ANALISIS SOAR (STRENGTH, OPPORTUNITY, ASPIRATION & RESULT) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI DIGITAL MARKET

  • Wiwid Syahdiyah Sugiartia Universitas Sumatera Utara
Keywords: SOAR, Marketing, Digital Market, Literature Review

Abstract

Masalah pemasaran adalah masalah yang komplek. Pemasaran pada  dasarnya mencangkup kegiatan-kegiatan sepanjang aliran barang/jasa. Dalam makalah ini, pendekatan yang digunakan adalah kajian pustaka kemudian kajian sistematis, pengumpulan, dan kajian literatur yang relevan terkait dengan makalah ini, berjumlah 50 artikel. Tujuan dari makalah ini adalah untuk menyajikan kerangka konseptual ekowisata yang menggabungkan analisis SOAR sebagai lanjutan dan keterkaitannya denga analisis SWOT pada marketing tradisional. Dengan bertujuan untuk mengesplorasi keterbatasan dari penelitian sebelumnya. Makalah ini mengekplorasi esensi dari digital marketing dan SOAR sebagai alat analisis untuk menentukan kebijakan yang diambil oleh managerial. Hasilnya menunjukkan bahwa hasil dari analisis SWOT, lalu dianalisis kembali dengan SOAR menciptakan co-creation baru bagi usaha bidang digital marketing

References

Rangkuti, Freddy. 2006. Measuring Customer Satisfaction. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Rangkuti, Freddy. 2009. 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis
Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka
Stavros, J.M.,Cooperrider, D., & Kelley, L,. 2013. Strategic Inquiry With Appreciative Intent: Inspiration to SOAR! Al Practitioner: International Journal of Appreciative Inquiry.
Suyono. 2015. Analisis Regresi untuk Penelitian. Deepublish, Yogyakarta. Wijayanti, Titik. 2012. Marketing Plan dalam Bisnis. Jakarta : Penerbit PT
Gramedia

Istvanic, Milic, Krpic. 2017. Digital Marketing in the Business Environment.
International Journal of Electrical and Computer Engineering Systems.
Durmaz, Efendioglu. 2016. Travel from Traditional Marketing to Digital Marketing. USA : Global Journal Inc.
Bala, Verma. 2018. A Critical Review of Digital Marketing. USA : International Journal of Management, IT & Engineering.
Yosep, Mohamed, Yusliza, Muhammad. 2021. Does Digital Marketing Platforms affect Business Performance? A Mini-Review Approach. Malaysia : IEOM Society International
Gupta. 2014. E-Commerce : Role of E-Commerce in Today’s Business. India :
International Journal of Computing and Corporate Research
Othman, Suki, Suki. 2021. Evolution Trends of Facebook Marketing in Digital Economics Growth: A Bibliometric Analysis. Malaysia : iJIM
Anusha. 2016. Effectiveness of online Advertising. India : International Journal of Research - Granthaalayah
Sureshkumar, Rajalakshmi. 2018. Effectiveness of online Advertising : A Study with Reference to Selected Cities. India : Asian Journal of Applied Science and Technology (AJAST)
Shukla, Dwivedi. 2019. A Study on Impact and Effectiveness of online Advertising in the Modern Market. India : International Journal of Research in Engineering, Science and Management (IJRESM)
Shetti, Kumari. 2022. Development Strategies for Latar Svarga Based on Soar Analysis. India – Journal of Global Economy, Business and Finance (JGEBF)
Godwin. 2019. An Empirical Analysis on Effect of Digital Marketing on Consumer Buying Behaviour. Nigeria : Ahmadu Bello University
Pogorelova, Yakhneeva, Agafonova and Prokubovskaya. 2016. Marketing Mix for E-Commerce. Russia : International Journal of Environmental & Science Education
Prabhala. 2018. An Analysis of Global Environment for Rapidly Growing Digital Marketing. USA : Georgia Institute of Technology
Wang, Dang, Nguyen, Le. 2020. Supporting Better Decision-Making : A Combined Grey Model and Data Envelopment Analysis for Efficiency Evaluation in E-Commerce Marketplaces. Vietnam : MDPI
Krisdian, Shela, Jenifen, Juliani. 2022. Analysis of the Application of E-Commerce Applications in Increasing Sales Revenue at PT. United Tractors Tbk. Indonesia : Jurnal Mantik
Tampil, Komalig, Langi. 2017. Analisis Regresi Logistik Untuk Menentukan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa FMIPA Universitas Sam Ratulangi Manado. Indonesia : JDC
Published
2023-05-19
How to Cite
Syahdiyah Sugiartia, W. (2023). ANALISIS SOAR (STRENGTH, OPPORTUNITY, ASPIRATION & RESULT) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN MELALUI DIGITAL MARKET. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 25 - 34. https://doi.org/10.55606/jimak.v2i2.1431