Pemimpin Kelompok sebagai Katalisator : Peran Kunci dalam Efektivitas dan Harmonisasi Dinamika Konseling Kelompok

Authors

  • Ike Nurhidayah Universitas Sriwijaya
  • Anasari Anasari Universitas Sriwijaya
  • Muhammad Roihan Universitas Sriwijaya
  • Fadhilianti Maghfiroh Universitas Sriwijaya
  • Ratna Sari Dewi Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i2.3844

Keywords:

Effectiveness, Group Counseling, Group Dynamics, Group Leader, Therapeutic Approaches

Abstract

This study aims to examine the role of leaders in group counseling dynamics through a literature review approach. In group guidance practices, leaders serve not only as technical facilitators but also as catalysts who shape healthy and productive interaction structures. The literature review reveals that leadership effectiveness is strongly influenced by interpersonal competence, the guidance strategies employed, and sensitivity to the diverse backgrounds of group members. Techniques such as sociodrama and reflection, along with approaches like Gestalt, Transactional Analysis, and Solution-Focused Brief Counseling (SFBC), have been proven to significantly enhance group dynamics. Additionally, ongoing training is a strategic measure to strengthen leaders’ capacity in managing groups effectively. Therefore, adaptive, empathetic, and reflective leaders play a crucial role in fostering a supportive and transformative group climate.

References

Abdi, S., Hasna, A., Jannah, K. M., Aurelya, R. P., Muthmainnah, G., Desmitha, N. P., & Septianingrum, T. (2024). Korban bullying: Bagaimana dinamika dan penanganannya dengan konseling kelompok pendekatan Gestalt. JIEGC: Journal of Islamic Education Guidance and Counseling, 5(1), 1–10.

Abdi, S., Hasna, A., Sofyan, A. A., Chairunnisa, C., Fitriani, D., Azlya, S., & Chintia, D. N. (2024). Mengatasi Kecemasan Karir Melalui Konseling Kelompok Eksistensial. Jurnal Suloh, 9(1), 60-66.

Aminah, S., Purnama, D. S., Suwarjo, Fathur Rahman. (2021). Analisis Dampak Pelatihan Peningkatan Kompetensi Layanan Konseling Kelompok pada Guru BK SMA Se-Kabupaten Sleman. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(5), 169-179.

Anasari, L. (2024). Strategi Dinamika Kelompok dalam Konseling Sekolah. Bandung: Media Edukasi.

Ani, W. V. (2025). Peranan Guru Sebagai Fasilitator Dalam Perkembangan Peserta Didik. Inklusi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Filsafat, 1(2), 51-60.

Arini, L., et al. (2024). Memahami Transferensi dan Kontra-Transferensi dalam Konseling Kelompok: Dinamika Emosional dan Strategi Efektif Pengelolaannya. Papua Medicine and Health Science (PMHS). 1(2): 49-55.

Barida, M. , Widodo, P. H. , & Suryadi, B. (2023). Sensitivitas budaya dalam dinamika kelompok konseling multikultural. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 11(2), 71–83.

Corey, G. (2016). Theory and Practice of Group Counseling (ed. ke-9). Boston, MA: Cengage Learning.

Edmawati, M. D. (2021). Keefektifan Konseling Kelompok Berbasis Kearifan Lokal Tembang Macapat Sinom untuk Meningkatkan Resiliensi Generasi Z. Keefektifan Konseling Kelompok Berbasis Kearifan Lokal Tembang Macapat Sinom untuk Meningkatkan Resiliensi Generasi Z. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 11(2): 143-156.

Habsy, B. A., Amali, A. N., Salsabila, D. M., & Kartikasari, D. D. (2024). Eksplorasi Layanan Konseling Kelompok Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa: Tinjauan Literature. Tsaqofah: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4(3), 1923-1934.

Harahap, R. (2021). Analisis keterampilan dasar guru BK dalam memimpin kelompok. Jurnal Ilmiah Konseling, 8(3), 45–54.

Hartanti, J. (2022). Bimbingan Kelompok. Tulungagung: UD DUTA SABLON.

Hasanah. (2022). Bimbingan Kelompok Teori dan Praktik. Pamekasan: Duta Media Publishing.

Hernawati, L., & Satyajati, M. N. (2021). Efektivitas Pelatihan Keterampilan Bimbingan Dan Konseling Untuk Meningkatkan Kemampuan Konselor. Patria : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(3): 108-114.

