PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SAMMRTPHONE REDMI DI ROYAL CELL BIMA

  • Avicena Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) BIMA
  • Ita Purnama Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) BIMA
Keywords: Atribut Produk, Gaya Hidup, Kepetusan Pembelian

Abstract

Dunia bisnis yang tumbuh dengan pesat menjadi tantangan maupun ancaman bagi para pelaku usaha agar dapat memenangkan persaingan dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaannya, dimana kebutuhan hidup masyarakat baik di lihat dari segi kebutuhan primer maupun sekunder tidak dipungkiri lagi telah dipermudah oleh adanya teknologi yang sangat canggih pada zaman sekarang yang yaitu smartphone. Smartphone adalah telepon genggam yang memiliki sistem operasi untuk masyarakat luas, fungsinya tidak hanya untuk SMS dan telepon saja tetapi pengguna dapat dengan bebas menambahkan aplikasi, menambah fungsi-fungsi atau mengubah sesuai keinginan pengguna .Smartphone menjadi suatu  produk yang menjadi bagian penting bagi hampir setiap aktivitas manusia di zaman sekarang tidak hanya memudahkan dalam berkomunikasi dengan baik tetapi banyaknya aktivitas lain seperti bersosial media,mencari informasi,berbelanja secara online,bermain game dan lain-lainnya yang sangat dipermudah dengan menggunakan smartphone. Banyaknya tipe smartphone yang bermunculan di zaman sekarang menjadikan konsumen sulit untuk membuat keputuskan pembelian produk smartphone i.Penelitian ini bertujuan untunk mengetahui pengaruh atribut produk dan gaya hidup  terhadap keputusan pembelian pada Royal Cell Bima. Dimana penelitian menggunakan asosiatif yaitu untuk mengetahui variable bebas yaitu atribut produk (X1) dan gaya hidup  (X2) terhadap variable terikat yaitu keputusan pembelian (Y) dengan Teknik pengambilan Sampel yaitu Purposive Sampling yaitu berdasarkan penentuan sampel yaitu seluruh pembeli dan pelanggan yang pernah berbelanja di Royal Cell Bma yang tidak diketahui pasti jumlahnhya. 1) terdapat pengaruh signifikan secara parsial atribut produk terhadap keputusan pembelian. nilai hitung sebesar 3,186. 2) terdapat pengaruh signifikan secara parsial gaya hidup terhadap keputusan pembelian di Royal Cell Bima. Nilai hitung sebesar 3,564. 3). terdapat pengaruh signifikan secara simultan atribut produk dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian di Royal Cell Bima .diperoleh nilai F hitung sebesar 30,068

References

Adhianti Laras Pratiwi. 2017. Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek, Dan Atribut Produk, terhadap Keputusan Pembelian Hijab Zoya Di Jakarta Selatan [skripsi]. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Fahra Destarini, Bono Pramudi. 2020. Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen 212 Mart Condet Batu Ampar. Jakarta. Jurnal Ekonomi Bisnis & Manajemen, Volume 10 Nomor 1 (2020).

Fitriana, Yandri Sudodo, dan Lukmanul Hakim. 2019. Pengaruh Gaya Hidup, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Oriflame (studi kasus pada konsumen oriflame di kabupaten sumbawa. Sumbawa. Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol.2 No.120 18.

Hadaita Rahma. 2019. Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shopie Martin (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Surabaya) [skripsi]. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Surabaya.

Khairul Anas, Muhajirin. 2020. Pengaruh Gaya Hidup (Life Style) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kantin Yuank Kota Bima. Sumbawa. Journal of Business and Economics Research (JBE) Vol 1, No 2, june 2020, Hal. 131-138.
Linggar Eka Setyanto, Zainul Arifin, Sunarti. (2014). Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian. media.neliti.com

Lilis Tri Handayani 2017. Pengaruh Atribut Produk, Gaya Hidup, Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Di Kota Surakarta

Melissa Paendong dan Maria .V.J Tielung .2016 . Pengaruh Kebutuhan Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Smartfren Di Galeri Smartfren Cabang Manado

Milly Lingkan Mokoagouw. 2016. Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Samsung Mobile It Center Manado. Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 16 No. 01.

Pristiana Widyastuti. 2018. Kualitas Dan Harga Sebagai Variabel Terpenting Pada Keputusan Pembelian Sayuran Organik. Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Volume 2, Nomor 1, Hal 17-28.

Riefky Shaleh. 2017. Pengaruh Inovasi Produk, Gaya Hidup, Harga, Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Rambut Stalker Pomade (Studi Kasus Pada Pembeli Minyak Rambut Stalker Pomade Di UN PGRI). Kediri.

Rizki Arianto. 2018. Pengaruh Gaya Hidup Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Coffee Shop Cekopi Solo Menggunakan Variabel Intervening Sikap Konsumen [skripsi]. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Salsabila Triadi. Yustiani Rahayu, Danang Kusnanto 2021. Pengaruh Gaya Hidup Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Handphone

Sangadji, Etta Mamang & Sopiah. (2018). Perilaku Konsumen. Yogyakarta. : Andi.

Suci Dwi Pangestu, dan Sri Suryoko. 2016. Pengaruh Gaya Hidup (Lifestyle) Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus pada pelanggan peacockoffie semarang). Semarang.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian (Kuantitatif Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Published
2023-10-03
How to Cite
Avicena, & Ita Purnama. (2023). PENGARUH ATRIBUT PRODUK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SAMMRTPHONE REDMI DI ROYAL CELL BIMA. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(3), 149 - 159. https://doi.org/10.55606/jimak.v3i3.2052