SISTEM PEMASARAN PRODUK HOTEL PADA MEDIA SOCIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT KUNJUNGAN HOTEL ARYADUTA SEMANGGI,JAKARTA SELATAN

  • Joko Edwin Saputra Universitas Nasional
  • Rizki Nurul Nugraha Universitas Nasional
  • Rivaldo Lucas Waworundeng Universitas Nasional

Abstract

Instagram adalah sebagai tempat untuk membagi foto dengan cara mengunggahnya agar dapat dilihat oleh banyak orang. Dengan demikian komunikasi antar sesama pengguna Instagram dapat terjalin dengan memberikan tanda suka dan juga memberi komentar terhadap foto yang telah diunggah oleh pengguna lainnya. Pengikut juga menjadi salah satu hal terpenting, dimana jumlah seperti berbanding lurus dengan tingkat kebagusan dan kepopuleran foto tersebut. Hal itu sangat berpengaruh dalam Rencana Pemasaran di media sosial Instagram. Akun Instagram bernama @aryaduta_hotels berdiri sejak tahun 2013. akun ini adalah sebuah akun yang memanfaatkan Instagram sebagai media promosi hotel. Dari hasil penelitian dapat dikatakan bahwa pemanfaatan Instagramoleh akun @aryaduta_hotelsyang dipilih sebagai media promosi Pelayanan di Hotel Aryaduta Suites Semanggi . hal ini terbukti dari hasil penelitian dengan pemilik akun dan 2 orang perwakilan hotel yang menjadi mitra @aryaduta_hotels. banyak fitur yang dapat dimanfaatkan dalam akun instagram , mulai dari pemanfaatan foto , feed , story , status , viewer , hastag , dapat diperluas untuk promosi pelayanan hotel yang dilakukan dengan memaksimalkan pemanfaatan fitur dan Strategi Pemasaran media yang tersedia dalam aplikasi instagram .

