ANALISIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA STASIUN PENGGILINGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE HAZARD IDENTIFICATION RISK ASSESMENT DETERMINE CONTROL (HIRADC) DAN HUMAN ERROR ASESSMENT AND REDUCTION TECHNIQUE (HEART)

  • Bagaskara Susi Asmara UTY
  • Ferida Yuamita Universitas Teknologi Yogyakarta
Keywords: Hiradc, Heart, perhitungan HEP, Matriks

Abstract

PT Madubaru (PG/PS Madukismo) merupakan pabrik yang memproduksi gula dan spiritus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan potensi bahaya dan tingkat risiko pada stasiun penggilingan. Berdasarkan data kecelakaan kerja dari tahun 2021 hingga Agustus 2022 didapatkan persentase kecelakaan kerja terbesar ada pada bagian stasiun penggilingan yaitu sebesar 50% dari 36 kecelakaan yang terjadi, dimana pada bagian tersebut sering terjadi kecelakaan. Adapun berdasarkan perhitungan dengan metode HEART didapatkan hasil perhitungan nilai HEP tertinggi pada aktivitas 1.1 yaitu meletakkan tebu diatas cane table  memiliki nilai probabilitas yang paling tinggi yaitu sebesar 0,851, aktivitas 1.3 penggilingan kedua sebesar 0,486, 0,387 pada aktivitas 1.5 penggilingan keempat, 0,216 pada aktivitas 1.6 penggilingan kelima, 0,080 pada aktivitas 1.2 penggilingan pertama, dan terakhir aktivitas yang paling sedikit memiliki probabilitas error adalah aktivitas 1.4 yaitu penggilingan ketiga. Adapun hasil perhitungan tingkat resiko pada setiap sub aktivitas pekerjaan, didapatkan bahwa aktivitas pekerjaan yang dilakukan pada stasiun penggilingan 4 pada sub aktivitas saat tebu masuk, dan pengelasan pipa-pipa air adalah sebesar 15 yang mana nilai ini didalam matriks evaluasi masuk kedalam kategori HIGH, selain itu pada aktivitas penggilingan 1, penggilingan 2, penggilingan 3, dan penggilingan 4 memiliki skor tingkat resiko sebesar 10 pada sub aktivitas memasukan tebu kedalam penggilingan, dan skor 6 pada aktivitas pembersihan ampas tebu disekitar stasiun kerja. Adapun usulan perbaikan dengan mengacu hierarki pengendalian diantara nya adalah menyediakan APD, membuat dan memasang rambu K3, dan terakhir menyusun prosedur pengangkutan bahan baku.

 

Kata Kunci : Hiradc, Heart, perhitungan HEP, Matriks

Published
2023-03-11
How to Cite
Susi Asmara, B., & Ferida Yuamita. (2023). ANALISIS KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) PADA STASIUN PENGGILINGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE HAZARD IDENTIFICATION RISK ASSESMENT DETERMINE CONTROL (HIRADC) DAN HUMAN ERROR ASESSMENT AND REDUCTION TECHNIQUE (HEART). Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Elektro Dan Komputer, 3(1), 40-48. https://doi.org/10.51903/juritek.v3i1.906