PENGARUH ORGANIZATIONAL LEARNING TERHADAP KINERJA GURU MELALUI MOTIVASI DAN KOMITMEN

Penulis

  • Ahmad Rojab Awwaluddin Ardiansyah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Wahyu Eko Pujianto Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jimak.v2i1.940

Kata Kunci:

Komitmen, Motivasi, Kinerja Guru, Organizational Learning

Abstrak

Tujuan peneletian ini dibuat untuk mengetahui pengaruh organizational learning terhadap kinerja guru melalui motivasi dan komitmen pada guru swasta yang berada di Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan sampel Guru Swasta di Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo. Sampel ini diambil dengan menggunakan Cluster Sampling sebanyak 80 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis konfirmasi factor pada pemodelan structural dengan menggunakan aplikasi SmartPLS. 3.0. Teknik pengujian data yang ada pada penelitian ini meliputi convergent validity, Averange Variance Extracted (AVE), composite Reliability, Cronbach Alpha, R-Square dan Estimate for Path Coefficient. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Organizational Learning berpengaruh terhadap kinerja guru, Organizational Learning berpengaruh terhadap motivasi, Organizational Learning berpengaruh terhadap komitmen, motivasi berpengaruh terhadap kinerja guru, komitmen tidak berpengaruh terhadap kinerja guru.

Referensi

[1] K. Kamar, D. Novitasari, M. Asbari, W. Winanti, and F. S. Goestjahjanti, “Enhancing Employee Performance During the Covid-19 Pandemic: the Role of Readiness for Change Mentality,” J. Din. Manaj., vol. 11, no. 2, pp. 154–166, 2020, doi: 10.15294/jdm.v11i2.25279.
[2] O. Al-Kurdi, R. El-Haddadeh, and T. Eldabi, “Knowledge sharing in higher education institutions: a systematic review,” J. Enterp. Inf. Manag., vol. 31, no. 2, pp. 226–246, 2018, doi: 10.1108/JEIM-09-2017-0129.
[3] A. T. A. Darmawan and M. Mansur, “The influence of teacher performance and motivation on the management of sports education learning set,” J. Keolahragaan, vol. 7, no. 1, pp. 94–103, 2019, doi: 10.21831/jk.v7i1.25057.
[4] W. Werdiningsih, “Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Melaksanakan Pembelajaran Daring,” Southeast Asian J. Islam. Educ. Manag., vol. 2, no. 1, pp. 113–124, 2021, doi: 10.21154/sajiem.v2i1.48.
[5] K. Krismiyati, “Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak,” J. Off., vol. 3, no. 1, p. 43, 2017, doi: 10.26858/jo.v3i1.3459.
[6] M. Asbari, A. