Rancangan Sistem Komplain Terhadap Jaringan pada Produk Indihome di Telkom Gaharu Medan

  • Abdullah Bayhaqi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mhd. Roji Rifansyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muhammad Ikhsan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: WEB, Keluhan, TELKOM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan merancang Sistem Layanan Gangguan Jaringan Indihome Berbasis Web Pada Telkom Gaharu Medan. Sistem Layanan ini merupakan wadah bagi pelanggan Telkom untuk melaporkan keluhan mengenai Indihome yang digunakan dan memudahkan pelanggan dalam pelaporan sehingga pelanggan tidak perlu datang ke kantor untuk melaporkan gangguan, serta mempermudah Admin dalam mengelola data keluhan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode observasi lapangan yang bersifat deskriptif dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara, dan studi pustaka serta menggunakan metode Waterfall sebagai metode pengembangan perangkat lunak. Sistem layanan gangguan Indihome berfungsi untuk membuat gambaran umum dan pemodelan sistem serta perancangan tampilan aplikasi. Analisa dan perancangan ini diharapkan dapat menunjang Sistem Layanan Gangguan Jaringan Indihome Telkom Gaharu Medan berbasis Web agar sesuai dengan fungsi dan tujuannya.

References

Amri. (2016). ANALISIS PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENUNJANG TERWUJUDNYA MAKASSAR SEBAGAI “SMART CITY.” Jurnal Komunikasi KAREBA, 5(2).
Anggiawan, D. D., Pandie, E. Y., & Boru, M. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Publik Kelurahan Bakunase Kota Kupang untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Berbasis WEB. J-ICON, Vol. 06, No.02, 8–13.
Fanani, M. I., & Setiawan, E. (2022). PERANCANGAN ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI SEKOLAH MENGGUNAKAN METODE TOGAF ADM PADA SMKN 1 KEMLAGI. Jurnal Simantec, Vol. 1, No 2.
Ibrahim, W. H., & Idria, M. (2017). SISTEM INFORMASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS WEB PADA DINAS PEKERJAAN UMUM KABUPATEN KAMPAR. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, Vol. 03, No. 2, 17–22.
Kusuma, C. I. (2015). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA PEGAWAI PADA SMA N 1 SEWON. AMIKOM Yogyakarta.
Marpaung, R. (2002). Analisis Peranan Sistem Informasi Akuntansi dalam Meningkatkan Pengendalian Internal pada Rumah Sakit Bhayangkara Anton Soejarwo. Universitas Widya Dharma Pontianak.
Mustanir, A. (2019). Pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa Melalui Kelompok Ekonomi Kewirausahaan Secara Partisipati. Research Gate.
Prasetyo, Y. (2021). Perencanaan Arsitektur Enterprise Smart School Menggunakan Togaf: Studi Kasus SMK Negeri 13 Bandung. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, Vol. 5, No. 1.
Rohman, H., & Sheralinda, S. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Rawat Jalan dan Pelayanan Persalinan di Klinik Berbasis Web. Jurnal Kesehatan Vokasional, Vol. 05, No. 1.
Subihaini. (2006). Analisis Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Kinerja Individual. Jurnal Widya Manajemen Dan Komunikasi, 6(1), 1–16.
Zorlu, K., & Korkmaz, F. (2021). Organizational Communication as an Effective Communication Strategy in Organizations and the Role of the Leader. Research Gate.
Published
2023-11-25
How to Cite
Bayhaqi, A., Rifansyah, M. R., & Ikhsan , M. (2023). Rancangan Sistem Komplain Terhadap Jaringan pada Produk Indihome di Telkom Gaharu Medan. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Elektro Dan Komputer, 3(3), 490-504. https://doi.org/10.51903/juritek.v3i3.2305