Pengaruh Gaya Belajar Dan Cara Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa

  • Adelia Salsabila Universitas Negeri Jakarta
  • Christian Wiradendi Wolor Universitas Negeri Jakarta
  • Marsofiyati Marsofiyati Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Learning Outcomes, Learning Style, How To Teach.

Abstract

This study aims to analyze the influence of learning styles and how to teach on student learning outcomes. The population used in this study was students of SMK Negeri 48 Jakarta. The number of samples used was 108 respondents. The method of data collection is questionnaire. The data analysis techniques used SmartPLS (Partial Least Square) Statistics. The results of this study show: 1) Learning styles have positive values and have a significant effect on learning outcomes, 2) How to teach have a positive effect and have a significant effect on learning outcomes, 3) Learning styles and how to teach have a positive and significant effect on learning outcomes.

 

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad. (2020). Gaya Belajar Siswa SMP. Bandung: Cakra.

Ahmad. (n.d.). Pengertian Kepuasan Pelanggan: Faktor, Indikator dan Optimalisasinya. Retrieved from gramedia.com: https://www.gramedia.com/literasi/kepuasan-pelanggan/

Ahmad, R. (2019). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI MA Babussalam Rungkang, Desa Merembu, Kec. Labuapi, Kab. Lombok Barat. Progress in Retinal and Eye Research, 561(3), S2–S3, https://doi.org/http://etheses.uinmatara.

Ali, M. (2004). Guru Dalam Proses Gaya Mengajar. Sinar Batu Algesindo.

Anggelina, P. A., Darman, R. A., & Nurdin, B. (2023). PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA: STUDI KASUS SMK NEGERI 1 KINALI. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(2), 158-169. doi:https://doi.org/10.52060/pti.v4i2.1392

Anwar, Daud, M., Abubakar, Zainuddin, & Fadhila. (2020). Analisis Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Journal of Scientific Information and Educational Creatifity Vol. 21, No. 1, 64-85.

Astutie, C. S. (2018). PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS X SMA NEGERI 18 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) 1(3). doi:https://doi.org/10.26740/jupe.v1n3.p%p

Chatib, M. (2011). Sekolahnya Manusia Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Bandung: PT Mizan Pustaka,.

Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Falah, B. N., & Fatimah, S. (2019). Pengaruh gaya belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Euclid Vol.6 No. 1, 233-240.

Gefen, D. &. (2005). A Practical Guide to Factorial Validity Using PLS-Graph: Tutorial and Annotated Example. Communications of the Association for Information Systems, 16, 5, https://doi.org/10.17705/1CAIS.01605.

Hakiki, M., & Cinta, D. (2021). UPAYA MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DI KELAS V SD NEGERI 60/II MUARA BUNGO KECAMATAN RIMBO TENGAH KABUPATEN BUNGO. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 2(1),, 18-24. https://doi.org/10.52060/pti.v1i2.632.

Hakiki, M., & Fadli, R. (2020). PENGARUH METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) MODEL TREEFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR PERAKITAN KOMPUTER PADA SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK N 1 RAO SELATAN. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI) , 1 (1), 1-8. https://doi.org/10.52060/pti.v1i1.303.

Harmoko, K. I. (2022). Buku Ajar Metodologi Penelitian. CV. Feniks Muda Sejahtera. https://books.google.co.id/books?id=x2JlEAAAQBAJ.

HASANAH, I., KANTUN, S., & DJAJA, S. (2018). PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR JURNAL KHUSUS DI SMK NEGERI 1 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2017/2018. URNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 12, n. 2, 277-282.

Hasibuan, M. R. (2021). PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS X SMA ADVENT DKI JAKARTA DAN SEKITARNYA. Jurnal Terapan Ilmu Manajemen dan Bisnis Vol. 4 No. 1, 109-118.

Irawati, I., Ilhamdi, M. L., & Nasruddin, N. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar MIPA Vol. 16 No. 1, 44–48. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2202.

Kadir, F. P. (2020). PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SMA PGRI MAROS. Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 3(1), 1-5, https://doi.org/10.46918/karst.v3i1.538.

Kompasiana.com. (2023, Juni 11). Gaya Mengajar Guru yang Monoton dan Dampaknya pada Motivasi Belajar Siswa. Retrieved from Kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/kresensia71536/6485fd154d498a46b83c81f2/gaya-mengajar-guru-yang-monoton-dan-dampaknya-pada-motivasi-belajar-siswa

Magdalena, I., Fatmawati, & Luthfiyah, J. (2020). Strategi guru dalam menghadari gaya belajar siswa kelas 3 di SDN Tangerang 5. Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 151–168.

