Penelitian Efektivitas Penggunaan Media Puzzle Penanda Dalam Meningkatkan Pengetahuan Keselamatan Lalu Lintas Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Batang
DOI:
https://doi.org/10.51903/juritek.v2i3.2154Keywords:
Media Puzzle, Lalu LintasAbstract
Penelitian ini didasari oleh pentingnya peningkatan keselamatan jalan raya sejak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman etika berlalu lintas khususnya dalam konteks marka jalan pada siswa kelas 6 SD Negeri Tegalsari 5 Kabupaten Batang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D) yang menerapkan model pengembangan ADDIE. Media puzzle digunakan sebagai alat sosialisasi. Sampel penelitian ini berjumlah 50 siswa kelas 6 SD. Pengumpulan data dilakukan dengan metode Single-Group Pretest-Posttest Design, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS Statistics, meliputi pengujian normalitas dan validasi. Hasil uji T berpasangan menunjukkan output sig = 0,000 < 0,005 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman dan nilai tambah sebelum dan sesudah menggunakan jejaring sosial. Sebelum sosialisasi dengan materi kuis penandaan, tingkat pengetahuan siswa SD Negeri Tegalsari 5 Batang terhadap marka jalan adalah 41,2 dan setelah sosialisasi meningkat menjadi 80,8. Efektivitas media ini juga diukur dengan nilai N-Gain sebesar 67% yang merupakan media sosial yang cukup efektif.