Aplikasi Berbasis Java Netbeans Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Usaha Kain Batik Pada Rumah Batik Danar Hadi

  • Andri andri Universitas Indraprasta PGRI
Keywords: penjualan kain batik, java, rumah batik danar hadi

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mempermudah dalam mengelola data penjualan Rumah Batik Danar Hadi sehingga menjadi lebih efektif dan efisien karena dapat membantu menyelesaikan permasalahan pekerjaan yang berkenaan dengan pengelolaan data penjualan serta pembuatan laporan data. Metode Penelitian yang digunakan dalam analisa dan perancangan sistem penjualan berbasis java netbeans ini adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan pengamatan secara langsung, dan juga melakukan wawancara dengan pihak terkait untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Selain itu peneliti juga melakukan penelitian dengan metode kepustakaan berdasarkan referensi dan berbagai diskusi serta dari berbagai media yang memuat informasi yang dibutuhkan, perancangan, implementasi dan pengkodean, dan pengujian. Hasil dari penelitian ini adalah sistem terkomputerisasi yang dapat mempermudah pekerjaan karyawan Rumah Batik Danar Hadi dalam melakukan pendataan batik masuk, batik terjual, data karyawan, dan data pembeli, hingga laporan penjualan yang dapat dicetak setiap bulan atau setiap hari. Tersedia juga kartu member untuk pelanggan yang ingin mendapat potongan harga khusus untuk para member saja. Hal ini dapat menarik perhatian pembeli agar menjadi pelanggan tetap pada toko tersebut.

References

Aryanto. (2016). Pengolahan Database MySQL Tingkat Dasar/Pemula. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Asropudin, P. (2013). Kamus Teknologi Informasi. Bandung: Titian Ilmu.
Buana, I.K.S. (2014). Jago pemrograman PHP. Dunia Komputer. Jakarta.
Irawan, Y. (2019). Sistem Informasi Pemasaran Busana Syar’i dengan Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 2(1), 1-9. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/intecoms.v2i1.629
Kartini, D. (2013). Corporate Social Responsibility Transformasi Konsep Sustainability Management dan Implementasi di Indonesia. Bandung: PT Refika Aditama.
Muhdar, A. (2017). Information System of Purchase data Processing and Sales on Koloncucu Ternate Stores. IJIS. 2(1).18-26.
Nofriadi, A. (2015). Java Fundamental dengan NetBeans 8.0.1. Yogyakarta: Deepublish.
Nugroho, B. (2011). Sistem Basis Data. Yogyakarta: Gava Media.
Pamungkas, A.D. dan Suprapto, H.A. (2020). Dasar-Dasar Manajemen dan Riset Pemsaran. Depok: CV Berkah Saintek.
Pratama, I.P.A. (2014). Sistem Informasi dan Implempentasinya 1st ed. Bandung Informatika Bandung.
Sanjaya. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukamto, R. . dan S. M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: informatika bandung.
Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi
Published
2021-03-03
How to Cite
andri, A. (2021). Aplikasi Berbasis Java Netbeans Untuk Meningkatkan Hasil Penjualan Usaha Kain Batik Pada Rumah Batik Danar Hadi. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Elektro Dan Komputer, 1(1), 10-15. https://doi.org/10.51903/juritek.v1i1.566