Bagaimana Minat Beli Motor Honda Scoopy Di Dealer PT. Astra International Cabang Kolaka?

  • Albar Albar Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Niar Astaginy Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Hanif Kurniadi Universitas Sembilanbelas November Kolaka
Keywords: Product Design, Lifestyle, Purchase Intention, Perceived Price

Abstract

This research uses a quantitative descriptive method approach. Data collection in this research used observation and questionnaires. The population in this research is consumers who have purchased a Honda Scoopy motorbike at the Kolaka Honda Motorcycle Dealer. The sample in this study amounted to 130 people. The data analysis techniques used in this research are validity testing, reliability testing, classical assumption testing and multiple linear regression analysis using the SPSS program. Based on the research results, it is known that (1) There is an insignificant influence between lifestyle on interest in buying a Honda Scoopy motorbike at the Kolaka Motorcycle Sales Dealer; (2) There is an insignificant influence between innovative product design on interest in purchasing Honda Scoopy motorbikes at Kolaka Motorcycle Sales Dealers; (3) There is a positive and significant influence between price perception on interest in buying a Honda Scoopy motorbike at the Kolaka Sales Motorcycle Dealer; and (4) There is a significant influence between lifestyle, innovative product design and price perception on interest in purchasing a Honda Scoopy motorbike at the Kolaka Sales Motorcycle Dealer.

