PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN TRAVELOKA DI KOTA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.55606/jimak.v2i1.899Keywords:
Customer Loyalty, Customer Relationship Marketing, Digital MarketingAbstract
This study aims to analyze the effect of digital marketing and marketing of consumer relations on consumer loyalty, especially for Traveloka train ticket consumers in Semarang City. The number of samples in this study amounted to 100 respondents using a random sample method. Respondents in this study were consumers of Traveloka train tickets in Semarang city using a Likert scale. The analysis technique in this research is descriptive quantitative. The research results obtained are that there is a positive and significant influence between digital marketing and consumer relationship marketing variables on consumer loyalty. These results provide a basis for Traveloka to increase customer loyalty by providing service satisfaction by implementing digital marketing and consumer relationship marketing
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari pemasaran digital dan pemasaan hubungan konsumen terhadap loyalitas konsumen, terkhusus untuk konsumen tiket kereta api Traveloka di Kota Semarang. Jumlah sampel pada penelitian ini sebesar 100 responden dengan mnggunakan metode sampel secara acak. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen tiket kereta api Traveloka di kota semarang dengan menggunakan skala likert yang kemudian diolah dengan mnggunakan SPSS. Teknik analisis pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang didapatkan adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel pemasaran digital dan pemasaran hubungan konsumen terhadap loyalitas konsumen. Hasil ini memberikan dasar acuan bagi Traveloka untuk meningkatkan loyalitas konsumen dengan memberikan kepuasan layanan dengan menerapkan pemasaran digital dan pemasaran hubungan konsumen
References
Astuti, N. P. M. D., Mahayana, P. I. K., Yudistira, K. C. G. P., & Widiantara, I. M. (2020). Implikasi Penerapan Customer Relationship Marketing Dan Digital Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Gapura Angkasa Joumpa Denpasar. GARA, 14(1), 506–514.
Bramastra, A. B., Komunikasi, D. I., Airlangga, U., & Pendahuluan, A. (2020). Analisis Strategi Online Consumer Relationship Management Pada Produk Pisau Cukur Banner. Jurnal Media Dan Komunikasi, 01(01), 55–67.
Dewi, C. L. K., & Widagdo, S. (2022). Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Keputusan Wisatawan Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 6(2), 243–270. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2022.v6.i2.5205
Erawati, S. H. E. (2020). Faktor – faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen pada bisnis e-commerce. Inspirasi, 17(2), 304–315.
Ernantyo, Y. E., & Febry, T. (2022). Pengaruh Implementasi Digital Marketing dan Customer Relationship Marketing terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang Pada Kafe Kisah Kita Ngopi. K&K_Jurnal Manajemen, 1(2), 107–127.
Gultom, K. A., Wijaya, N., & Mahadewi, N. P. E. (2021). Efektivitas Iklan Terhadap Keputusan Wisatawan Membeli Tiket Pesawat Di TRAVELOKA.COM. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), 9(2).
Juditha, C. (2020). Dampak Penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi Terhadap Pola Komunikasi Masyarakat Desa (Studi di Desa Melabun, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung). JURNAL PIKOM (Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan), 21(2), 131–144.
Krissianty, D., & Widayatmoko, W. (2019). Pengaruh Customer Relationship Management dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Telkomsel. Prologia, 2(2), 278. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3588
Larasati, S., & Utomo, S. B. (2021). Strategi Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(5), 1–13.
Lisani, M. A., & Indrawati, I. (2020). Pengaruh Digital Marketing Mobile Application Terhadap Loyalitas Pelanggan Gojek. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(2), 254–258.
Masito, R. A. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Air Minum Cheers (Studi PT. ATLANTIC BIRURAYA). Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 9(2), 1216–1222.
Pranajaya, E., Setiawan, T., & Susetyo, D. P. (2021). Pentingnya Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan: Survey Tentang Pelayanan dan Loyalitas Pada Perusahaan Jasa. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(4), 304–313.
Pratiwi, A. R., & Dermawan, D. A. (2021). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi Pelanggan ShopeePay pada Aplikasi Shopee di Kota Surabaya). Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 2(3), 87–93. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/41813%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id
Putri, S. B., Trenggana, & Mochamad, A. F. (2020). Pengaruh Customer Relationship Manaement (CRM) Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Watsons Di Bandung. E-Proceeding of Management, 7(1), 1258–1264.
Sagita, G. (2022). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi. Ebiismen, 1(3), 24–31.
Santoso, H. B. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Customer Loyalty Dengan Online Promotion Dan Customer Experience Sebagai Variabel Intervening Pada Starbucks Surabaya. Manajemen Pemasaran.
Sidi, A. P. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Digital Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Kedai Hj.S Jl. Kesumba Kota Malang). Jurnal JIBEKA, 12(1), 1–8. https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jibeka/article/view/3
Wulandari, S., Agung, A. A. P., & Anggraini, N. P. N. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Customer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen The Bali Florist. Jurnal EMAS, 2(2), 185–194.