Maheni, N. P. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha,11(1), 85-94. doi:https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20077

Majid, A. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda.

Malang Posco Media. (2023, Oktober 9). KEMERDEKAAN GURU YANG SESUNGGUHNYA. Retrieved from malangposcomedia.id: https://malangposcomedia.id/kemerdekaan-guru-yang-sesungguhnya/

Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Marlina, L., & Sholehun. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH MAJARAN KABUPATEN SORONG. JURNAL KEILMUAN BAHASA, SASTRA, DAN PENGAJARANNYA Vo. 2 No. 1.

Mirafsur, V. A. (2023, April 7). Rendahnya Mutu Pendidikan di Indonesia. Retrieved from jurnalpost.com:https://jurnalpost.com/rendahnya-mutu-pendidikan-diindonesia/47604/

Mustakim, U. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran di Era New Normal Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit: Effectiveness of Discrete Mathematics Learning in New Normal Era on Student’s Learning Achievement. Uniqbu Journal of Exact Sciences, 1(1), 41-45.

Muthmainnah, S. N., & Marsigit, M. (2018). GAYA MENGAJAR GURU PEMULA DAN GURU PROFESIONAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(2), 202-216. doi:https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i2.896

Nasution. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nasution. (2011). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nisrina, R. (2023, Januari 25). Mengajar Bukan Hanya Sekadar Metode, Teknik, dan Strategi. Retrieved from Kumparan.com: https://kumparan.com/ratna-nisrinapuspitasari/mengajar-bukan-hanya-sekadar-metode-teknik-dan-strategi-1zhWkJXjaKZ/full

Nugraha, S. A. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276.

Priyatna, & Agisty. (2022). Pengaruh E-Service Quality dan E-Word of Mouth terhadap Minat beli ulang pada E- Commercee Sociolla. 7(1), 104–113.

Rahmat, H., & Jannatin, M. (2018). Hubungan Gaya Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. El Midad,10(2), 98-111.

Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188-209.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. DEEPUBLISH. https://books.google.co.id/books?id=W2vXDwAAQBAJ.

Salsabila, A., & Puspitasari. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan dan Dakwah Volume 2, Nomor 2, 278-288.

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan. Jakarta: Kencana.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suarmawan, K. A., Meitriana, M. A., & Haris, I. A. (2019). FAKTOR-FAKTOR EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2018/2019. Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume 11 No. 2 , 528-539.

Suarmawan, K. A., Meitriana, M. A., & Haris, I. A. (2019). FAKTOR-FAKTOR EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2018/2019. Jurnal Pendidikan Ekonomi Volume 11 No. 2, 528-539.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian : Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Supit, D., Melianti, M., Lasut, E., & Tumbel, N. (2023). Gaya Belajar Visual, Auditori, Kinestetik terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 5(3), 6994-7003. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1487.

Suyono, A. (2018). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA N 3 Tapung Tahun Ajaran 2017/2018. PEKA,6(1), 1-10.

Suyono, A. (2018). PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI IPS SMA N 3 TAPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. PEKA, 6(1), 1-10.

Tohirin. (2011). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Toni, N. &. (2021). Analisis Partial Least Square. Merdeka Kreasi Group. https://books.google.co.id/books?id=eetXEAAAQBAJ.

Tunggadewi, F. P., & Pudjoprastyono, H. (2022). Pengaruh Promosi dan E-Service Quality terhadap Minat Beli Ulang Penggunaan Gopay. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(1), 406-422. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i1.1603.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Umara, B. S. (2021). Peran Kepuasan dalam memediasi pengaruh Persepsi Nilai Pasca Pembelian terhadap Minat beli ulang pengguna Vending Machine Blue Mart. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 2(01), 47 - 58. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v2i01.148.

Usman, U. (2005). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wassahua, S. (2016). Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Himpunnan Siswa Kelas VII SMP Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. e-Jurnal Matematika dan Pembelajarannya Vol. 2, No. 1. ISSN 2303-0992.

Widiana, M. &. (2010). Dasar-Dasar Pemasaran. Bandung: KARYA PUTRADARWANTI BANDUNG.

Wijayanto, K. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah bank. Jurnal Manajemen Dayasaing, 17(1), 38-45.

Wulandari, R. T. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SD. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 283-290.

Yunsirno. (2012). Keajaiban Belajar. Pontianak: Jenius Publishing.

Published
2023-11-10
How to Cite
Adelia Salsabila, Christian Wiradendi Wolor, & Marsofiyati Marsofiyati. (2023). Pengaruh Gaya Belajar Dan Cara Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 21-34. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i1.2300