PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN PENGUASAAN STRUKTUR KALIMAT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS RECOUNT BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SWASTA DI KABUPATEN BEKASI

Authors

  • Lalan Ruslanudin Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jbpi.v1i1.979

Keywords:

Kepercayaan Diri, Penguasaan Struktur Kalimat, Keterampilan Menulis Teks Recount Bahasa Inggris

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepercayaan diri dan penguasaan struktur kalimat secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris, untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepercayaan diri terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris, dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penguasaan struktur kalimat terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris, pada siswa SMP swasta di Kabupaten Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Sampel berukuran 60 siswa yang dipilih secara acak dari seluruh siswa kelas delapan di SMP Islam Al-Amin berjumlah 180 siswa dan Baiturrahman berjumlah 120 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket kepercayaan diri, tes struktur kalimat, dan tes menulis teks recount bahasa Inggris. Analisis data terdiri dari analisis statistik deskriptif, uji hipotesis penelitian yaitu analisis korelasi dan regresi ganda, dan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan kepercayaan diri dan penguasaan struktur kalimat secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0.473 > 0.05 dan Fhitung=0.760, (2) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan kepercayaan diri terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,942 > 0.05 dan thitung = 0.073,dan (3) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan penguasaan struktur kalimat terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,227 > 0,05 dan thitung = 1.221.

References

Angelis, W Angelo. (2003). Memupuk Rasa Percaya Diri. Bandung: RemajaRosdakarya
Anthony. R. (1992). Rahasia Membangun Kepercayaan Diri. (terjemahan Rita Wiryadi) Jakarta, Binarupa Aksara.
Arikunto, Suharsimi.(1999). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. ed. Rev. IV. Yogyakarta: RinekaCipta
_________________.2004.Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. ed. Rev. VI Jakarta: PT Rineka Cipta
Badudu.(1994). Kamus Besar Bsahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
BurhanNurgiantoro. (1987). Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta : BPFE
Carpenters, Humphrey & Richard, Mari. (1995). The Oxford Companion to Children Literature. New York, Oxford University Press.
Centi, P. J. (1995). Mengapa Rendah Diri. Yogyakarta, Kanisius.
Djago, Tarigan, H.G. Tarigan. (1986). Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa
Djuharie, S. (2005). Panduan Membuat Karya Tulis. Bandung: YramaWidya.
ElinaSyarif, Zulkarnaini, Sumarno. (2009). Pembelajaran Menulis. Jakarta: DepartemenPendidikanNasional.
Emilia, dkk. (2008). Pendekatan Genre Based dalam Kurikulum Bahasa Inggris tahun 2006: Penelitian Sebuah Tindakan Kelas di Sebuah SMP Negeri. Bandung: Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UPI.
Enung Fatimah. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung, Pustaka Setia.
Fadlun. (2011). Rangkuman Intisari Bahasa Inggris. Surabaya: PustakaAgungHarapan.
Finoza, Lamuddin. (2009). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi.
Hayon, Josep. (2007). Membacadan Menulis di Media Massa. Jakarta: Grasindo.
Henry Guntur Tarigan. (1987). Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung.
http://www.pengertianahli.com/2014/01/pengertian-menulis-dan-tujuan-menulis.html#jam 07.45
http://duniabaca.com/pengertian-menulis-menurut-para-ahli.html jam 07.45
http://odazzander.blogspot.co.id/2012/01/hakikat-menulis.html
http://afikhusamuddin.blogspot.co.id/2014/06/hakikat-menulis.html jam 07.59
http://odazzander.blogspot.com/2012/01/hakikat-menulis.html
http://wrplit.blogspot.com/2010/08/menulis-deskripsi.htmlolehAfiKhusamuddin 21.10
http://sh4ring-inform4tion.blogspot.co.id/2012/12/sentence-kalimat-adalah-susunan-kata.html
http://www.kajianpustaka.com/2013/07/pengertian-tujuan-dan-tahapan-menulis.html MuchlisinRiadi 07.46 WIB
Kridalaksana, Harimurti. (2001). Kamus Linguistik. Jakarta: PT GramediaPustakaUtama.
Marwoto, Suyatmi, danSuyitno. (1987). Komposisi Praktis. Yogyakarta: Handinita.
M. Atar Semi. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa
Nurgiyantoro. (2001). Penilaian dalam Pembeajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Nurudin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT RajagrafindoPersada.
Richards, Jack C. and Theodore S. Rodgers. (1986). Approaches and Methods in Language Teaching: A Description and Analysis. Cambridge: Cambrige University Press. 167pp
Rosidi, Imron. (2009). Menulis, Siapa Takut?. Yogyakarta: Kanisius.
Solehan T.W, dkk. (2008). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Suparman, H. (1988). Pengantar Analisis Bahasa dari Tatawacana hingga Tatabunyi. Singaraja: FKIP Unud.
SuparnodanYunus. (2007). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
St. Y. Slamet. (2008). Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press
Tarigan, Henry Guntur. (1985). Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.
__________________. (1994). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa
Thantaway. (2005). Kamus Istilah Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Grasindo.
Wiyanto, Asnul. (2004). Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: PT Gramedia.

Downloads

Published

2023-01-22

How to Cite

Lalan Ruslanudin. (2023). PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN PENGUASAAN STRUKTUR KALIMAT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS RECOUNT BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SWASTA DI KABUPATEN BEKASI . Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(1), 84–107. https://doi.org/10.55606/jbpi.v1i1.979