References

Abdillah, R. H. dan. (2019). Ilmu Pendidikan : Konsep, Teori dan Aplikasinya (C. W. & Amiruddin (ed.)). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Agustia, D. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Warung Oversize Tembalang Semarang). Universitas Semarang.
Ahmad Rizal, Dwi Wahyuni Artiningsih, M. H. (2021). Keputusan Pembelian Motor Matic Honda Scoopy ( Studi Kasus Pada Masyarakat Daha Selatan Hulu Sungai Selatan ).
Amrizal, Ahmad Akmal, S. & P. P. (2020). Metode Pengembangan Desain Produk Kriya Berbasis Budaya Lokal (Desain Kriya, Kriya Tradisional & Aset Budaya Lokal). Deepublish.
Ariella, I. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. 3.
Azizah, N. S. (2020). Pengaruh literasi keuangan, gaya hidup pada perilaku keuangan pada generasi milenial. 01, 92–101.
Budiyanto, E. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Diskon Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Supermaket Rungkut Surabaya. 03(01), 36–46.
Dahlan, R. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi nazhir terhadap wakaf uang. 1–24.
Fachruddin, M. R. I. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan Kesadaran Halal Terhadap Minat Beli Produk Fashion pada Era New Normal di Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, Vol 5 Nmr 3, Universitas Negeri Surabaya, 78–88.
Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan persaingan terhadap minat beli. 4(3), 415–424.
Harjuno, P. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Motor Matic Honda Scoopy. Universitas Negeri Yogyakarta.
Jalil, J. E. S. A. S. K. A. (2019). Strategi Dan Daya Saing Perusahaan Honda, Yamaha, Dan Suzuki Dalam Pasar Oligopoli Di Kuala Tungkal. 2(Juni), 1–20.
Jannah, A. & M. (2022). Konsumen Produk Honda Merek Scoopy Di Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya. 2 Nomor 2.
Kamaluddin, M. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Berbelanja Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE BIMA). 3.
Khairunnisa, M. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Beli di Media Sosial Instagram. Universitas Darma Persada Jakarta.
Kurniadi, H. (2023). Penilaian Produk dan Gratis Biaya Kirim pada Keputusan Pembelian di Shopee. Buletin Studi Ekonomi, 28(02), 220-228.
Kurniasari, R. D. (2018). Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus Pada Kerajinan Enceng Gondok “Akar”). 3, 467–477.
Madahi, A. & S. (2012). The effect of External Factors on Purchase Intention Amongst Young Generation in Malaysia (pp. 153–159).
Mayora, S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Gerobak di Payakumbuh (p. 25). Universitas Islam Riau.
Nanincova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe And Bistro. 7(2).
Nasution, A. E., Pratami, L., Muhammad, P., & Lesmana, T. (2019). Analisis Pengaruh Harga , Promosi , Kepercayaan dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada 212 Mart di Kota Medan. 1(1), 165–173.
Nesan, S. (2021). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen di You Nine Cafe Medan). Universitas Medan Area.
Pamungkas, G. (2021). Analisis gaya hidup, desain dan persepsi harga terhadap minat beli otor Yamaha Nmax di Kota Tangerang. Universitas Mercu Buana.
Patmawati, H. M. &. (2019). Pengaruh Iklan Internet, Celebrity Endorder dan Gaya Hidup terhadap Minat Beli pada Shopee di Kota Padang. 1–10.
Pratama, W. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic Honda Merek Scoopy (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UMSU). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Pulungan, D. R., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 1–8. https://doi.org/10.5281/zenodo.1410873
Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk , Citra Merek Dan Persepsi Harga ( Literature Review Manajemen Pemasaran ). 2(4), 516–524.
R, K. (2001). Membidik Pasar Indonesia; Segmentation, Targetting,and Potitioning. Gramedia Pustaka Utama.
Rahayu, P. F. &, & Riana, D. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kualitas Layanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Transportasi Online (Gojek) Pada Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi Universitas Tridinanti Palembang. 6(1), 46–54.
Rudianto, I. (2018). Pengaruh citra merek dan gaya hidup terhadap pengambilan keputusan pembelian motor honda beat di kecamatan bululawang kab. malang jawa timur. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Sauri, M. S. (2019). Pengaruh Gaya Hidup, Harga dan Loyalitas Terhadap Minat Pembelian Ulang Busana Muslim di Attorik Muslim Distro Semarang. UIN Walisongo Semarang.
Selvy. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif, Brand Image dan Beauty Influencer Terhadap Minat Beli Kaum Milenial Kota Batam. Universitas Putera Batam.
Siregar. (2017). Pengaruh Promosi, Desain Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus : Toko Sepatu Tasya Jaya). UIN Sumatera Utara.
Siti Marwah, Ahmad Suharto, T. D. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Elzatta. 3, 103–111.
Stiadi, M. (2022). MARKET SEGMENTATION ANALYSIS IN FOOD SELECTION. Jurnal Ekonomi, 11(03), 169–173.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alphabet.
Sujana, O. I. dan. (2020). Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger (Survey Persepsi Komunitas Pecinta Alam di Kota Bogor). 8(2), 105–126.
Suraputra, I. M. W., & Warmika, I. G. K. (2017). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Niat Pembelian Sepeda Motor Sport Honda Yang Dimediasi Oleh Sikap. 6(1), 176–203.
Thamrin, A. (2012). Strategi Pemasaran. Andi.
Tjiptono, F. (2014). Strategi Pemasaran. Andi.
Umar, H. (2019). Metode Riset Manajemen Perusahaan : Langkah Cepat dan Tepat Menyusun Tesis dan Disertasi. PT Gramedia Pustaka Utama.
Unggul, T. D. U. E. (2020). Analisis regresi dan korelasi berganda.
Wicaksono, S. A. (2015). Pengaruh merek dan desain terhadap minat beli konsumen: Studi kasus konsumen sepeda motor Honda CS One pada Dealer 54 Motor Pekalongan). Universitas Negeri Semarang.
Widais, F. I. P. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Desain Terhadap Minat Beli Konsumen Sepeda Motor Honda Vario 150 Esp. Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma.
Widodo, S. (2018). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Siklus Hidup Produk ( Product Life Cycle ). 4(1), 84–90.
Wijaya, C. (2018). Analisis Pengaruh Usia, Jenis Kelamin, Pendidikan, Dan Pendapatan, Terhadap Literasi Keuangan Warga di Komplek Tanah Mas. 1–5.
Yosepha, A. D. & S. Y. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur. 1(1), 15–30.
Yossa, S. (2022). Pengaruh Desain Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat (Studi Pada Argo Motor Honda Pekanbaru). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Yudianto, T. dan A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu. 2(1), 105–117.
Published
2023-09-30
How to Cite
Albar Albar, Niar Astaginy, & Hanif Kurniadi. (2023). Bagaimana Minat Beli Motor Honda Scoopy Di Dealer PT. Astra International Cabang Kolaka?. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(3), 51-64. https://doi.org/10.55606/jimak.v3i3.2139