ANALISIS PENGGUNAAN METODE SAW UNTUK MENENTUKAN JURUSAN BERDASARKAN KEMAMPUAN SISWA DI SMK AL-ABSOR

  • Muhammad Hafizin Mahasiswa
  • Maulana Ashari ari
  • Saeful Hamdi Saeful
Keywords: content, formatting, article

Abstract

SMK Al-Absor Panti merupakan sekolah yang berada didesa jago lombok tengah yang setiap melakukankan penerimaan calon siswa selalu  melaksanakan pemilihan jurusan bagi siswanya. Penjurusan ini dimaksudkan  agar nanti siswa bisa terarah dalam menerima pelajaran yang sesuai dengan kemampuan dan bakat yang dimiliki oleh siswa tersebut sehingga tidak menghambat kegiatan belajar mengajar disekolah dan siswa juga dapat menyelesaikan sekolah sesuai dengan minat dan kemampuannya masing-masing. Pada proses pemilihan jurusan yang berjalan selama ini memiliki kelemahan, diantaranya membutuhkan waktu cukup lama dan juga hasil yang didapat kurang akurat karena bisa saja terjadi banyak kekeliruan karena belum tersedianya asistem khusus untuk mendukung perhitungan tersebut. Selain itu unsur subjektifitas pun cukup tinggi karena kriteria yang digunakan masih dibilang sedikit dan kurang relevan. Untuk itu peneliti bermaksud untuk merancanng sebuah sistem penunjang keputusan untuk membantu para panitia penerimaan siswa baru dalam menentukan pemilihan jurusan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Adapun kriteria yang digunakan adalah Nilai Rapot Matematika, Nilai Rapot Bahasa Indonesia, Nilai Rapot Bahasa Inggris, Nilai Rapot IPA, Nilai Rapot IPS, Nilai wawancara, Minat Siswa, Saran Orang Tua. Hasil akhir dari penelitian ini didapatkan bahwa sistem pendukung keputusan dengan metode SAW mampu memberikan alternatif cara seleksi pemilihan jurusan di SMK Al-Absor Panti.

Published
2023-03-11
How to Cite
Muhammad Hafizin, ari, M. A., & Saeful, S. H. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN METODE SAW UNTUK MENENTUKAN JURUSAN BERDASARKAN KEMAMPUAN SISWA DI SMK AL-ABSOR. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Elektro Dan Komputer, 3(1), 21-29. https://doi.org/10.51903/juritek.v3i1.783