References

Fajar Fahrudin, Muhammad, and Emma Yulianti. 2015. “Pengaruh Promosi, Lokasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Nasabah Bank Mandiri Surabaya.” Journal of Business & Banking 5(1): 149.
Hastuti, A P. 2017. “Analisis Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Pembentukan Brand Attachment (Studi: Universitas Muhammadiyah Surakarta).” http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/52762.
Hermawan, H., Brahmanto, E., & Hamzah, F. 2018. “Pengantar Manajemen Hospitality. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/7cymx.” Pariwisata.
Mardalis, Ahmad, and Ana Putri Hastuti. 2017. “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Membangun Kepercayaan Merk.” Manajemen & Bisnis: 50–62.
National, Gross, and Happiness Pillars. 2020. Buku Komunikasi Pemasaran. https://www.researchgate.net/publication/342644678.
Suryadana, M L, and R N Nugraha. 2018. “Effect Of Application Of Rich Media Advertising On Purchase Decisions (Study Of Travel Companies).” Jurnal Ekonomi, Bisnis & … 12(2): 135–46. https://jurnal.stiepas.ac.id/index.php/jebe/article/view/39/184.
Adi, Ida Ayu Sri Puspa, and I Gusti Ngurah Agung Suprastayasa. 2022. “Persepsi Mahasiswa Pariwisata Terhadap Perkuliahan Praktik Secara Daring: Studi Kasus Program Manajemen Divisi Kamar, Politeknik Pariwisata Bali.” Jurnal Kepariwisataan 21(1): 58–68.
Cahyani, Elysa Nur, Dewi Pancawati N, and Endah Fitriyani. 2021. “Analisis Instagram Sebagai Social Media Marketing Di Industri Perhotelan.” Jurnal Ilmiah Hospitality 10(1): 29–46.
Davita, Betzy, Betty Devina, and Vido Iskandar. 2021. “Dampak Penghargaan Terhadap Kinerja Staf Pada Hotel Bintang Tiga Di Surabaya.” Jurnal Manajemen Perhotelan 7(1): 49–54.
Dewa, Chriswardana Bayu, and Lina Ayu Safitri. 2021. “Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie).” Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya 12(1): 65–71.
Ganapati, I Dewa Gede, Tatan Sukwika, and Yohanes Sulistyadi. 2021. “Analisis Dampak Platform Peer-To-Peer Airbnb Terhadap Usaha Perhotelan Konvensional Di Provinsi Bali.” Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas dan Perjalanan 5(1): 34–47.
Hepani, Ketut, Putu indah Rahmawati, and Nyoman Dini Andiani. 2019. “Strategi Peningkatan Kinerja Pramusaji Palms Restaurant Hotel Holiday Inn Resort Baruna Bali.” Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata 2(2): 121.
Herison, Ahmad, Yuda Romdania, Dipo Akbar, and Doni Pramanda. 2019. “Jurnal Pariwisata Pesona.” Pariwisata Pesona 04(1): 1–10.
Herjanto, Halimin, Alexandra Chilicki, Chidchanok Anantamongkolkul, and Erin McGuinness. 2020. “Hotel Selection Criteria of Solo Traveling Females.” ASEAN Journal on Hospitality and Tourism 18(2): 58–73.
Hidayah, Nurdin et al. 2021. “Strategi Pemasaran Media Sosial Destinasi Pariwisata Menggunakan Pendekatan SOSTAC.” Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas dan Perjalanan 5(2): 57–75.
Indriyani, Ratih, and Monica Dewi. 2020. “Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Melalui Kompetensi Sdm Sebagai Variabel Intervening Pada Ukm Keripik Tempe Malang.” Jurnal Manajemen Perhotelan 6(2): 53–61.
Kanom, and Mohamad Firman Effendi. 2022. “Pembuatan Virgin Margarita Dengan Penambahan Ekstrak Jahe Sebagai Inovasi Produk Minuman Pada Cafe & Resto Hotel Poliwangi Jinggo.” Pariwisata 9(1): 14–27.
Minarto, Amelia Helen, Eugenia Felita, and Sienny Thio. 2021. “Kepercayaan Dan Sikap Konsumen Terhadap Minat Pemesanan Hotel Di Traveloka.” Jurnal Manajemen Perhotelan 7(1): 1–9.
Murdana, I Ketut. 2022. “Peranan Komunikasi Internal Pimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Hotel Ashyana Candidasa Beach Resort Karangasem, Bali.” Jurnal Kepariwisataan 21(1): 46–56.
Pang, Justin Matthew. 2020. “A Study on The Determinants of Singapore Polytechnic Students’ Choices in A Hospitality and Tourism Program.” ASEAN Journal on Hospitality and Tourism 18(2): 111–27.
Putra, Kadek Dana, and Nyoman Dini Andiani. 2019. “Kekuatan Dan Kelemahan Obyek Wisata Vihara Banjar Dalam Upaya Mengembangkan Strategi Pemasaran.” Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata 1(2): 66.
Rachel Dyah Wiastuti, and Dwi Devani Sunggiardi. 2021. “Pengaruh Social Media Marketing Activities Terhadap Ekuitas Merek Di Cyrano Café Bogor.” Jurnal Ilmiah Hospitality Management 12(01): 25–37.
Rafiqoh, Putri Ayu Hidayatur, Widyakanti, and Iqbal Nugraha. 2021. “Strategi Promosi Pariwisata Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Objek Wisata Bamboo Rafting Loksado.” Jurnal Pariwisata Terapan 5(2): 174–86.
Soeswoyo, Dina Mayasari, Liliana Dewi, and Putu Swasti Asaparini. 2018. “Promosi Melalui Media Sosial Berbasis Partisipasi Masyarakat Dan Peranannya Dalam Pariwisata Kota.” Jurnal Pariwisata 5(2): 156–64.
Sukasari, Gusti Ayu, Putu Gede Parma, and A.A.N.Y.M. Mahardika. 2019. “Strategi Penanganan Event Pada Hotel The Laguna, A Luxury Collection Resort & Spa, Nusa Dua, Bali.” Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata 2(1): 15.
Wardhana, Wishnu. 2017. “Kajian Aspek Pemasaran Dan Aspek Proyeksi Keuangan Dalam Upaya Pengembangan Usaha Di Isola Resort Hotel – UPI Bandung.” Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas dan Perjalanan 1(1): 25–35.
Widyaningsih, Heni, Hery Krestanto, and T. Prasetyo Hadi Atmoko. 2021. “Diversivikasi Produk Dan Efisiensi Bisnis Dalam Keberlanjutan Green Hotel Pada Era New Normal Di Hyatt Regency Yogyakarta.” Jurnal Pariwisata 8(2): 148–57.
Belch, G,E,. & Belch, M.A. 2004. Advertising and promotion: An integrated marketing communications perspective. Boston: McGraw-Hill.
Posner, Harriet. 2015. Marketing Fashion, Second edition: Strategy, Branding and Promotion. Laurence King Publishing.
Duncan, T. (2002). IMC: Using Advertising and Promotion to Build Brands. New York: McGraw-Hill.
Dahl, Stephan; Eagle, Lynne; Low, David. 2015. "Integrated marketing communications and social marketing". Journal of Social Marketing. 5 (3): 226–240.
Published
2022-09-28
How to Cite
Joko Edwin Saputra, Rizki Nurul Nugraha, & Rivaldo Lucas Waworundeng. (2022). SISTEM PEMASARAN PRODUK HOTEL PADA MEDIA SOCIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT KUNJUNGAN HOTEL ARYADUTA SEMANGGI,JAKARTA SELATAN. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(3), 323-331. https://doi.org/10.55606/jempper.v1i3.493