Studi Literatur : Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika

Authors

  • Angellika C Simanjuntak Universitas Negeri Medan
  • Novry Hiskia Hamonangan Simanullang Universitas Negeri Medan
  • Putri Hanna Mariana Limbong Universitas Negeri Medan
  • Rima Ariani Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i1.3463

Keywords:

Discovery Learning Model, Critical Thingking, Physics

Abstract

This research aims to 1) describe the implementation of learning, 2) students' critical thinking skills, 3) students' responses to the scientifically oriented discovery learning model. This research is a meta-analysis research that describes the effect size of educational research regarding the influence of the Discovery Learning model in Physics learning, especially on students' critical thinking. The analysis method is research carried out by collecting and summarizing research data from the results of previous research. This research applies meta-analysis techniques, namely referring to 20 journals with a distribution range of 2015 - 2023. This research is expected to be able to determine the feasibility of the Discovery Learning learning model in physics subjects with the factors of lesson topics and tools used in learning being the focus point. regarding students' critical thinking abilities.

References

Alpindo. O, Dkk. 2022. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Interaktif Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Critical Thinking Skill Peserta Didik. Jpf (Jurnal Pendidikan Fisika) Fkip Um Metro : 10(1) & 35-48

Ardiyanti. F & Nuroso. H. 2022. Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Mipa Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya : 4(1) & 21-26

Aswana. 2019. Pengaruh Discovery Learning Dan Motivasi Terhadap Sikap Kritis Mahasiswa Pada Materi Larutan. Jurnal Muara Pendidikan : 4(1) & 224-237

Dani. R, Dkk. 2019. Penerapan Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Melalui Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika : 4(2) & 24-30

Etikamurni. P. D, Dkk. 2023. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Melalui Discovery Learning - Berdiferensiasi Di Era Kurikulum Merdeka. Jurnal Terapan Sains & Teknologi : 5(3) & 179-189

Fitri. M & Derlina. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor. Jurnal Inpaf : 3(2) & 89-96

Haryadi. R & Mantofanie. R. 2019. Influence Of Discovery Learning Model In Physics Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-Compton. 9-16

Husniah, Dkk. 2024. Penggunaan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Serumpun Mendidik : 1(2) & 115-119

Ilma. Z. A. 2021. Eksperimen Discovery Learning Dan Problem Based Learning Ditinjau Ketekunan Belajar Siswa Materi Hukum Newton. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika : 11(1) & . 20-27

Khotima. H. 2021. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Terhadap Materi Sifat Benda Pelajaran Ipa Melalui Metode Discovery Learning. Jurnal Jpsd : 8(1) & 33-40

Muslimah, Dkk. 2023. Upaya Peningkatakan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran : 5(2) & 1390-1397

Nabela. A, Mariyam, Nurhayati.2020. Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smpn 6 Singkawang. J-Pimat : 2(1) & 116-125

Nurmiati. B. 2019. Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Vi Semester Dua Tahun Pelajaran 2017/2018 Dengan Mengoptimalkan Penerapan Model Discovery Learning Di Sd Negeri 2 Cakranegara. Jurnal Paedagogy : 6(1) & 1-7

Rohmah. A. F & Nurita. T. 2017. Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Smp Pada Materi Getaran Dan Gelombang. Jurnal Pensa : 5(3) & 222-225

Sapitri. E. U, Dkk. 2016. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Materi Kalor. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika : 1(2) & 64-66

Sari. P . W, Sahidu. A, Harjono. A. 2022. Efektivitas Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Discovery Berbantuan Simulasi Phet Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan : 7(2c) & 995 – 1000

Sari. P. S, Dkk. 2021. Pengembangan Lkpd Berbasis Discovery Learning Berbantuan Software Tracker Pada Materi Gerak Melingkar Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Kumparan Fisika : 4(2) & 137-146

Sayangan. V. Y. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Ipas. Jurnal Pendidikan Mipa : 14(3) & 757-766

Syahputra. F. 2016. Perbedaan Hasil Belajar Pada Materi Impuls Dan Momentum Dengan Menggunakan Metode Discovery Learning Dengan Metode Mastery Learning (Belajar Tuntas) Siswa Kelas Xi Man 3 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (Jim) Pendidikan Fisika : 1(3) & 22-32

Winarty. T. Y, Dkk. 2021. Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis Edutainment. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika : 5(1) & 47-54

Downloads

Published

2024-12-07

How to Cite

Angellika C Simanjuntak, Novry Hiskia Hamonangan Simanullang, Putri Hanna Mariana Limbong, & Rima Ariani. (2024). Studi Literatur : Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(1), 99–106. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i1.3463