Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Authors

  • Asyifa Muhazira Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Iit Sintia Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Gusmaneli Gusmaneli Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i2.2950

Keywords:

Inquiry Strategy, Motivation, Moral Theology

Abstract

This writing aims to describe the use of inquiry methods in learning moral beliefs. Inquiry learning strategies on students' learning motivation in the subject of moral beliefs. This inquiry-based learning approach is related to creating students to think critically, as well as giving them the opportunity to collect information independently and analyze it. With the opportunity to independently collect information and analyze it.

References

Andriani, N., & Nirmawan, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Dalam Menulis Teks Prosedur Kompleks Pada Siswa Kelas Xi. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan. 3(2), 180–187.
Bahrudin, R & dkk. (2020). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa di MI Mubtadiin Tasikmadu. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Volume 2 Nomor 2.
Fajrianti. (2022). Strategi Pembelajaran. Surabaya: Inoffast Publishing.
Gunardi. (2020). Inquiry Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika. SHEs: Conference Series. 3, 4(1), 2288–2294.
Hamzah. (2022). Strategi Pembelajaran. Sumatera Barat: CV. AZKA PUSTAKA.
Hasriadi. (2022). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Mata Kata Inspirasi.
Lefudin. (2017). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Latukau, M. (2022). Pembelajaran IPA Dengan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.
Neliwati, dkk. (2023). Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Ta’limuna. Vol. 12, No.2, September.
Nurdiansyah. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo : Nizamia Learning Center.
Parnawi, A., & Alfisyahrin, R. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Intelektual Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Berajah Journal. 3(1), 191–200
Rakhmana, Mohammad A. S M. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjani, M. A. (2019). Pelaksanaan Strategi Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan. Vol 8, No. 2, Oktober.
Septiani, S. (2023). Strategi Pembelajaran. Banten: PT Sada Kurnia Pustaka.
Syaiful Sagala. (2017). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Wahyudin, Nur Nasution. (2017). Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.
Winanto, A & Darma M. (2016). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 SD Negeri Kutowiangun 11 Kota Salatiga. Jurnal Scholaria.Vol. 6 No. 2, Mei: 119 – 138.

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Asyifa Muhazira, Iit Sintia, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 141–150. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i2.2950