THE ROLE OF PARENTS IN OVERCOMING JUVENILE DELINQUENCY IN JORONG PINTU RAYO, TANJUNG BARULAK
PERAN ORANG TUA DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA DI JORONG PINTU RAYO, TANJUNG BARULAK
DOI:
https://doi.org/10.55606/inovasi.v3i1.2404Keywords:
Peran Orang Tua, Kenakalan RemajaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah-masalah kenakalan remaja di Jorong Pintu Rayo, Kenegarian Tanjung Barulak, diantaranya yaitu merokok, bolos sekolah dan mereka nongkrong di pondok-pondok sawah lalu bermain HP bersama, tidak salat jum’at dan memilih nongkrong dipondok-pondok dan bermain HP, ugal-ugalan dalam mengendara motor, balapan liar, mencuri uang orang tua, mencuri kotal amal, melawan dengan orang tua dan berkata-kata kotor. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bahagaimana peran orang tua dalam mengatasi masalah-masalah tersebut, lalu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya masalah-masalah kenakalan remaja ini. Adapun penelitian ini menggunakan penelitian field and research dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu peran otang tua dalam mengatasi kenakalan remaja di Jorong Pintura Rayo diantaranya, Peran orang tua sebagai pendidik yang baik, Peran orang tua sebagai motivator, Peran orang tua sebagai pendengar yang baik, peran orang tua sebagai pengawas, peran orang tua sebagai konselor bagi anak, peran orang tua sebagai contoh teladan yang baik. Fakto-faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja di Jorong Pintu Rayo yaitu, faktor lingkungan, pola asuh otoriter orang tua, kurangnya perhatian yang diberikan orang tua, lalu kurangnya sedaran anak untuk berperilaku baik
References
Andriyani, J. (2020). Peran lingkungan keluarga dalam mengatasi kenakalan remaja. At-Taujih: Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1), 86–98.
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182.
Fadilah, S. N., & Nasirudin, F. (2021). Implementasi Reward dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hidayah Jember. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(1), 87–100.
Fikriyah, S., Mayasari, A., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19.
Firmansyah, A. (2020). Pengaruh perhatian orang tua terhadap peningkatan akhlak anak. Alim| Journal of Islamic Education, 2(1), 139–150.
Halid, W. (2021). Pengaruh Konseling Behavioristik terhadap Kenakalan Remaja Studi Kasus Remaja di Desa Mesanggok Lombok Barat. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 1, 74–98.
Hasdiana, U. (2018). Pendekatan Behavioristik Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. PENCERAHAN, 12(2), 150–171.
Karlina, L. (2020). Fenomena terjadinya kenakalan remaja. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 147–158.
Limba, R. S., Rusli, M., & Safar, A. (2018). Peran Orang Tua dalam Mengatasi Kenakalan Remaja di Kelurahan Laimpi Kecamatan Kabawo Kabupaten Muna. Neo Societal, 3(2), 448–456.
Losa, J., Tasik, F., & Purwanto, A. (2016). Peranan Orang Tua Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Akibat Meminum Alkhohol Cap Tikus (Studi Kasus Di Desa Talawaan Kecamatan Talawaan Kabupaten Minahasa Utara) €. JURNAL Administrasi Publik, 1(043).
Pratiwi, L. (2017). Peran orang tua dalam mencegah kenakalan remaja desa gintungan kecamatan gebang kabupaten purworejo. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 75–83.
Pratiwi, N. D. (2021). Peran guru dan orang tua dalam membentuk karakter jujur pada anak. Tunas Nusantara, 3(1), 324–335.
Rahman, M. M. (2013). Peran Orang Tua Dalam Membangun Kepercayaan Diri Pada Anak Usia Dini. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).
Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100.
Ruli, E. (2020). Tugas dan peran orang tua dalam mendidk anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 143–146.
Sihabudin, M. (2015). Peranan orang tua dalam bimbingan konseling siswa. Jurnal Kependidikan, 3(2), 123–137.
Syawaludin, A., & Marmoah, S. (2018). Reward and punishment in the perspective of behaviorism learning theory and its implementation in elementary school. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 1(1).
Weya, B., & Suwu, E. A. (2015). Peran orang tua dalam menanggulangi kenakalan remaja di kelurahan Kembu Distrik Kembu kabupaten Tolikara. Jurnal Holistik, 8(16), 971.