PENERAPAN BAURAN PEMASARAN PADA TERASKITA HOTEL JAKARTA

  • Sidik Ihsannudin Universitas Nasional
  • Rizki Nurul Nugraha Universitas Nasional
  • Tria Husnul Chotimah Universitas Nasional
Keywords: Industri Pariwisata, Hotel, Bauran Pemasaran, Strategi Pemasaran

Abstract

Hotel merupakan salah satu bidang usaha jasa pariwisata, yang dimana hotel menjadi sarana akomodasi bagi para wisatawan yang mengunjungi destinasi pariwisata. Untuk meningkatkan pendapatan hotel perlu dilakukan cara untuk membantu menjual produk-produk yang terdapat pada hotel, salah satunya dengan melakukan pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan untuk pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Pada penelitian ini membahas mengenai penerapan bauran pemasaran pada Teraskita Hotel Jakarta. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah Teraskita Hotel Jakarta menerapkan bauran pemasaran sebagai strategi pemasaran dalam upaya mencapai target pasar yang diinginkan, serta Teraskita Hotel Jakarta juga memanfaatkan media online maupun offline dalam melakukan pemasaran kepada pelanggan, sehingga pelanggan juga dapat dengan mudah mendapatkan informasi seputar hotel mulai dari kamar, fasilitas makanan dan minuman, fasilitas ruang pertemuan, hingga promosi yang sedang berlangsung.

References

Dafam Property. (2016, Januari 6). Retrieved Juli 16, 2022 from https://www.dafamproperty.com/news/soft-opening-hotel-dafam-teraskita-jakarta
Statistik Jakarta. (2021, Oktober 28). Retrieved Juli 17, 2022 from https://statistik.jakarta.go.id/hotel-di-dki-jakarta-pada-tahun-2020/
Annikmah, Akhmadi, & Fauziah. (2021). Analisis Pelaksanaan Merketing Mix dalam Upaya Meningkatkan Omzet Penjualan pada Usaha Home Industri Toko Roti Gembong Riduannur di Muara Bulian. Jurnal Mahasiswa, Volume 1, Nopember 2021, 22-31.
Arief, M. (2006). Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan . Malang: Bayumedia Publishing.
Assauri, S. (2019). MANAJEMEN PEMASARAN Dasar, Konsep, dan Strategi. Depok: Rajawali Pers.
Auliya, A., & Angelia, E. (2022). Penerapan Strategi Bauran Pemasaran Pada Acara Launching Wakai Spring Summer 2020 Collection Di Jakarta. Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, Volume 4, No. 1(2022), 83-90.
Barata, A. A. (2014). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Goh, S. T., & Kheng-Hor, K. (2008). Marketing Wise. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.
Hapsari, N. T. (2010). SELUK-BELUK PROMOSI & BISNIS: Cerdas Beriklan untuk Usaha Kecil & Menengah. Yogyakarta: A+PLUS BOOKS.
Hermawan, A. (2012). KOMUNIKASI PEMASARAN. Jakarta: PENERBIT ERLANGGA.
Hermawan, H., Brahmanto, E., & Hamzah, F. (2018). Pengantar Manajemen Hospitality. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 13. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Nugraha, R. N. (2018). PENGARUH RICH MEDIA ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKET BULAN MADU BALI KEROBOKAN-SEMINYAK-PETITENGET DI BULANMADU.COM. Oikonomia: Jurnal Manajemen, Volume 14, No. 1, Januari 2018, 63-75.
Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, Volume 1 Nomor 1 September 2019, 76-83.
Rispawati, D. (2020). OPTIMALISASI MARKETING MIX PEMASARAN HOTEL DALAM USAHA MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN MENGUNJUNGI GRAND ROYAL B.I.L HOTEL - PRAYA BARAT - LOMBOK TENGAH. Journal Ilmiah Rinjani (JIR), Vol. 8. No. 2. Tahun 2020, 119-131.
Rohaeni, H. (2016). PERANAN PROMOSI MELALUI PERSONAL SELLING TERHADAP VOLUME PENJUALAN. Ecodemica, Vol IV, No. 2, September 2016, 223-231.
Rumekso. (2002). Housekeeping Hotel. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2018). Metode Penelitian untuk Bisnis, Edisi 6 Buku 1. Jakarta Selatan: Penerbit Salemba Empat.
Solikin, M. (2011). PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELLENCE). Jakarta: Penerbit Inti Prima Promosindo.
Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sulastiyono, A. (2010). TEKNIK DAN PROSEDUR DIVISI KAMAR PADA BIDANG HOTEL. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suryaningsih, A. (2020). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi, VOLUME 7 No. 1 Mei 2020, 1-10.
Teraskita Hotel Jakarta. (n.d.). Retrieved Juli 16, 2022 from https://www.dafamhotels.com/hotel-directory/teraskita-hotel-jakarta
Widowati, D. (2020). PROMOSI WISATA KULINER KHAS BANTEN DI MEDIA ONLINE SEBAGAI PENDUKUNG PARIWISATA BANTEN. Jurnal Industri Pariwisata, Vol 3, No. 1, 2020, 1-10.
Wirawan, U. (2019, Juni 20). Berita Satu. Retrieved Juli 19, 2022 from https://www.beritasatu.com/ekonomi/560410/rambah-bisnis-perhotelan-waskita-realty-gunakan-merek-teraskita-hotel#!
Published
2022-09-28
How to Cite
Ihsannudin, S., Nurul Nugraha, R., & Husnul Chotimah, T. (2022). PENERAPAN BAURAN PEMASARAN PADA TERASKITA HOTEL JAKARTA. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(3), 314-322. https://doi.org/10.55606/jempper.v1i3.497