UPAYA PENGUATAN KARAKTER SEBAGAI ANTISIPASI FENOMENA MCDONALISASI

  • Puspa Ratnawati SD Negeri 13 Rambutan
Keywords: pendidikan, karakter, McDonalisasi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mendeskripsikan upaya penguatan pendidikan karakter sebagai antisipasi fenomena Mcdonalisasi di SD Negeri 13 Rambutan. Metode pengumpulan data dilakukan adalah  dengan wawancara, dokumentasi serta observasi yang dilakukan oleh peneliti. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dampak negatif  yang  muncul dari fenomena McDonalisasi di lingkungan sekolah adalah sikap menyederhanakan  proses untuk mencapai sesuatu, tergerusnya nilai-nilai budaya local dan ketergantungan dengan tehnologi yang terlalu berlebihan hingga berpotensi mengikis kepercayaan diri siswa terhadap kemampuannya yang harus diantisiasi dengan program penguatan karakter siswa melalui melalui program pendidikan karakter yang terintegritas dengan kegiatan sekolah. Pelaksanaan program pendidikan katrakter di lembaga pendidikan berdampak terhadap pencegahan fenomena Mcdonalisasi.

References

Amirulloh, S. (2012). Buku Pintar Pendidikan Karakter. As@-prima pustaka.
Budimansyah, D. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk. Membangun Karakter Bangsa. Widya Aksara Press.
Emiasih, D. (2011). Pengaruh pemahaman guru tentang pendidikan karakter terhadap pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran Sosiologi. KOMUNITAS: International Journal of Indonesian Society and Culture, 3(2), 216–226.
Fahirah, I. (2015). Mcdonaldisasi Dakwah Masyarakat Pinggiran. Jurnal Dakwah: Media Komunikasi Dan Dakwah, 16(1), 19–36.
Hurlock, E. B. (1997). Psikologi Perkembangan Suatu pendekatan rentang kehidupan. Erlangga.
Lickona, T. (2003). Character Matters: How to Help Our Children Develop. Good Judgement, Integrity, and Other Essential Virtues. Simon &. Schuster.
Megawangi, R. (2007). Semua Berakar pada Karakter. Lembaga Penerbit FE-UI.
Moleong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Muhtadi, A. (2016). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pendidikan karakter di sekolah. Universitas Negeri Yogyakarta.
Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 28–37. https://doi.org/10.1177/002218568402600108
Ritzer, G. (1996). The McDonaldization of Society. Pine Forge Press.
Samani dan Hariyanto. (2013). Konsep dan Model : Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya.
Setiawan, D. (2013). Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 53–63. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1287
Sultoni, A. (2016). Pendidikan Karakter dan Kemajuan Negara: Studi Perbandingan Lintas Negara. JOIES: Journal of Islamic Education Studies, 1(1), 185–102. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26849997%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1111/jne.12374
Suyatno. (2020). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik di SD Negeri 001 Gunung Kijang Kepulauan Riau. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 5(2), 141–147. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/40700
Published
2023-01-18
How to Cite
Puspa Ratnawati. (2023). UPAYA PENGUATAN KARAKTER SEBAGAI ANTISIPASI FENOMENA MCDONALISASI . Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(1), 49-56. https://doi.org/10.55606/jbpi.v1i1.933