Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Meningkatkan Minat Belajar PPKn Siswa di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i2.3826Keywords:
Civics Learning, Digital Technology, Elementary School, Learning InterestAbstract
Digital technology is increasingly being used in education, especially in primary school subjects such as Pancasila and Civic Education (PPKn). However, a significant obstacle that still needs to be overcome is learners' disinterest in civics lessons. The purpose of this study is to find out how learners' desire to learn in elementary school is influenced by the utilization of digital technology in Civics learning. The Systematic Literature Review (SLR) approach is the research methodology used to structure this study by reviewing a maximum of 10 journal articles published between 2023-2025. This method involves searching, discussing, evaluating and interpreting related research that is currently available. Findings from the literature review show that the use of digital technology in the classroom can increase students' enthusiasm for learning. High student attention and active engagement in the learning process serves as proof of this.
References
Adila, Y., dkk. (2024). Peran media interaktif dalam pembelajaran PPKn terhadap minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran (JTPP), 1(4), 761-767. Retrieved from https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/index.
Afrilia Putri, D., dkk. (2024). Pengembangan media pembelajaran Google Sites berbasis aplikasi pada mata pelajaran PPKn materi hak dan kewajiban kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 11381-11391.
Aisyah, S., dkk. (2025). Pemanfaatan teknologi digital sebagai media pembelajaran interaktif untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran dan Ilmu Sosial, 3(1), 388-401. https://doi.org/10.61132/sadewa.v3i1.1565.
Akbar, W., dkk. (2022). Penerapan media digital Powtoon dalam pembelajaran PPKn sebagai metode pembelajaran siswa. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 67-73. Retrieved from https://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/index.
Al-Ishmah, Q., Aljupri, K., Romdani, A. S., & Nurani, A. (2023). Peran multimedia interaktif dalam pembelajaran PPKn di SD. Renjana Pendidikan Dasar, 3(1), 31.
Arief Nugroho, F., & Wijayati, I. W. (2025). Analisis pemanfaatan augmented reality (AR) dalam pembelajaran PKn untuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai kewarganegaraan siswa sekolah dasar. Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ), 2(1), 898-907.
Arsiva, P., dkk. (2024). Integrasi teknologi augmented reality (AR) dalam pembelajaran PKn untuk meningkatkan pemahaman nilai-nilai kewarganegaraan pada siswa sekolah dasar. Jurnal Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 7(3), 2214-2221. Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/shes.
Astuti, M. W., Cahyadi, F., & Budiman, M. A. (2024). Media video animasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 3 sekolah dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(2), 239–247. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i2.6183.
Dewi, G. M. L., & Wulandari, G. A. A. (2024). Media komik digital berbasis kontekstual muatan PPKn materi pengamalan sila Pancasila untuk siswa kelas III sekolah dasar. Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan, 4(3), 318-326. https://doi.org/10.23887/jmt.v4i3.78869.
Istiqomah, N., Shaleh, S., & Hamzah, A. (2023). Strategi pembelajaran PPKn dalam penerapan profil pelajar Pancasila di sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 627. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.1928.
Munir, M. (2023). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran PKn untuk siswa kelas II sekolah dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 48-65. Retrieved from https://ejournal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary.
Nindi Rahmadila, N., dkk. (2024). Integrasi pembelajaran PKn dengan teknologi digital untuk meningkatkan pemahaman konstitusi pada siswa SD. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(6), 782-787.
Noerdiansyah, I., dkk. (2023). Meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PPKn kelas V melalui buku saku digital. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 59-70.
Pangkey, R. D. H., & Merentek, R. M. (2023). Pengaruh pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka terhadap minat belajar PPKn siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 968–978. Retrieved from http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/6936/4364.
Pringga Satria, A., & Ulum, B. (2022). Analisis penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi digital pada mata pelajaran PPKn. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 8(2), 77-81.
Putri, & Setiyowati. (2021). Implementasi pendidikan digital citizenship dalam membentuk good digital citizen pada siswa SMA Labschool Unesa. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 9(3), 580–594. https://doi.org/10.26740/kmkn.v9n3.p580-594.
Riyadi, T., & Wibawa, S. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Quizizz pada pembelajaran PPKn di SD kelas 5. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 2791-2805.
Salsabilla Fitri, A., dkk. (2023). Pengembangan komik digital untuk meningkatkan hasil belajar pada materi nilai-nilai Pancasila siswa kelas IV sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 230-235. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1756.
Sunaryati, T., dkk. (2024). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran Pancasila di sekolah dasar. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(6), 6371-6377. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative.
Sunaryati, T., dkk. (2025). Penggunaan media digital dalam meningkatkan minat belajar siswa SD pada pembelajaran PKN. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 6(1), 1-7. Retrieved from https://ijurnal.com/1/index.php/jpp.
Tazqiah Nuralizza, R., Arfiyanti, R., & Nuryanti, M. (2024). Respons mahasiswa terhadap media digital sebagai sumber belajar berpikir kritis. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10(2), 198–205. https://doi.org/10.33603/075wh864.
Trismiani. (2024). Implementasi teknologi digital dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tematik, 5(3), 313-318. Retrieved from https://siducat.org/index.php/jpt.
Yulistian, dkk. (2023). Penggunaan media pembelajaran berbasis YouTube dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. AoEJ: Academy of Education Journal, 14(2), 289-304.
Zulfa, E., dkk. (2023). Pengaruh penggunaan aplikasi Wordwall pada pembelajaran PPKn terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 4684-4692.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tiara Genisa, Vinanda Asmaul Husna, Adrias Adrias, Salmaini Safitri Syam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.