Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD

  • Cantika Dinova Ramadila Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Taryzca Putri Laela Ramadhani Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Hery Setiyawan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Keywords: Round Robin, Outcomes, Mathematics

Abstract

This study aims to determine the influence of the Round Robin cooperative learning model on Mathematics Learning Outcomes in Grade IV Elementary School. The type of research used in this study is quantitative with an experimental method (pre experimental, one group, pretest-posttest design). The subject of this study is grade IV elementary school students. The data collection techniques used are observation and tests. The results of the study show that the Round Robin type cooperative learning model can affect the Mathematics Learning Outcomes of grade IV elementary school where the model can improve students' speaking skills compared to class discussions using conventional learning models.

References

Sumuati. (2012). PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK ROUND ROBIN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 4 TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. PEKANBARU: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM.

Saraswati3, Baiduri1* , Arif Hidayatul Khusna2 , Erika Dewi. (2021). NALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE BRAINSTORMING TIPE ROUND ROBIN. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Hasanah, Putri Harianti¹, Otib Satibi Hidayat², Uswatun. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBINTERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR . Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Lambu’3, I Ketut Linggih’1*, Sonny Yalti Duma2, Relal. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin Terhadap Hasil Belajar Matematika. Toraja: Universitas Kristen Indonesia Toraja.

Zulfiyah, Asfa. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV A DI MI MIFTAHUL HUDA MALANG. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Muthia, Nabila. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT DI SMP NEGERI 3 PONTIANAK.

Wahyunda, Wibowo, Lestari. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD NEGERI 10 KOTA BARU. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, Vol 1(3).

Retno, Dyah. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA. Magelang: Universitas Muhammadiyah.

Published
2024-06-13
How to Cite
Cantika Dinova Ramadila, Taryzca Putri Laela Ramadhani, & Hery Setiyawan. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Robin Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 176-182. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3096