FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KURANGNYA KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI KELAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengarui kurangnya keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan hasil penelitian yaitu : Pertama Faktor-faktor internal yang memengaruhi keaktifan belajar peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Waigete adalah faktor fisiologis dan psikologis. Kedua, Faktor-faktor eksternal yang memengaruhi keaktifan belajar peserta peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Waigete adalah faktor non sosial yaitu tempat dan fasilitas serta faktor sosial yaitu guru dan teman sebaya.
References
F. S. Wahid, M. A. Purnomo, and S. M. Ulya, 2020“Analisis Peran Guru Dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Kreativitas Belajar Siswa,” Jurnal Ilmiah
L. J Moleong. 2007. Metode penelitian kualitatif. Fip.Um.Ac.Id)
M. Toharudin and A. Rukyat, “Model Pendampingan Belajar Pada Anak Keluarga TKW Di SD Negeri Wanacala 02 Brebes,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL
Nugroho Wibowo. 2016. Upaya Meningkatkan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Electronics Vocational Education (ELINVO), Volume 1, Nomor 2, Mei 2016, Hal 2.
O. Ariyawong and T. Phongsatha,2017. “The Student’s Self-Designed Learning Activities Influencing Their Learning Achievement: A Case Study of an English Tutorial Center in Krabi,” Jurnal Vision, KONTEKSTUAL
Oktaviana Setyianingrum. 2015. Faktor penyebab rendahnya keaktifan belajar anak Tunanetra Kurang Lihat (Low Vision) Kelas 3 Sekolah Dasar Di SLB Negeri 1 Bantul.
Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Slameto, “Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.” Rineka Cipta, Jakarta, 2010.
U. Mabruroh, D. Sunarsih, and A. Mumpuni,2020 “Analisis Kesulitan Belajar Muatan Matematika Kelas IV SD Tahfidzul Qur’an Darul Abror,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL,
Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran. (Jakarta: Kencana, 2006).