OJEK KONVENSIONAL DI KAKASKASEN TIGA, KOTA TOMOHON : MOTIVASI EKSTRINSIK DI TENGAH KOMPETISI BISNIS TRANSPORTASI BERBASIS DIGITAL

Authors

  • Anas Romzy Hibrida Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.55606/jimak.v2i2.1466

Keywords:

Lingkungan Kerja, Komitmen, Kompensasi, Motivasi Ekstrinsik

Abstract

Keberadaan ojek di Indonesia menjadi sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan perekonomian warga. Ojek sepeda motor menjelma menjadi moda transportasi favorit seluruh kalangan untuk menunjang aktifitasnya. Namun, di tengah era digitalisasi seperti sekarang ini, eksistensi dari ojek konvensional menjadi menarik untuk diteliti. Hal itu disebabkan banyaknya pelanggan driver ojek konvensional yang beralih menjadi pelanggan ojek digital yang menggunakan aplikasi daring. Hal ini menjadi keluhan tersendiri bagi komunitas ojek konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi ekstrinsik yang didapat driver ojek konvensional di tengah kompetisi transportasi berbasis digital.

Penelitian deskriptif kualitatif ini dilaksanakan di beberapa pangkalan ojek konvensional yang ada di wilayah Kelurahan Kakaskasen Tiga, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Propinsi Sulawesi Utara. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode wawancara mendalam (In-depth Interview) terhadap lima orang perwakilan dari masing masing komunitas ojek konvensional yang ada di wilayah tersebut.

Hasil penelitian deskriptif kualitatif ini menunjukkan bahwa unsur komitmen, lingkungan kerja dan kompensasi sebagai unsur yang terdapat dalam motivasi ekstrinsik menjadi unsur yang berpengaruh bagi driver ojek konvensional dalam eksistensi kinerja ojek kovensional di tengah kompetisi bisnis transportasi berbasis digital. Dengan komitmen terhadap komunitas ojek konvesional yang tinggi, lingkungan kerja yang mendukung serta kompensasi yang diterima cukup memadai untuk kebutuhan sehari hari, maka dapat menjadi alasan kuat bagi driver ojek konvensional untuk tetap menjaga eksistensinya untuk melayani pelanggan

References

U. U. Republik Indonesia, “LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN,” 1992

M. P. Watung, D. C. Rotinsulu, and S. Y. . Tumangkeng, “ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN OJEK KONVENSIONAL DAN OJEK ONLINE DI KOTA MANADO,” J. Berk. Ilm. Efisiensi, vol. 20, no. 03, pp. 126–139, 2020.

A. W. Santoso and Sarmini, “Motivasi Pekerja Ojek Konvensional dalam Era Transportasi Ojek Online (Studi pada Jasa Ojek Pangkalan di Jembatan Gurem Kabupaten Pamekasan) Agung,” ENTITA J. Pendidik. Ilmu Pengetah. Sos. dan Ilmu-Ilmu Sos., vol. 4, no. 2, 2022, doi: https://doi.org/10.19105/ejpis.v4i2.7029.

Gusmika, “EKSISTENSI OJEK PANGKALAN DI TENGAH ADANYA OJEK ONLINE (PERSPEKTIF SOSIAL EKONOMI) DI KECAMATAN MARPOYAN KOTA PEKANBARU,” JOM FISIP, vol. 7, no. Edisi 1, pp. 1–14, 2020.

K. Setyorini and G. Hendrastomo, “018 PERSAINGAN OJEK ONLINE DENGAN OJEK KONVENSIONAL DI STASIUN LEMPUYANGAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA,” J. Sosiol. Pendidik. Humanis, vol. 3, no. 1, pp. 29–35, 2018.

D. Triani, L. Prapti, and A. Santoso, “MOTIVASI PEKERJA OJEK KONVENSIONAL DALAM PERSAINGAN BISNIS TRANSPORTASI ONLINE (STUDI PADA JASA OJEK PANGKALAN DI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG),” Din. Sos. Budaya, vol. 19, no. 2, pp. 221–229, 2018.

Ismadarni, “PENGARUH ASPEK SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT TERHADAP BANGKITAN PERGERAKAN ZONA KECAMATAN DI KOTA PALU,” J. Transp. Manag. Eng., vol. 2, no. 2, pp. 72–86, 2022.

W. Desga, F. M. Putri, and N. Yulanda, “MODELLING OF TRIP GENERATION IN NAGARI SIGUNTUR, NAGARI BARUNG-BARUNG BELANTAI AND NAGARI NANGGALO KECAMATAN KOTO XI TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN,” pp. 77–82, 2020.

A. T. Wahyuni and R. Rachmawati, “Moda Transportasi Angkutan Kota Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi,” J. Manaj. Transp. Logistik2, vol. 06, no. 02, pp. 147–162, 2019, doi: http://dx.doi.org/10.25292/j.mtl.v6i2.311.

M. Ferdila and K. A. Us, “Analisis Dampak Transportasi Ojek Online Terhadap Pendapatan Ojek Konvensional di Kota Jambi,” IJIEB Indones. J. Islam. Econ. Bus., vol. 6, no. December, pp. 134–142, 2021.

