ANALISA PELAKSANAAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PELAYANAN OLEH STAFF TICKETING DI SALES OFFICE GARUDA INDONESIA SENAYAN CITY

  • Aulia Qisthi Majestika Universitas Sahid
  • Farida
Keywords: Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan, Staf ticketting, Sales Office Garuda Indonesia

Abstract

Pelayanan adalah proses pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas orang lain secara langsung dan untuk menunjang pelayanan tersebut dibutukannya SOP sehingga kualitas pelayanan tetap terjaga. Pelaksanaan SOP yang baik berdampak pada kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen sehingga merasa puas dengan layanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai pelaksanaan standar operasional prosedur (SOP) pelayanan di Sales Office Garuda Indonesia Senayan City. Responden dalam penelitian ini berjumlah 67 orang yang mewakili pelanggan yang datang pada tahun 2020-2021 dalam enam bulan terakhir. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dengan metode survei, observasi, dan dokumentasi. Data primer dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner.

Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan akumulasi jawaban responden atas pernyataan yang diberikan menunjukan hasil baik. Dalam menjalankan SOP pelayanan oleh staf ticketing Garuda Senayan City, skor tertinggi dengan katagori baik terdapat pada dimensi kelengkapan informasi yang disajikan melalui staff ticketing pada pernyataan “staff ticketing memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan seperti jadwal penerbangan yang dibutuhkan”. Nilai terendah dengan katagori baik pada dimensi Keramahan staff ticketing Memberikan Jawaban atas Pertanyaan, hal ini didukung oleh pernyataannya yang mendapat skor terendah dengan katagori kurang baik pada pernyataan “staff ticketing menggunakan Bahasa tidak formal”.

References

Ananada Widianti Zulfa 2020. Analisis Standar Operasional rosedur (SOP) kegiatan telemarketing di hotel salak the heritage. Usahid Document.

Budiharto, M. 2014. Panduan Praktis Menyusun SOP. Jakarta: Raih Asa Sukses (Penebar Swadaya Grup)

Dinas pariwisata DKI Jakarta. 2019. Grafik wisatan yang mengunjungi DKI Jakarta. Jakarta: Dinas pariwisata DKI Jakarta. (http://jakarta-tourism.go.id/visit/blog/2013/12/dinas-pariwisata-dan-kebudayaan-provinsi-dki-jakarta) diakses pada tanggal 25 November 2020.

Dwi, Joko Santoso. 2014. Lebih memahami SOP (Standa Operasional Prosedur). Surabaya: Kata Pena.

Hajar, Siti. 2016. Pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan Surat Tanah di Kantor Camat Sukajadi Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. JOM FISIP UNRI. Vol.3 No.1 Februari 2016.

Hartatik, Indah Puji. 2017. Buku Pintar Membuat Standar Operasional Prosedur. Flash Book: Jogjakarta.

Kotler, Philip, Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 14th Edition United. States of America: Pearson.

Moekijat. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Mandar Maju

Mukti, Tiara Citra 2017. Pengaruh Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Online Universitas Islam Kediri. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (JMK) Vol.2 No.1 Januari 2017. 14-26.

Muhammad Luthfi 2020. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap Kepuasan konsumen di alfin salon. Usahid Document

Mutaqin Zenal, Sumiati Mimi. 2019. Pelaksanaan Standar Operasional Prosedur dalam meningkatkan Pelayanan Rawat Jalan pada Puskesmas Klangenan Kabupaten Cirebon. Jurnal CENDEKIA Jaya FISIP UNTAG Cirebon. Vol.1 No.1 Februari 2019. E-ISSN 2656-0828

Peraturan Menteri Pemerintahan dan Aparatur Negara Nomor 35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan.

Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Reni Asmara Ariga 2014. Implementasi Management Pelayanan Publik. Yogyakarta: Deepublish

Website Garuda Indonesia (https://www.garuda-indonesia.com/id/id/index)

Shabara Wicaksono 2017. Wisatawan Nusantara Menjadi Kekuatan Pariwisata Nasional dalam Artikel. Phinemo news (https://phinemo.com/belanjakan-rp241-triliun-pada-2017-wisatawan-nusantara-jadi-kekuatan-pariwisatanasional) Di akses pada tanggal 25 november 2020.

Tambunan, Rudi M, Pedoman Penyusunan Standard Operating Procedures (SOP), Jakarta: Maistas Publishing, 2018.

Tangkilisan, 2015. Manajemen Publik. Jakarta. Gramedia Widia.

Tjiptono, Fandy. 2018. Service Management Mewujudkan Layanan Prima, Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Published
2022-05-09
How to Cite
Majestika, A. Q., & Farida. (2022). ANALISA PELAKSANAAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PELAYANAN OLEH STAFF TICKETING DI SALES OFFICE GARUDA INDONESIA SENAYAN CITY. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(2), 243-257. https://doi.org/10.55606/jimak.v1i2.335