Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Arsip Dokumen Berbasis WEB pada PT. BPRS Amanah Insan Cita

  • Miranda Julianti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • M. Arif Aulia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Ikhsan Rifki Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Sistem Informasi, WEB, Arsip Dokumen

Abstract

Sistem informasi berbasis  web adalah kombinasi dari teknologi informasi berdasarkan suatu situs pada jaringan internet yang dilengkapi dengan  fitur-fitur  dan  didesain  sedemikian  rupa sesuai    kebutuhan  pada  penginputan  suatu  data tertentu   bertujuan   untuk   mempermudah   dan mempercepat    data    yang    diolah    meskipun pengguna  tersebut  merupakan  pemula. Perusahaan memanfaatkan perkembangan teknologi internet dan sistem Informasi yang berkembang pesat saat ini. PT. BPRS Amanah Insan Cita adalah lembaga keuangan yang kegiatannya menghimpun dana, menyediakan pembiayaan dan penempatan dana kepada masyarakat Indonesia khususnya masyarakat kota medan dan sekitarnya berdasarkan prinsip syariah dan bagi hasil yang telah disepakati kedua belah pihak baik nasabah maupun bank. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode waterfall yang merupakan sebuah model metode penelitian sistematis dan sequence yang layak diterapkan dalam melakukan penelitian ini karena metode ini menyajikan tahap demi tahap yang sangat sesuai dengan keadaan di lapangan. Dengan adanya sistem informasi ini, maka dapat memberikan informasi yang tepat dan cepat terkait data arsip dokumen pada PT BPRS Amanah Insan Cita.

References

Amri. (2016). ANALISIS PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENUNJANG TERWUJUDNYA MAKASSAR SEBAGAI “SMART CITY.” Jurnal Komunikasi KAREBA, 5(2).
Anggiawan, D. D., Pandie, E. Y., & Boru, M. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Publik Kelurahan Bakunase Kota Kupang untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Berbasis WEB. J-ICON, Vol. 06, No.02, 8–13.
Rauf, E. U. T. (2017). ANALISIS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SABURAI BANDAR LAMPUNG. Jurnal Kebijakan Dan Pelayanan Publik, Vol. 3, No. 2.
Rohman, H., & Sheralinda, S. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Rawat Jalan dan Pelayanan Persalinan di Klinik Berbasis Web. Jurnal Kesehatan Vokasional, Vol. 05, No. 1.
Solihatun, Utanto, Y., & Handayani, S. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid -19. Universitas Negeri Semarang.
Utami, S. S. (2010). PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERKEMBANGAN BISNIS. Jurnal Akuntasi Dan Sistem Teknologi Informasi, 61–67.
Published
2023-11-25
How to Cite
Julianti, M., Aulia, M. A., & Rifki, M. I. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Arsip Dokumen Berbasis WEB pada PT. BPRS Amanah Insan Cita. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Elektro Dan Komputer, 3(3), 460-469. https://doi.org/10.51903/juritek.v3i3.2303