PENGARUH JOB DISCRIPTION DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS KERJA MELALUI EMOTIONAL INTELLIGENCE CV.GREEN LESTARI INDAH

  • Afiatuzzahro Alfiatuzzahro Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Wahyu Eko Pujianto Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
Keywords: Sumber Daya Manusia, Kecerdasan Emosional, Kualitas Kerja

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menguji apakah job discription berpengaruh terhadap kualitas kerja, apakah kompetensi sdm berpengaruh kualitas kerja, apakah job discription berpengaruh terhadap emotional intelligence (EI), apakah kompetensi sdm berpengaruh terhadap emotional intelligence (EI), dan apakah emotional intelligence (EI) berpengaruh terhadap kualitas kerja. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif menggunakan menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh karyawan di CV. GREEN LESTARI Sampel pada penelitian ini memakai desain sampling probabilitas menggunakan menentukan 50 orang karyawan menjadi sampel. Teknik analisis dalam penelitian yaitu naratif dan analisis statistik inferensial menggunakan metode Partial Least Square (PLS). akibat penelitian menyebutkan bahwa job discription berpengaruh terhadap kualitas kerja, job discription berpengaruh terhadap emotional intelligence (EI), kompetensi sdm berpengaruh terhadap kualitas kerja, kompetensi sdm berpengaruh terhadap emotional intelligence (EI), selanjutnya emotional intelligence (EI) berpengaruh terhadap kualitas kerja.

References

Abdi, W. Jernias. 2019. “Pengaruh Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Kartyawan PT. Christalenta Pratama”. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayama. Vol. 7, No. 3.
Ajabar. 2020. Manajemen Sumber Daya Manusia. Budi Utama. Yogyakarta.
Candra, Yuni, Ceswirdani dan Henny Sjafitri. 2017. “Pengaruh Kompetensi dan Kualitas Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai di Kantor Kecamatan Kranji”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 8, No. 1.
Nandika, Ridho. 2015. “Pengaruh Job Description, Kepemimpinan, Pengembangan Terhadap Efektifitas Kerja Karyawan PT. Bias Nusatama Warehouse”. Jom FEKON. Vo. 1, No. 2.
Cooper, R.K. & Sawaf, A. 2002. Executive EQ. Kecerdasan Emosional Dalam Kepemimpinan dan Organisasi. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Goleman, D. (2003). Emotional Intelligence: Issues and Common Misunderstanding, Issues and Recent Developments in Emotional Intelligence.
Salovey, P. & Mayer, J. D. (1990). Emotional Intelligence. Imagination, Cognition, and Personality, 9, 185-211.
Ardana. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu
Karlina Pitaloka, Nurdiana Mulyatini, Kasman, 2019, Pengaruh Job Description Dan Job Spesification Terhadap Kinerja Karyawan (Suatu Studi Pada PT. Pos Indonesia Cabang Ciamis). Volume 1 Nomor 2 Juni 2019.
Agustian AG. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional Spiritual ESQ. Jakarta: PT Arga Tilanta, 2010.
Goleman, D. “Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi”, Cetakan Keenam, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2005.
Golemen D “Emotinal Intelligence: Kecerdasan Emosional. Mengapa EQ lebih Penting daripada IQ”, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2015.
Aristi, S. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Kerja Karyawan Pt. Laras Prima Sakti. (JEMS) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 2(2), 227–238. https://doi.org/10.36085/jems.v2i2.1564
As’ad, A. (2021). Pengaruh Kompetensi , Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. YUME : Journal of Management, 4(1), 191–200.
Asniwati, A., & Kitta, S. (2019). Pengaruh Kompetensi Pegawai Dan Fasilitas Kerja Kantor Terhadap Kualitas Pelayanan Melalui Kinerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Karossa Kabupaten Mamuju Tengah. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 1(2), 133–146. https://doi.org/10.37476/massaro.v1i2.762
Boyatzis, R. E., Goleman, D., & Rhee, K. (2000). WP 99-6.pdf (pp. 99(6), 343-362.).
Ceswirdani; Sjafitri, Henry; Candra, Y. (2017). Pengaruh Kompetensi dan Kualitas Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai di Kantor Kecamatan Kuranji. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 8(1), 1–6.
Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2017). hubungan baik antara kinerja karyawan dengan kepuasan konsumen pada PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara Cabang Berastagi. Davis Dalam Mangkunegara (2017:67), 8–29.
Elizar, E., & Tanjung, H. (2018). Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 1(1), 46–58. https://doi.org/10.30596/maneggio.v1i1.2239
Emotionally, T., & Workplace, I. (1990). Emotional Intelligence : Issues in Paradigm Building. 1–13.
Karyawan, K., Pt, P., & Utama, S. (2022). PENGARUH JOB DESK DAN SISTEM KERJA TERHADAP.
Keolahra, I. (2010). lurnal Pendidikan JAStnanl. 7(April).
Lau, J. (2021). Pengaruh Job Description, Disiplin Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Kinco Prima. http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/880
Pramana, I. M. D., & Widiastini, N. M. A. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Pemasaran Pada UD. Nyoman. Bisma: Jurnal Manajemen, 6(2), 122–131. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/BISMA-JM/article/view/26800
Priambudi, B. (2019). Hubungan Antar Manusia, Kepuasan Kerja dan Deskripsi Pekerjaan terhadap Kinerja Pegawai Unit Pusat survei Geologi, Badan Geologi Bandung. 20–68.
Syahrul. (1967). “Analisis Penerapan Job Specification dan Job Description Terhadap Aparatur sipil Negara Pada Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Selatan.” Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Tarigan, B., & Aria Aji Priyanto. (2021). Pengaruh Motivasi dan Disiplin terhadap Kinerja Karyawan pada PT Bank DBS Tangerang Selatan. WACANA EKONOMI (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi), 20(1), 1–10. https://doi.org/10.22225/we.20.1.2890.1-10
Umam. (2014). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Published
2023-01-23
How to Cite
Alfiatuzzahro, A., & Eko Pujianto, W. (2023). PENGARUH JOB DISCRIPTION DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS KERJA MELALUI EMOTIONAL INTELLIGENCE CV.GREEN LESTARI INDAH. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 70 - 81. https://doi.org/10.55606/jimak.v2i1.941