Analisis Kebutuhan Awal Pengembangan Bahan Ajar IPA bagi Siswa Sekolah Dasar

  • Durratus Sa’diyah Magister Pendidikan Dasar, Universitas PGRI Semarang
Keywords: analisis kebutuhan, bahan ajar, IPA, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan awal pengembangan bahan ajar sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan isntrumen penelitian berupa analisis dokumen penilaian, wawancara, dan angket. Berdasarkan hasil analisis data awal diketahui bahwa hasil belajar peserta didik kelas VI pada tiga SD Gugus Dewi Kunthi dalam pembelajaran IPA masih rendah. Nilai rata-rata hasil belajar peserta didik hanya sebesar 63 dengan kategori kurang dengan nilai tertinggi sebesar 73 dan terendah sebesar 58. Permasalahan ini disebabkan oleh materi pembelajaran IPA yang kompleks, jumlah hari efektif belajar yang terbatas, dan kurangnya variasi bahan ajar yang memantik partisipasi aktif dari peserta didik. Bahan ajar yang sering digunakan berupa buku tema pemerintah dan LKS dari berbagai penerbit. Penelitian ini dapat digunakan sebagai analisis awal kebutuhan pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan materi pembelajaran IPA sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat.

References

Farda, U.J.F.J., Binadja, A. and Purwanti, E., 2016. Validitas pengembangan bahan ajar ipa bervisi sets. Journal of Primary Education, 5(1), pp.36-41.
Gotriansyah, K., Winarni, E.W. and Dalifah, D., 2021. Analisis Buku Tematik Siswa Muatan Ipa Ditinjau Dari Dimensi Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural Dan Metakognisi (Studi Deskriptif Materi IPA Tema 6 dan 7 Kelas VI SD). JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 4(3), pp.349-362.
Hardianti, F., Setiadi, D., Syukur, A. and Merta, I.W., 2020. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Science, Technology, Environment, Society (SETS) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), pp.521-527.
Karima, R. and Sumarno, I.D., 2021. Analisis Kebutuhan Awal Pengembangan Media Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Kelas VI SD.
Kosasih, E. 2021. Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara: Jakarta diakses melalui https://books.google.co.id/books?id=UZ9OEAAAQBAJ&lpg=PP1&ots=Wp7BQrT2hA&dq=apa%20itu%20buku%20ajar&lr&pg=PR4#v=onepage&q&f=false
Nabillah, T. and Abadi, A.P., 2020. Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Edisi Kedua. Prenadamedia Group: Jakarta.
Wati, E., Harahap, R.D. and Safitri, I., 2022. Analisis Karakter Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), pp.5994-6004.
Published
2023-01-17
How to Cite
Durratus Sa’diyah. (2023). Analisis Kebutuhan Awal Pengembangan Bahan Ajar IPA bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(1), 11-17. https://doi.org/10.55606/jbpi.v1i1.917