Muhajirin, Makkawaru, and K. Bashar, “STEERMAPS SEBAGAI SOLUSI PRAKTIS BAGI OJEK ONLINE DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0,” J. Penelit. dan Penal., vol. 8, no. 8, pp. 44–55, 2021.

M. K. Anam, Saifuddin, and S. N. Fitriah, “KONTRIBUSI PENGEMUDI OJEK ONLINE (GRAB) DALAM PELAYANAN MASYARAKAT DI KABUPATEN MALANG,” J. Kaji. Ekon. dan Perbank., vol. 4, no. 2, pp. 1–15, 2020.

A. Bayu, M. Kamim, and M. R. Khandiq, “Gojek dan Kerja Digital : Kerentanan dan Ilusi Kesejahteraan yang Dialami Oleh Mitra Pengemudi Dalam Kerja Berbasis Platform Digital,” J. Stud. Pemuda, vol. 8, no. 2019, pp. 59–73, 2019.

Z. Ena and S. H. Djami, “PERANAN MOTIVASI INTRINSIK DAN MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP MINAT PERSONEL BHABINKAMTIBMAS POLRES KUPANG KOTA,” J. Among Makarti, vol. 13, no. 2, pp. 68–77, 2020.

A. Kholidi, “PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN LANGKAT,” Univeritas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2019.

D. H. M. J. Lubis and D. I. M. P. Jaya, Komitmen Membangun pendidikan, Pertama. Medan: CV. Widya Puspita, 2019.

R. Fathy, “MODAL SOSIAL OJEK PANGKALAN : ADAPTASI TERHADAP APLIKASI ONLINE TRANSPORTASI PUBLIK 1 SOCIAL CAPITAL OF THE OJEK PANGKALAN : ADAPTATION TO ONLINE PUBLIC TRANSPORTATION APLICATION,” vol. 20, no. 2, pp. 191–210, 2018.

N. P. Rahmawanti, “PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi pada Karyawan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara),” J. Adm. Bisnis, vol. 8, no. 2, pp. 1–9, 2020.

S. O. Hartini and D. U. Wahyuni, “PENGARUH KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. FIF SURABAYA,” J. Ilmu dan Ris. Manaj., vol. 11, no. 10, 2022.

I. S. Wicaksono, “PENGARUH KOMPENSASI DAN FLEKSIBILITAS KERJA DRIVER GOJEK TERHADAP KINERJA DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING,” J. Univ. Islam Indones., pp. 1–42, 2019.

D. Armando, Y. Pratiwi, and A. Rahman, “Strategi Adaptasi Ojek Konvensional dalam Merespon Adanya Ojek Online di Kota Surakarta,” Equilib. J. Sosiol. Pendidik., vol. VI, no. 1, pp. 125–132, 2018.

M. Pritandhari and T. Ratnawuri, “ANALISIS PEMBELAJARAN MONOPOLI EKONOMI (MONOKOMI) PADA SISWA BOARDING SCHOOL,” J. Pendidik. Ekon. UM Metro, vol. 6, no. 2, pp. 99–105, 2018.

E. A. Maretta, Y. T. Harsono, U. N. Malang, U. N. Malang, and K. Organisasi, “HUBUNGAN KEADILAN ORGANISASI DENGAN KOMITMEN ORGANISASI PT INDONESIA POWER GRATI RELATIONSHIP ORGANIZATIONAL JUSTICE AND ORGANIZATIONAL,” vol. 5, no. 2, pp. 76–84, 2022.

C. I. Permata, “PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS STAFF KARYAWAN PT. SUBAINDO CAHAYA POLINTRACO SURABAYA),” J. Ilmu Manaj., vol. 5, no. 3, 2019.

F. R. Suripto and R. F. Ahsani, “Pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan di Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta,” Fair Value J. Ilm. Akunt. dan Keuang., vol. 5, no. 4, pp. 1927–1933, 2022.

N. M. R. Amalia and S. Indartono, “PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS TENAGA KERJA DAN SOSIAL KABUPATEN SLEMAN,” J. Fak. Ekon., vol. 046, pp. 622–634, 2018.

S. I. Rinawati and K. Ingsih, “PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SATUAN KERJA NON VERTIKAL TERTENTU (SNVT) KEMENTRIAN PEKERJAAN UMUM DI SEMARANG,” Jur. Manaj. Fak. Ekon. dan Bisnis Univ. Dian Nuswantoro, 2018.

R. Zamora, “KINERJA : LINGKUNGAN KERJA, DISIPLIN DAN STRES KERJA PADA PT ESCOTAMA HANDAL BATAM PERFORMANCE,” Equilibria Fak. Ekon. Univ. Riau, vol. 7, no. 2, 2019.

Lindiwatie and A. Ghafar, “Keberlangsungan Ojek Konvensional,” J. Manaj. Transp. Logistik, vol. 05, no. 03, p. 227, 2018, doi: http://dx.doi.org/10.25292/j.mtl.v5i2.237.

Downloads

Published

2023-05-29

How to Cite

Romzy Hibrida, A. (2023). OJEK KONVENSIONAL DI KAKASKASEN TIGA, KOTA TOMOHON : MOTIVASI EKSTRINSIK DI TENGAH KOMPETISI BISNIS TRANSPORTASI BERBASIS DIGITAL. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 43–54. https://doi.org/10.55606/jimak.v2i2.1466