ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE RGEC PADA BANK MUAMALAT INDONESIA PERIODE 2016-2021

  • Yusiresita S.E., M.Si UIN Raden Fatah Palembang
  • Nur Hestria UIN Raden Fatah Palembang
Keywords: Religius Kepemimpinan, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan, Lingkungan Kerja

Abstract

Kepemimpinan religius merupakan segala hal yang menyangkut sikap, keputusan serta etika dalam menstimulus objek atau individu lain ( yang dipengaruhi ) dengan didasarkan pada spiritual atau ketuhanan. Lingkungan kerja sendiri adalah kondisi atau keadaan yang terjadi pada atmosfer di dunia kerja itu sendiri yang menyangkut suhu, ruangan pemimpin, gaji dan hubungan karyawan satu sama lain. kedua hal ini memiliki peran masing masing dalam terciptanya kesuksesan performa karyawan ataupun kepuasan dalam dunia kerja itu sendiri sehingga pada penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Kepemimpinan religius terhadap Kinerja Pegawai, Kepemimpinan religius terhadap kepuasan kinerja, lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan, lingkungan kerja terhadap kepuasan kinerja, Kepemimpinan religius terhadap lingkungan kerja, dan kepuasan kinerja terhadap kinerja karyawan. Metode pengumpulan data melalui survei dan mengedarkan kuisioner dengan sampel 40 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif dan desain penelitian dilakukan melalui partial least square (PLS) dengan software program SmartPLS Versi 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebanyakan hipotesis berada pada kategori tidak signifikan atau variabel tersebut memberikan pengaruh yang tergolong masih kurang baik. Dibuktikan pada masing masing hipotesis yang memiliki output nilai kurang dari t statistik tabel serta tidak sesuai pada taraf signifikan P value. Namun pada hipotesis kelima yakni kepemimpian religius memberikan pengaruh dan signfikan terhadap kepuasan kinerja.

References

Almilia & Herdinigtyas, “Analisis Rasio CAMEL Terhadap Prediksi Kondisi Bermasalah Pada Lembaga Perbankan Periode 2000-2002”, Jurusan Ekonomi Akuntansi , Fakultas Ekonomi-Universitas Kristen Petra (2005).

Bambang Rianto Rustam, 2013. "Manajemen Risiko perbankan syariah di Indonesia" (Jakarta selatan;salemba empat).

Bank Muamalat Indonesia, Laporan tahunan Annual report, diakses melalui www.bankmuamalat.co.id/hubungan-investor/laporan-tahunan.

Bank Indonesia, Lampiran Surat Edaran No.13/24/2011.

Damayanti D.D.& Chaniago, H, 2014. “Pengaruh Risiko Usaha dan Good Coorporate Governance Terhadap Skor Kesehatan Bank Pada Bank Umum Swasta Nasional Devisa”, Jurnal Of Bisnis and Banking.

Diana,K.M, 2019. “Pengaruh Profil Risiko Terhadap Tingkat Kesehatan Bank Swasta Nasional Devisa Go Public”, Artikel Ilmiah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.

Emilia, 2017. "Analisis Tingkat Kesehatan Bank Dengan Metode RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, and Capital) pada PT. BNI Syariah", Skripsi.

E-Jurnal Manajemen Unud Vol.5, No.6, 2016 hlm. 3849-3851.

Hakim, 2013. “Analisis Pengaruh Rasio NPL, LDR, GCG, NIM, CAR dan BOPO Terhadap Tingkat Kesehatan bank”. Skripsi Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Ikatan Bankir Indonesia, 2016. "Manajemen kesehatan bank berbasis risiko" Penerbit PT Gramedia pustaka utama, Jakarta.

Marpaung, P, 2017. “Analisis CAMEL Untuk Menilai Tingkat Kesehatan Bank Pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”.

Maramis, Pingkan Aprilia, 2019. "Analisis tingkat kesehatan bank dengan metode RGEC (Risk Profile,Good Corporate Governance, Earning, Capital) pada PT. Bank Mandiri (persero) periode 2015 – 2018), Jurnal Pembanguan Ekonomi dan Keuangan Daerah.

Muhammad, 2011 “Manajemen Bank Syariah”, (Yogyakarta:UPP-STIM YKPN,)

Purnamasari, Puspita Dewi Indah, Rilla Gantino, 2020. “Analisis Tingkat Kesehatan Perbankan dengan metode RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earning, Capital) terhadap return saham ” JCA Ekonomi Volume 1 Nomor 1 Januari - Juni.

Putri, Bulan Agustin, 2021. Analisis RGEC Untuk Menilai Tingkat Kesehatan Bank Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2017-2019..

Slamet, Hadisoewito, 2011 “Prinsip Dasar Kehati-hatian Dan Penilaian Bank”, (Jakarta:Pamator.).

Surat Edaran Bank Indonesia,Penilaian Tingkat Kesehatan, No 9/24/DPhS 2007.

Sutikno, Lynda Evita, 2014. "Analisis Tingkat Kesehatan Bank Dengan Menggunakan Metode RGEC Pada PT.BANK Pembangunan Daerah Jawa Tumur, TBK Periode 2012-2013" Artikel Ilmiah.

Triwahyudi & Sutapa, “Model Prediksi Tingkat Kesehatan Bank Melalui Rasio CAMELS”, Jurnal Dinamika Keuangan dan Perbankan.

Ulfha, Sri Maria 2018. “Analisis Tingkat Kesehatan Bank Dengan Menggunakan Metode RBBR (Risk-Based Bank Rating) (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital), E Jurnal Vol .7 No. 2.

Wahasusmiah, Rolia, 2018. Khoiriyyah Rahma Watie, “Bank pada perusahaan perbankan syariah”, jurnal.raden fatah.

Zainul, Arifin, 2000 "Memahami Bank Syariah”, Jakarta.

Published
2024-01-13
How to Cite
S.E., M.Si, Y., & Hestria, N. (2024). ANALISIS TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN MENGGUNAKAN METODE RGEC PADA BANK MUAMALAT INDONESIA PERIODE 2016-2021. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(1), 1-13. https://doi.org/10.55606/jimak.v3i1.2352