Kartikasari, W. A., Neviyarni., & Netrawati. (2022). Problematika Multikultural Dalam Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok. SHOULD: Indonesian Journal of School Counseling, 7(1), 49-60.

Larasaty. (2020). Penerapan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Stress Pada Remaja Di Pondok Pesantren Putri Al Manshur Klaten. Skripsi. Surakarta. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Matilda, T. , Wulandari, A. , dan Darmanto, R. (2025). Tantangan Kesehatan Mental Generasi Z di Era Digital. Jurnal Psikologi Remaja, 13(1), 1–15.

Nengsih. (2017). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perencanaan Arah Karier Siswa SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Al Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 7(1), 96-112.

Nurhayati, N., Rasimin, R., & Yusra, A. (2022). Persepsi siswa terhadap karakteristik guru bimbingan dan konseling sebagai pemimpin dalam konseling kelompok. Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 9(1), 26–35.

Pratiwi, U., et al. (2024). Pemahaman Mendasar tentang Konseling Kelompok bagi Praktisi Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Siber Nusantara (JPSN). 2(2): 60-65.

Putra, T., Karneli, Y., & Netrawati. (2024). Peranan pemimpin kelompok dalam konteks pendekatan analisis transaksional. Counselia: Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(1), 135–142.

Rahmi, A., Neviyarni, & Netrawati. (2023). Peran Konselor Kelompok Berdasarkan Pendekatan Analisis Transaksional Dalam Membantu Komunikasi Interpersonal. Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 8(1), 106-114.

Rizai, M. (2021). Konseling kelompok dengan teknik biblioterapi untuk mengurangi kecanduan game online pada anak: Sebuah kajian literatur [group counseling with bibliotherapy techniques to reduce online game addiction in children: a literature review]. Journal of Contemporary Islamic Counselling, 1(2), 101-114.

Saepuloh, A., & Asiyah, D. (2022). Layanan konseling kelompok dengan teknik refleksi sebagai upaya meningkatkan kesadaran diri siswa. Gema Wiralodra, 13(1), 64–71.

Saputra, E. (2022). Kaidah-Kaidah Dalam Pelaksanaan Konseling Kelompok. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 5(2), 114-123

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Setyawan, D. A. (2022). Dinamika kelompok dalam bimbingan dan konseling. Al Qalam Media Lestari.

Simanjuntak, M. (2022). Pelatihan keterampilan mendengarkan dasar dan implikasinya terhadap peran konselor. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 5(2), 50–61.

Sujuti. (2022). Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru BK dalam Menyusun Program Melalui Bimbingan Dan Pelatihan Dengan Metode Workshop Di MGBK. Manajerial : Jurnal Inovasi Manajemen dan Supervisi Pendidikan. 2(2): 213.

Ula, N., Novita, N., Khairunisa, K., Indra, S., & Jarnawi, J. (2023). Penerapan program konseling kelompok dalam perencanaan masa hadapan anak-anak Panti Asuhan Permata Camar di Kuantan, Pahang. Connection: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 55-59.

Virly, N., Aryani, D. E., & Muhid, A. (2023). Efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan rasa empati siswa: Literature review. Jurnal Psycho Aksara, 1(1), 32–40.

Wati, D. R. S., Mahameru, G. R., Jannah, H. R., Fatmalasari, I. F., & Makhmudah, U. (2024). Efektivitas Konseling Kelompok: Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menengah Atas. Mantika: Multidisciplinary Journal, 3(2), 211-220.

Wijayanti, T. (2020). Konseling Kelompok Untuk Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Pendekatan Sfbc (Teknik Miracle Question). Nusantara Of Research, 7(2), 106–114.

Yoja, A. D., Hasibuan, U. M., Sari, W., & Agustia, D. Y. (2024). Peran Konselor dalam Memfasilitasi Kunjungan dan Pengembangan Anggota Kelompok dalam Terapi Klinis. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora, 8(1), 1-9.

Downloads

Published

2025-04-14

How to Cite

Ike Nurhidayah, Anasari Anasari, Muhammad Roihan, Fadhilianti Maghfiroh, & Ratna Sari Dewi. (2025). Pemimpin Kelompok sebagai Katalisator : Peran Kunci dalam Efektivitas dan Harmonisasi Dinamika Konseling Kelompok. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(2), 341–353. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i2.3844