Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD

Penulis

  • Bau Intang Muhammadiyah University of Makassar
  • Nadrah Muhammadiyah University of Makassar
  • A. Muafiah Nur Muhammadiyah University of Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55606/inovasi.v3i1.2625

Kata Kunci:

media kartu kata bergambar, membaca permulaan, sekolah dasar

Abstrak

Proses pembelajaran yang hanya mengandalkan metode ceramah membuat pembelajaran membosankan bagi siswa, yang berakibat pada kemampuan membaca permulaan siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Inpres Paccinongang Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 59 siswa kelas I. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan uji independent t-test yang sebelumnya telah melalui uji normalitas dan uji homogenitas.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Inpres Paccinongang Gowa. Hasil uji independent t-test menunjukkan bahwa nilai |thitung| = 6,970 > ttabel = 1,671 dengan signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,05). Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh penggunakan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Inpres Paccinongan Gowa.

Referensi

Al Kamil, M. N., Rita Eka Izzaty, & Nur Patmawati. (2023). Digital Picture Storybooks, Can Increase Students’ Self-Efficacy and Interest in Learning? Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(1), 35–45. https://doi.org/10.23887/jisd.v7i1.54457
Dewi, T. M., Mirnawati, & Dinerti. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Dan Metode Konvensional Terhadap Hasil Belajar Kemampuan Membaca Siswa pada Kelas II Di SDS 016 Muhammadiyah Karimun Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan MINDA, 1(2), 19–29.
Ernawati, P., & Joko Raharjo, T. (2021). Effect of Word Card Games and Picture Cards on the Introduction of The Concept of Beginning Reading and Writing in Early Childhood Article Info. Journal of Primary Education, 10(1), 11–17. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/33823
Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417
Hilda Hadian, L., Mochamad Hadad, S., & Marlina, I. (2018). Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Kalimat Sederhana. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 212–242. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.73
Irdawati, Yunidar, & Darmawan. (2017). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4), 1–14. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2918
Kristanto, A., & Ratri, A. K. (2022). Analisis Membaca Permulaan Kelas 1 Menggunakan Media Kartu Kata Bergambar di SD Negeri 2 Podorejo. Sultra Educational Journal, 2(2), 127–134. https://doi.org/10.54297/seduj.v2i2.284
Lara Kumala Sari, Rury Rizhardi, M. P. (2022). Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1576–1581.
Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653
Nengrum, T. A., Pettasolong, N., & Nuriman, M. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 1. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1190
Rahayu, R. W. F., & Wardhani, J. D. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak dengan Menggunakan Media Kartu Suku Kata Bergambar. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 688–698. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.375
Tampubolon, J. (2020). Supervisi Korektif Untuk Menemukan Kekurangan –Kekurangan Guru Kelas dalam Malaksanakan Pembelajaran di SD Negeri 173105 Tarutung. Attractive : Innovative Education Journal, 2(2), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.51278/aj.v2i2.55
Wijaya, R. P. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Model Pembelajaran Quantum Learning Dengan Media Kartu Kata Siswa Kelas I Sdn. Journal of Education Action Research, 5(1), 26–32. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.27735
Wulandari, H., Komariah, K., & Nabilla, W. (2022). Pengembangan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 78–89. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.91

Diterbitkan

2024-01-08

Cara Mengutip

Intang, B., Nadrah, & Nur, A. M. (2024). Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 3(1), 97–105. https://doi.org/10.55606/inovasi.v3i1.2625