Meta Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terrhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Di SMA

  • Helma Ariani Hasibuan Universitas Negeri Medan
  • Putri Rahayu Universitas Negeri Medan
  • Putri Roma Uly Nyata Sihombing Universitas Negeri Medan
  • Siti Kholija Nasution Universitas Negeri Medan
Keywords: Cooperative Learning, Group Investigation, Effect Size, Learning Outcomes

Abstract

This research takes the form of a meta-analysis aiming to encompass findings regarding the influence of the cooperative learning model called Group Investigation (GI) on high school students' physics learning outcomes. It aims to identify the independent variable, which is cooperative learning, and the dependent variable, which is high school students' physics learning outcomes. The study includes 20 journal articles on the Group Investigation cooperative learning model that align with the research objectives. The average effect size calculation resulted in an average effect size of 0.86. The average effect size based on the learning outcomes of the Group Investigation type was 0.80. It was observed that the highest level based on the class level was achieved in Grade XI with an effect size of 0.97, while Grade X also attained a high effect size. This demonstrates the effectiveness of the Group Investigation cooperative learning model, especially in Grade XI of high school. The overall percentage of journal articles categorized by effect size is as follows: high impact category 20%, very high impact category 10%, high category 20%, moderate category 30%, and finally, a small impact category with 20%. From the analysis, it's evident that journals on the Group Investigation cooperative learning model are highly relevant for use in the learning process due to their influence on students' physics learning outcomes in high school.

References

Akly, N., & Halimah, A. (2015). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. Jurnal Pendidikan Fisika, 52-57.

Andi, H., & Umamah. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika.

Ansori, T., & Handayani, R. (2014). Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Teknik Open Ended Problem Dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika.

Astuti, S., & Ritonga, W. (2020). PENINGKATAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION(GI) PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 76-82.

Cecilia, V., & Bunawan, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika.

Dahlia, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Prosedural dalam Fisika pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Parepare. Jurnal Pengembangan Sumber Daya Insani.

Erpan, A., Nanda, F. F., Augustini, M. C., & Desnita, D. (2021). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 120-128.

Halawa, A., Zay, Y., & dkk. (n.d.). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Besaran Siswa Pada Materi Besaran Vektor di Kelas X SMK Gaja Mada Medan Timur. Jurnal Penilitian Fisikawan.

Harahap, R., & Derlina. (2017). PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN METODE KNOW-WANT-LEARN (KWL):DAMPAK TERHADAP HASIL BELAJAR FLUIDA DINAMIS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 149-158.

Harahap, R., & Turnip, B. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (G0) BERBANTU MEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA. Jurnal Inpafi, 156-163.

Harahap, S., & Harahap, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dipadu Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Momentum dan Impuls di SMA N 14 Medan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika.

Hidayatulloh, A. (2020). PENGARUH METODE GRUP INVESTIGASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI PEMBELAJARAN FISIKA MATERI DINAMIKA KELAS X MA NW KABAR. Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 16-20.

Irwan, N., & Sani, RA (2015). Efek model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dan keterampilan kerja tim terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Pendidikan Fisika , 4 (1), 41-48.

Lubis, R., Sani, R., & Juliani, R. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUPINVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT SISWA. Jurnal Pendidikan Fisika, 44-49.

Mulia, N., & Kadri, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Ikatan Alumni.

Siregar, E., & Harahap, M. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA SMA MUHAMMADIYAH 2 MEDAN T.P.2015/2016. Jurnal Inpafi, 1-7.

Sitorus, V., Purba, A., Ndruru, M., & Zega, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Bebantuan Media Audio-Visual Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa/I pada Materi Pokok Pengukuran di Kelas X Semester1 SMA Swasta Marisi Medan T.P 2020/2021. Jurnal penelitian fisikawan.

Suhaemi, S., Werdhiana, I., & Hatibe, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika.

Tambunan, E., & Bukit, N. (2015). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Pemahaman Konsep Awal Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu. Jurnal Pendidkan Fisika.

Umamah, C. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dengan dan Tanpa Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Fisika SMA Negeri 1 Galis. Wacana Didaktika, 4(1), 65-72.

Wahyuni, D., Fihrin, & Muslimin. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI MA Alkhairaat Kalangkangan. Jurnal Pendidikan Fisika.

Widiawati, S., Hikmawati, & Wahyudi. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 40-48.

Zaenab, N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Indonesia Journal of Teacher Education, 374-383.

Published
2023-11-30
How to Cite
Helma Ariani Hasibuan, Putri Rahayu, Putri Roma Uly Nyata Sihombing, & Siti Kholija Nasution. (2023). Meta Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terrhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Di SMA. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 54-66. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i1.2366