PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MS GLOW (STUDI PADA KONSUMEN DI KOTA BIMA)

  • Ika Putri Kusuma Astuti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima
  • Ita Purnama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima
Keywords: Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga, Celebrity Endorser

Abstract

Abstrak : Dunia bisnis pada masa sekarang ini terus mengalami perkembangan yang begitu pesat, semakin  banyak perusahaan-perusahaan berdiri dengan menghasilkan produk yang sama. Berdasarkan hal ini timbul persaingan antar perusahaan, dan saling menunjukkan keunggulan masing-masing. Salah satu bisnis yang paling diminati zaman ini adalah bisnis produk skincare. Hal ini dikarenakan tersedianya peluang untuk mendapatkan market share disektor bisnis produk skincare di Indonesia. Salah satunya yaitu produk dengan merek Ms Glow. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara celebrity endorser, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk Ms Glow. Dimana dalam penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif untuk mencari pengaruh Celebrity Endorser (X1), Harga (X2), Kualitas Produk (X3) dan keputusan pembelian (Y) dengan jumlah populasi tidak diketahui pasti jumlahnya dan menggunakan teknik Purposive sampling. Sampling untuk pengambilan data sampel sebanyak 96 responden. Instrumen penelitian menggunakan skala likert dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, analisis koefisien korelasi (R), analisis koefisien determinasi (R2), uji t dan uji f. Hasil penelitian menunjukan yaitu 1) Tidak terdapat pengaruh Celebrity Endorser terhadap keputusan pembelian pada Ms Glow nilai hitung sebesar -0,190, 2) Tidak terdapat pengaruh Harga terhadap keputusan pembelian pada Ms Glow nilai hitung sebesar 1,002, 3) Terdapat pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan pembelian pada Ms Glow nilai hitung sebesar 5,223, 4) Terdapat pengaruh secara signifkan Celebrity Endorser, Harga dan kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow sehingga diperoleh nilai f hitung sebesar 35,925.

 

Kata Kunci: Celebrity Endorser, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

 

References

DAFTAR PUSTAKA
Anisha Miftahul Janah, Alpian Winarso Aji, Dyva Kusuma H.S, Agus Suyatno.2021. Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ms Glow Pada Media Sosial Instagram.
Dadan Abdul Aziz Mubarok.2016. Pengaruh Celebrity endorserment terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Konsumen Mahasiswa Kelas Reguler Sore STIE INABA Bandung).
Dewi Rosita, Ivo Novutaningtyas.2021. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Pada Konsumen Mahasiswa.
Dya Viani Subastian, Diah Ayu Retno Palupi, Emilia Firsa3.2021. Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Celebrity endorser Raffi Ahmad Terhadap Minat Beli Produk Skincare Ms. Glow.
Evi Melpiana, Ajat Sudrajat.2022. Analisis Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada MS Glow Beauty.
Fitaloka, Ratna Ekasari, Donny Arif.2019. Pengaruh Celebrity Endorses, Presepsi Harga, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan pembelian Jilbab.
Hilda Maulidia Rahma.2021. Pengaruh Online Costumer Review, Celebrity Endorser, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Ms Glow.
Iful Anwar, Budhi Satrio.2015. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian.
Marlina. C. Ranguan, Rudi. S. Wenas, Debry Ch. A. Lintong.2022. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Presepsi Harga dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Ms Glow Skincare di Kota Tomohon.

Marsah Ivana Matheos, Djurwaty Soepeno, Michael Ch Raintung.2021. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado.
Monica Nggilu, Altje L. Tumbel, Woran Djemly.2019. Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Awarness Terhadap Keputusan Pembelian pada Geprek Bensu Manado
Muslimah Nur Hayati.2019. Pengaruh Citra Merek, Presepsi Harga, Kualitas Produk dan Celebrity Ebdirser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah di Puspa Indah Cosmetic Magelang
May Sella Anggraini.2021. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Ms Glow Cabang di Klaten.
Natalia Junni Kalangi, Lucky F. Tamengkel, Olivia Walangitan.2019. Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear.
Ni Made Rahayu Wulandari, I Ketut Nurcahya.2015. Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Clearshampoo di Kota Denpasar.
Ramlawati, Emy Lusyana.2020. Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Wardah Pada Mahasiswi HPMM Cabang Maiwa Di Makassar.
Yanna Christina Marini, Marsudi Lestariningsih.2022. Pengaruh Kualitas Produk Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Celebrity endorser Ms glow.
Yanuar Widi Prabowo,Suharyono,Sunarti.2014. Pengaruh Celebrity endorser Terhadap Minat Beli(Survei pada pengunjung 3second Store di Jalan Soekarno Hatta Malang).
Zahra Luthfia, Siska Maya.2022. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada MSGLOW Skincare.
Published
2023-10-03
How to Cite
Putri Kusuma Astuti, I., & Purnama, I. (2023). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MS GLOW (STUDI PADA KONSUMEN DI KOTA BIMA). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(3), 139 - 148. https://doi.org/10.55606/jimak.v3i3.1952