PERANCANGAN SISTEM PELAPORAN KEGIATAN PERJALANAN DINAS ANGGOTA DPRD SUMATERA UTARA MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE

  • Almanna Hussein Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dwiky Darmawan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: DPRD, SPPD, Pelaporan

Abstract

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sebagai lembaga legislatif, bertanggung jawab dalam menghimpun aspirasi rakyat dan menyusun peraturan di tingkat daerah. Meskipun DPRD Sumatera Utara memiliki perangkat hukum yang lengkap, Kantor DPRD tersebut masih mengadopsi sistem manual yang rumit, terutama dalam pelaporan dan pengarsipan kegiatan perjalanan dinas. Proses pelaporan perjalanan dinas dilakukan secara tatap muka, menyebabkan keterlambatan dan ketidakefektifan laporan, terutama karena sebagian besar perjalanan dinas dilakukan di luar kota. Pentingnya sistem perjalanan dinas terkomputerisasi, terutama terkait dengan laporan keuangan dan penggunaan uang negara, mendorong perlunya manajemen laporan perjalanan dinas yang efisien di DPRD Sumatera Utara. Implementasi sistem online memungkinkan anggota DPRD untuk melaporkan kegiatan perjalanan dinas secara langsung dan cepat kepada bagian penerimaan laporan, tanpa menunggu kembalinya dari dinas luar. Kecepatan dan kemudahan dalam pelaporan online di Kantor DPRD Sumatera Utara diharapkan dapat mempercepat proses kerja dan meningkatkan efektivitas laporan perjalanan dinas. Dengan sistem terkomputerisasi, data yang dihasilkan akan lebih efisien dan aman tersimpan dalam aplikasi, memberikan manfaat yang signifikan pada tataran operasional dan administratif di DPRD Sumatera Utara.

References

Agustin, R., & Hendrik, B. (2023). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Surat Perjalanan Dinas pada Komisi Pemilihan Umum Kab . Kuantan Singingi dengan Bahaasa Pemrograman PHP dan Database MYSQL. 1(4).
Firanda, F. M., Milwandhari, S., & Putratama, V. (2021). Sistem Informasi Perjalanan Dinas Berbasis Web (Studi Kasus : DPRD Kabupaten Garut). Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika – Politeknik Pos Indonesia, 13(1), 15–20.
Hermansyah. (2019). Sistem Informasi Pengolahan Data Perjalanan Dinas Pada Sekretariat DPRD Kabupaten Seruyan Berbasis Dekstop. Jurnal Penelitian Dosen Fikom (UNDA), 10(1).
Informatika, B. S. (2022). Mengenal Metode Prototype Kelebihan dan Kekurangan. Bsi.Today. https://bsi.today/metode-prototype/
Ramadhan, H. S. (2021). RANCANG BANGUN SISTEM PELAPORAN KEGIATAN PERJALANAN DINAS ANGGOTA DPRD KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. 4, 1466–1481.
Sapitri, B., Marsya, A., & Siregar, F. H. (2022). Perancangan Sistem Informasi Surat Perintah Perjalanan Dinas Berbasis Website di BPKH I Medan. Journal of Computer Science and Informatics Engineering (CoSIE), 01(2), 97–107. https://doi.org/10.55537/cosie.v1i2.58
Published
2023-11-29
How to Cite
Hussein, A., & Darmawan , D. (2023). PERANCANGAN SISTEM PELAPORAN KEGIATAN PERJALANAN DINAS ANGGOTA DPRD SUMATERA UTARA MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Elektro Dan Komputer, 3(3), 557-568. https://doi.org/10.51903/juritek.v3i3.2399