PERAN KOMITE SEKOLAH DI ERA MERDEKA BELAJAR

  • Faridah Faridah SD Negeri 12 Rambutan Sumatera Selatan
Keywords: Komite Sekolah, Merdeka Belajar, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan kontribusi komite sekolah meningkatkan mutu pendidikan di era merdeka belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 12 Rambutan . Alat pengumpul data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan kajian pustaka. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Hasil analisis dalam penelitian ini menyatakan bahwa di era merdeka belajar, komite sekolah memiliki peran mengontrol sekolah menjalankan Asesmen Kompetensi dan pelaksanaan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi, membenahi sarana dan prasarana, menjalin hubungan antara sekolah dengan masyarakat, serta mendorong untuk meningkatkan kualitas sumber daya sekolah.. Peran komite Sekolah berdampak terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri 12 Rambutan  di era merdeka.

References

Danim, S. & K. (2012). Profesi Kependidikan. Alfabeta.
Hariwibowo, H. (2015). Evaluasi Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal HasilPendidikan, 1(1), 80–95.
Larasati, S. Y. (2009). Peran Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMA Ronggolawe Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Miles and Hubarman. (2013). Analisis Data Kualitatif (Tjetjeb Rohendi Rohandi (ed.)). Universitas Indonesia.
Moleong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Mujtahid. (2010). Pemberdayaan Komite Sekolah. http:Mujtahidkomunitaspendidikan.blogspot.com/2010/05/pemberdayaan-komite-sekolah.html.
Nilawati, N. (2014). KOMITE SEKOLAH DAN MUTU PENDIDIKAN (Mewujudkan Pendidikan Berbasis Sekolah). Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Budaya Dan Sosial, 5(14), 70–76.
Pantjastuti. (2009). Komita Sekolah. Hikayat Publishing.
Rini, R. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah dan Hasil Penelitian. Universitas Bandar Lampung.
Sagala, S. (2013). Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Pembuka Ruang Kreativitas, Inovasi dan Pemberdayaan Potensi Sekolah Dalam Sistem Otonomi Sekolah. Alfabeta.
Simarmata, J. (2020). Pendidikan Di Era Revolusi 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan. Yayasan Kita Menulis.
Sukirno. (2006). Pedoman Kerja Komite Sekolah. Pustaka.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Wahdani, F., & Burhanuddin, H. (2020). Pendidikan Keluarga Di Era Merdeka Belajar. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.36840/alaufa.v2i1.271
Widodo, S. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Di Era New Normal Secara Daring Dengan Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional, 412–421.
Yustika, D. (2022). Peran Komite Sekolah Sebagai Pengontrol Dalam Pelayanan Penyelengaraan di SMK Negeri 2 Makasrar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
Zulkifli. (2015). Komite Sekolah Di Antara Cita Dan Realita. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 14(1), 99–127.
Published
2023-01-19
How to Cite
Faridah Faridah. (2023). PERAN KOMITE SEKOLAH DI ERA MERDEKA BELAJAR. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(1), 66-75. https://doi.org/10.55606/jbpi.v1i1.936