PENGARUH PENGAWASAN DAN KOMPENSASI FINANSIAL TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA (Pada Karyawan UPTD Pengelolaan Pendapatan Daerah di Kabupaten Padang Pariaman)

  • Kartini Universitas Sumatera Barat
  • Dedi Mardianto Universitas Sumatera Barat
  • Rahmad Rafikar. T, Universitas Sumatera Barat
Keywords: produktivitas kerja, pengawasan, kompensasi

Abstract

Produktivitas kerja merupakan suatu kaitan antara output yakni hasil kerja dengan waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk/jasa oleh seorang tenaga kerja. Produktivitas merupakan salah satu ukuran yang sering dipakai, sebuah organisasi tidak akan dapat berkembang apabila produktivitas kerja karyawannya juga tidak mengalami peningkatan apalagi dengan semakin tingginya tingkat persaingan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengawasan dan kompensasi finansial  terhadap  produktivitas  kerja  pada  karyawan  UPTD  Pengelolaan  Pendapatan  Daerah  di Kabupaten Padang Pariaman. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai UPTD PPD Kabupaten Padang Pariaman. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh formulasi Y = -3,892 + 0,435 X1 + 0,625

X2. Hasil penelitian secara parsial variabel pengawasan (X1) dengan nilai sig t (0,001) dan kompensasi finansial (X2) dengan nilai sig t (0,000) berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja (Y). Secara simultan  variabel  pengawasan  dan  kompensasi  berpengaruh  signifikan  terhadap  produktivitas  kerja,

diperoleh nilai f hitung sebesar 100,694   dengan tingkat signifikansi 5% (0,000 < 0,05). Uji koefisien determinasi dengan nilai R2  sebesar 87,30%, sisanya 12,70% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian pengawasan dan kompensasi mempunyai pengaruh dalam peningkatan produktivitas kerja karyawan. Oleh karena itu kedua hal tersebut perlu diperhatikan oleh pimpinan dalam rangka peningkatan produktivitas

References

Badaruddin, B., & Safitri, M.(2018). Pengaruh Pengawasan Dan Kompensasi Terhadap Displin kerja pada Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (JEMSI),4(2).

Baktiyasa, Rofli Sulistiyo dan Farida,Lena. 2017.

“Pengaruh Pengawasan Kerja dan Displin Kerja terhadap Produktivitas Karyawan (Kasus Bagian Pengelolaan

PT. Mitra Agung Swadaya (MAS) Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu)”. JOM FISIP,Vol.4, No.2, hal 1-15.

Catherine Purnamadan Sesilya Kempa.(2019).“Pengaruh ,Kompensasi dan Displin Kerja Terhadap Kinerja

Karyawan CV. Cahaya Citra Surya

Indoprima”

Harianto,A.Saputra .(2020).”Pengaruh Pengawasan Kerja dan Displin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Centric Powerindo di Kota Batam”. Jurnal EMBA Vol.8 No.1 Februari 2020, Hal. 672-683.

Hariyanti,Sri .(2020). “Pengaruh Pemberian Kompensasi Non Finansial Terhadap Kinerja dan loyalitas Karyawan”. Jurnal studi Ekonomi Syariah Vol 4, No

(2020).

Hartina,dkk. (2021).”Pengaruh Displin Kerja,Pengawasan,dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Pelindo IV

Pantoloan”. Jurnal Ilmu Manajemen

Universitas Tadulako e-ISSN :2443-3578

/ p-ISSN :2443-1850. Vol. 7, No 2, April

, 192-202.

Inspektorat daerah Kabupaten Buleleng. (2016).

Artikel Pengawasan.

N.E. Maitimu,Tedi Haryadi ,dkk,(2018),

Pengaruh Pengawasan Disiplin Kerja

terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT PLN (Persero) Rayon Ambon kota.

Peraturan Pemerintah republik Indonesia nomor

tahun 2010 tentang disiplin pegawai negeri sipil adalah kesanggupan pegawai negeri sipil untuk menaati kewajiban dan menghindari larangan yang ditentukan dalam peraturan perundang – undangan dan peraturan kedinasan yang apabila tidak ditaati atau dilanggar dijatuhi hukuman disiplin.

Rafli Sulistiyo baktiyasa, Lena Farida ,(2017), Pengaruh Pengawasan Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Produktivitas Kerja (kasus bagian Pengolahan PT.Mitra Agung swadaya (MAS) Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu).

Reydonizar Ricky, Prof Titiek Soeharto Hadi

MES., Ph.D, Yatmo,Agung Budi, MM, M.Si ,(2008). Pengaruh kompensasi dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja karyawan (studi kasus, pada karyawan bagian produksi PT. Pismatex Plongan).

Syafnidawaty, (2020), Apa itu Populasi dan Sampel dalam Penelitian, Universitas Raharja.

Sunarsi, Denok .(2019). “Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Organisasi dalam menyongsong Revolusi 4.0”.

Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi)| Volume 3 No. 1

Januari-April 2019 Page 221.

Undang-Undang No.13 Tahun 2003 tentang Perlindungan, Pengupahan, dan Kesejahteraan yang telah ditetapkan

pemerintah dengan tetap mempertimbangkan tantangan dalam penentuan kompensasi seperti kekuatan serikat buruh, produktivitas karyawan, kebijakan gaji dan lain sebagainya.

Natsir,Uhud Darmawan. (2018).“Pengaruh Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada CV. Mote Water

Filterindo di Kota Makassar”.Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar.Jurnal Economix Volume 6

Nomor 2 Desember 2018.

Sahariah. (2018). Analisis Pengaruh Kompensasi Finansial Terhadap Loyalitas Pegawai pada PT.PLN (PERSERO) Wilayah SULSELRABAR.

Syah, Harits. (2013). “Pengaruh Kompensi Finansial Terhadap Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja Karyawan Pada PT. Graha Raja Empat”. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen| Volume 1 Nomor 2

Maret 2013.

Yulia Andini,dkk. (2019) .“Pengaruh Displin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT Perkebunan Nusantara IV(PERSERO) Unit Usaha Pabatu”.

Published
2023-01-31
How to Cite
Kartini, Mardianto, D., & Rafikar. T, R. (2023). PENGARUH PENGAWASAN DAN KOMPENSASI FINANSIAL TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA (Pada Karyawan UPTD Pengelolaan Pendapatan Daerah di Kabupaten Padang Pariaman). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 92 - 101. https://doi.org/10.55606/jimak.v2i1.1469