pengaruh Bermain Game Online Terhadap Minat Belajar Siswa. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi – Volume 10 No 2
Tarigan, Agriva.A. Dkk. 2022. Dampak Permainan Game Online Terhadap Minat Belajar Pada Siswa Sd Negeri 060934 Kota Medan. Jbpm: Jurnal Bidang Penelitian Multimedia Vol. 1, No. 1
Djamara, SyaifulBahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta :RinekaCipta
Djamara, SyaifulBahri. 2002. StrategiBelajarMengajar.Jakarta :RinekaCipta
Sugiyono. 2012. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Diterbitkan
2023-06-20