ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS V SDN 07 SIGIRAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG

Authors

  • Mai Sri Lena Universitas Negeri Padang
  • Sartono Sartono Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Mona Aulia Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Febri Nadiatur Rahma Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i3.1666

Keywords:

matematika, belajar bangun ruang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan; 1) kesulitan peserta didik kelas V SDN 07 Sigiran dalam belajar matematika. 2) sebab peserta didik kesusahan belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitaf dimana sumber datanya diperoleh dari wawancara. Yang diwawancarai 10 peserta didik (sebagaian peserta didik kelas V). Penelitian ini membuktikan bahwa keseluruhan peserta didik mengatakan belajar matematika sulit. Kesulitan yang ditemui; (a) susah hafal rumus (b) susah menentukan rumus untuk mengerjakan soal (c) susah paham dengan bentuk bangun ruang (d) peserta didik jenuh dan bosan belajar matematika.

References

Fidayanti, M. S. (2020). Analisis Kesulitan Dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies , 3(1): 88-96.
Hasibuan, K. E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP NEGERI 12 Bandung. AXIOM, 7(1): 18-30.
Hidajat, D. P. ((2018). Analisis Kesultan dalam Penyelesaian Permasalahan Ruang Dimensi Dua. . Jurnal Pendidikan Matematika 1(1), 1-16.
K, D. A. (2006). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Sosrowijayan Kota. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3 (5), 169-182.
Marzi, A. M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Fundamental PendidikanDasar , 2 (3): 140 – 145.
Mufarizuddin. (2018). Analisis Kesulitan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD NEGERI 012 BANGKINANG KOTA. Journal On Education , 1(1): 40-47.
Natalia, D. Z. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN. AKSIOMATIK 7, (3): 75-82.
Sulistyani, N. &. (2019). Analisis Bahan Ajar Matematika Kelas V SD Di. JP2SD(Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 7(2): 133-141.
Waskitoningtyas, S. R. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , 5(1): 24-32.
Widodo, T. S. (2018). Problematika Pembelajaran Matematika Dengan Implikasi Dwi-Kurikulum Pada Kelas VI SDN Sumberingin Jombang. JPGSD, 6 (2), 9-98.

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Mai Sri Lena, Sartono Sartono, Mona Aulia, & Febri Nadiatur Rahma. (2023). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS V SDN 07 SIGIRAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(3), 163–166. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i3.1666