Analisis teori belajar behavioristik dalam novel sang pemimpi karya Andrea Hirata

  • Akhdan Yafie UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Hindun Hindun UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: Pendidikan, behavioristik, sang pemimpi

Abstract

Pendidikan sangatlah penting bagi keberlangsungan hidup seseorang, maupun golongan. Karena pendidikan bersifat membangun. Karena pendidikan di dunia sempat berhenti dan tidak berjalan, sangat memprihatinkan siswa-siswa yang mulai malas. Maka penilitian ini di tinjau kembali untuk prmbaca sadar bahwa begitu penting pendidikan. Teori belajar behavioristik antara stimulus dan respon bisa mempengaruhi daya pikir peserta didik, karena merangsang stimulus dan respon yang di berikan pendidik. Novel sang pemimpi menjadi contoh adanya teori belajar behavioristik dan bertujuan untuk pembaca melihat sisi teori belajar behavioristik dari sebuah novel. Berupa mengklasifikasikan beberapa kutipan dan menjadi data terjadi metode penilitian kualitatif. Di sajikan dengan temuan berupa stimulus dan respon yang di alami Ikal dan Arai. Begitupun seorang guru-guru nya melihat langsung perubahan tingkah laku mereka sehingga membuat gurunya bangga. Mereka berdua bisa melawati tantangan itu semua dengan mengingat stimulus dan berhasil

References

Amsari, D. (2018). Implikasi teori belajar E. Thorndike (Behavioristik) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Basicedu. https://www.neliti.com/publications/278126/implikasi-teori-belajar-ethorndike-behavioristik-dalam-pembelajaran-matematika
Fatmawati, S. N., Darihastining, S., & ... (2023). KEPRIBADIAN DIRI TOKOH ALINA PADA NOVEL HATI SUHITA KARYA KHILMA ANIS (KAJIAN PSIKOLOGI BEHAVIORISME). … , Bahasa, Sastra, Seni …. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/enggang/article/view/9136
Fitriati, S. (2015). Nilai-nilai pendidikan novel sang pemimpi karya Andrea Hirata. Jurnal Pesona. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/pesona/article/view/107
Hirata, A. (2006). Sang pemimpi. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=FQ_xml4y71EC&oi=fnd&pg=PP11&dq=sang+pemimpi&ots=yx66DiuSBU&sig=4bmh2bV7OvAjQZcGJ7ujC7g_GEI
Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/94
Pristiwanti, D., Badariah, B., & ... (2022). Pengertian Pendidikan. … Pendidikan …. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9498
Sari, I. N., Lestari, L. P., Kusuma, D. W., Mafulah, S., Brata, D. P. N., & ... (2022). Metode penelitian kualitatif. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=iCZlEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA177&dq=metode+penelitian+kualitatif&ots=op8FSDuZTc&sig=18hYaRj_iXIlm4zQwW0X8-wUgNw
Published
2024-01-02
How to Cite
Akhdan Yafie, & Hindun, H. (2024). Analisis teori belajar behavioristik dalam novel sang pemimpi karya Andrea Hirata . Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 79-84. https://doi.org/10.55606/inovasi.v3i1.2574