Pengaruh Positioning Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Kedai Caffee Wartel)

  • Pira Aprilianti Universitas Perjuangan
  • Arga Sutrisna Universitas Perjuangan
  • Suci Putri Lestari Universitas Perjuangan
Keywords: Positioning, Location and Purchase Decision

Abstract

This study aims to examine and analyze the effect of positioning and location on purchasing decisions at cafe shops. This study used a sample of 100 respondents from cafe shop consumers. In this study using primary data obtained from distributing questionnaires. The analytical method used in this research is multiple linear analysis. The results of the study show that positioning and location have a positive and significant simultaneous effect on purchasing decisions with an R-Square value of 68%. This shows that when the location and positioning partially effect are good and supportive, it will be able to increase the number of sales.

References

Anngara, S., dan Lutfie, H. 2019. Pengaruh Strategi Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Neucentrix Data Center (Studi Kasus Pada Pt. Telkom Bengawan). eProceedings of Applied Science, (Online). Vol. 5, No. 2, (http://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/, diakses 15 Juni 2020).
Asdi, Adziem, F., dan Rosnaini. 2019. Analisis Pemasaran Mobil Mazda Pada PT Kumala Celebes Motor Mazda Makassar Dengan Menggunakan Stretegi Segmentation, Targeting, Positioning. Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran. Vol 1.
Ai Agustin Pengaruh lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada kedai kopi baravi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung
Ahmad Samsul Huda Ida Farida Pengaruh pelayanan, promosi dan lokasi terhadap Keputusan Pembelian took joko elektronik di pati
Ahmad Izzuddin, Muhammad Muhsin Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan dan lokasi terhadap Keputusan Pembelian.
Chasana Uswatun (2019) Pengaruh Kualitas produk, pelayana dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan caffe waroeng pisa Puwokerto Chasana Uswatun (2019) Skripsi Thesis IAIN Puwokerto
Dear Satriya Dzikrika (2013) pengaruh positioning terhadap keputusan pembeli smartphone Lenovo di Universitas Brawijaya Skripsi Dear Satriya Dzikrika
Hasma Laely Mustain (2012). Analisis pengaruh strategi positioning terhadap keputusan pembelian pada konsumen Starbuck Coffee makasar Skripsi Hasma laely Mustain
Hasma Laely Mustain (2012) Analisis pengaruh strategi Positioning terhadap keputusan pembelian pada konsumen Strabucks Coffe di Makasar Hasma Laely Mustain (2012) Universitas Hasanuddin (http://repository .unhas.ac.id)
Indra Firdi yansyah (2017) Pengaruh kualitas pelayanan harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan pada warung gubrak kepri mall kota batam Indra Firdi yansyah (2017) Jurnal Ilmu Riset
Indra Firdiyansyah Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada warung gubrak kepri mall kota batam
Jessica A.A Pangestu (2016) Analisis Pengaruh Positioning Terhadap Keputusan Pembeli Produk Herbal Nuttrend Di Kota Manado Skripsi Jessica A.A Pangestu (2016)
John Sebastian Sirait (2013) Pengaruh Positioning terhadap Keputusan Pembelian Smartfren Skripsi John Sebastian Sirait
Jefry F.T Bailia, Agus Supandi Soegoto, Sjendry Serulo R Loindong. Pengaruh Kualitas Produk, harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada warung warung makan Lamongan di kota Manado
John Sebastian Sirait (2013) Pengaruh Positioning terhadap Keputusan Pembelian Smartfren Skripsi John Sebastian Sirait
Kholis, N., dan Darya, I.G.P. 2016. Analisis Pengaruh Strategi Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Starbucks Coffee Balikpapan. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Madani. Vol. 2.
Kotler, P. dan Armstrong, G. 2011. Prinsip - Prinsip Pemasaran. Jilid I. Erlangga: Jakarta.
Muhammad Syarif Hidayatullah Elmas (2016) Pengaruh Positioning terhadap brand loyalty dengan brand trust sebagai variabel mediasi pada pelanggann restoran C-BEZT Fried Chicken Paiton Purbalinggo Muhammad Syarif Hidayatullah Elmas (2016)
MR Fauzan Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada rumah makan istana hot plate Medan.
Santoso, D. T. dan Purwanti, E. 2013. Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memilih Produk Operator Seluler Indosat-M3 Di Kecamatan Pringapus Kab. Semarang. Jurnal Ilmiah Among Makarti. Vol. 6.
Sejati, B. S. A., dan Yahya 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 5.
Shinta, A. 2011. Manajemen Pemasaran. UB Press: Malang.
Tambajong, G. 2013. Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA. Vol. 1
Utami, N. S. 2018. Analisis Kinerja Sektor Ritel Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, (Online). Vol. 1, No. 1, (http://e-journal.umaha.ac.id/, diakses 9 Juli 2020)
Siti Nurqalbi Pengaruh Strategi Positioning Terhadap keputusan berbelanja pada matahari departemen store mall Panakukang Makasar (2021) Skripsi Siti Nurqalbi (2021) Universitas Muhammadiyah Makasar.
Weenas, J. R. S. 2013. Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualita Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA. Vol. 1
Zulkifli. 2014. Analisis Pengaruh Strategi Positioning Terhadap Keputusan Memilih SMK Tritech Informatika Medan. Tesis tidak diterbitkan. Medan: Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatra Utara
Published
2023-09-19
How to Cite
Pira Aprilianti, Arga Sutrisna, & Suci Putri Lestari. (2023). Pengaruh Positioning Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Kedai Caffee Wartel). Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 2(3), 16-33. https://doi.org/10.55606/jempper.v2i3.2104