MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU PASCA PANDEMI COVID-19 MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PERORANGAN
DOI:
https://doi.org/10.55606/jbpi.v1i1.928Keywords:
Kemampuan mengajar, Covid-19, Supervisi AkedemikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya peningkatan kemampuan mengajar guru melalui pelaksanaan supervisi akademik tehnik perorangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kajian literatur. Analisis data menggunakan analsiis kualitatif deskriptif. Dunia pendidikan di era New Normal mengalami perubahan sebagai dampak dari pademi sertakemajuan tehnologi. Oleh karena itu, perlu adanya pelaksanaan superviisi untuk meningkatkan kemampuan mengajar guru. Beberapa kegiatan supervisi perorangan yang dilakukan oleh kepala sekolah seperti kunjungan kelas, observasi kelas, pertemuan individual, kunjungan antarkelas, dan penilaian diri sendiri dilaksanakan olah kepala sekolah lebih terfokus pada penilaian yang komperhensif terhadap kualitas pelaksanaan tugas guru dan tidak hanya menyasar pada kelengkapan administrasi saja. Penggunaan instrumen penilaian dalam pelaksanaan supervisi akademik tehnik perorangan berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran.
References
Ajasan, Usman, N., & Niswanto. (2016). Efektivitas Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Meulaboh. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 4(3), 1–9. https://
Amanda, M. O., Salam, R., & Saggaf, S. (2017). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-Ilmu Sosial, 2, 149–154.
Hasan, I. (2014). Analisis kinerja koperasi pertanian dalam tataniaga komoditas ekspor di Kabupaten Aceh Tengah-Provinsi Aceh dalam menghadapi persaingan antar negara asean 2015. Jurnal Kebangsaan, 3(6), 12–20.
Kodariah, W. (2016). Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Budaya Sekolah Dan Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 17(2), 86–95.
Mangkunegara A P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya.
Manopo, A. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Kelas VIII SMP Negeri 5 Dumoga Kabupaten Bolaang Mongondow. Universitas Negeri Gorontalo.
Miles and Hubarman. (2013). Analisis Data Kualitatif (Tjetjeb Rohendi Rohandi (ed.)). Universitas Indonesia.
Moleong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Nawawi, H. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif (Cetakan Ke). Universitas Gaja Mada.
Purbasari, M. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 4(1), 46–52.
Rismawan, E. (2015). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 12(1), 114–132.
Sahartian. (2000). Supervisi Pendidikan. Rineka Cipta.
Saleh, K. (2020). Penerapan Teknik Pengawasan Akademik Di Sekolah Dasar Menghadapi Era Digital. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3(1), 18–21.
Solihin, I. (2013). Manajemen Strategik. Erlangga.
Sopian, M. (2019). Teknik-Teknik Dalam Supervisi Pendidikan.
Suhardan, D. (2010). Supervisi Profesional (Layanan dalam Meningkatkan Mutu Pengajaran di Era Otonomi Daerah). Alfabeta.
Suryani, C. (2015). Implementasi Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Min Sukadamai Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Didaktika, 16(1), 23. https://doi.org/10.22373/jid.v16i1.585
Suyatno. (2020). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik di SD Negeri 001 Gunung Kijang Kepulauan Riau. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 5(2), 141–147. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/40700
Syafril, E. P. E. (2019). “ Ruang guru ”, Digitalisasi Pendidikan Antara Capaian Nilai dan Pengembangan Karakter Melalui Interaksi Sosial. Proceeding: International Conference on Art, Design, Education, and Cultural Studies (ICADECS), 2019, 94–99.
Wiyani, A. N. (2013). Manajemen Kelas. Ar-Ruzz Media.
Yamin M dan Maisah. (2014). Standarisasi Kinerja Guru. Persada Press.