Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Soup Di SMKN 1 Lamongan

Authors

  • Nashita Lucky Mashura Universitas Negeri Surabaya
  • Asrul Bahar Universitas Negeri Surabaya
  • Niken Purwidiani Universitas Negeri Surabaya
  • Andika Kuncoro Widagdo Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i1.2497

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Soup, Learning Outcomes

Abstract

This study aims to find out the effect of problem-based learning (PBL) models on students' learning soup chapter outcomes in Class XI of Culinary at SMKN 1 Lamongan. The type of research used is a quasi-experimental with a non-equivalent control group research design. The sample was two classes, including an experimental class and a control class with 53 students in  Class XI of Culinary at SMKN 1 Lamongan. Data instruments were obtained by pre-test and post-test. The data analysis technique uses an independent sample t-test test with SPSS 25. The t-test independent test results for post-test showed that the value of Sig. For 0.020, which means the significance is <0.05. It can be said that there is a significant difference in the mean. Thus, it can be concluded that there is an effect of problem-based learning model on the learning results in Class XI of Culinary at SMKN 1 Lamongan.

References

Aminah, Z., Sutiadiningsih, A., Fatkhur Romadhoni, I., Tata Boga, P., Negeri Surabaya, U., Boga, T., & Vokasi Unesa, S. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Kompetensi Dasar Daging Dan Hasil Olahnya Terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Di Smk Negeri 2 Jombang. 11(1), 70–78. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga.

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2022). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. Diffraction, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416

Arikunto, Suharsimi. 2018. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dirgatama, C. H. A., Th, D. S., & Ninghardjanti, P. (2016). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan mengimplementasi program Microsoft Excel mata pelajaran Administrasi Kepegawaian di SMK Negeri 1 Surakarta. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 1(1), 36–53. http://jurnal.fkip.uns.ac.id

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39. https://doi.org/10.37905/aksara.5.1.39-46.2019

Farabih, Ahmad. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Pengolahan Makanan Kontinental Siswa XI Tata Boga SMK Negeri 8 Medan. Medan: Universitas Negeri Medan

Habsyi, A. N., Pangesthi, L. T., Romadhoni, I. F., & Miranti, M. G. (2023). Jurnal Tata Boga Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kompetensi Dasar Membuat Danish Dan. 12(1), 91–104. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga

Harahap, E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Mengolah Stock, Soup, dan Sauce pada Siswa Kelas X Restoran 1 SMK Negeri 4 Balikpapan. Jurnal Ilmu Pendidikan Lpmp Kalimantan Timur, VIII(1), 169–188.

Hudayah, T. E., Nurlaela, L., & Meda, W. (2014). Pengembangan Modul Menyiapkan Stock, Soup dan Sauce dengan Model Pembelajaran Langsung untuk Siswa SMK Bidang Keahlian Tata Boga. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori Dan Praktek, 2(1), 27–35. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pendidikan-vokasi-teori-dan-prak/article/view/8698

Inayah, Nur D., Bahar, A., Huda Puspita, I. D., Tri Pangesthi, L., Negeri Surabaya Jl Ketintang, U., Gayungan, K., & Timur, J. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Bumbu Dasar dan Turunannya di SMKN 2 Mojokerto. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(2), 80–98.

Indrasara, P. A., Bahar, A., Astuti, N., & ... (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PBL terhadap Hasil Belajar Kognitif Choux Paste di SMKN 2 Mojokerto. Jurnal Bintang …, 1(2). https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/JUBPI/article/view/1424%0Ahttps://ejurnal.stietrianandra.ac.id/index.php/JUBPI/article/download/1424/1186

Kusumastuti, E. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Jasa Boga Materi Pengolahan Soup. Journal of Education Action Research, 5(2), 222–231. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33147.

Kojongian, S., Mewengkang, A., & Takaredase, A. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Simulasi Digital Siswa Smk. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(6), 597–601. https://doi.org/10.53682/edutik.v1i6.3207

Mayasari, Citra Unik. 2020. Modul Operasional Tata Boga. Yogyakarta: Universitas BSI.

Mujiono, A., & Endryansyah. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik Di Smkn 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(2), 359–365.

Narotama, U. (2018). Uji independent sample test. December. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.25160.57604.

Pakpahan, F. I. L., 2016. “Hubungan Pengetahuan Siswa Tentang Potongan Sayuran dengan Hasil Potongan Sayuran pada Soup”. Medan: Universitas Negeri Medan.

Rachmawati, N. Y., & Rosy, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 246–259. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p246-259

Salsabela, Tasya. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Soup. Jurnal Tata Boga, 11(2), 128-139.

Siti Fatimah Zahara. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur pada Siswa Kelas XI SMK Swasta Jambi Medan. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 2(1), 95–100. https://doi.org/10.57251/sin.v2i1.244

Syafei, M., & Silalahi, J. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Smk Negeri 1 Pariaman. CIVED: Journal of Civil Engineering and Vocational Education, 5(4), 1–6. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/cived/article/view/102483

Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Peoblem Based Learning (PBL). Buku, 1–92.

Syahza, Almasdi. 2021. Metodologi Penelitian. Pekanbaru: R Press.

Syam, Andi Nurannisa. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa di Kelas VIII MTS Madani Alaudin Paopao”. Makassar: UIN Alauddin Makassar.

Yusuf, N. R., Bektiarso, S., & Sudarti, S. (2020). Pengaruh Model Pbl Dengan Media Google Classroom Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 230. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.3043

Downloads

Published

2023-12-19

How to Cite

Nashita Lucky Mashura, Asrul Bahar, Niken Purwidiani, & Andika Kuncoro Widagdo. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Soup Di SMKN 1 Lamongan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 155–167. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i1.2497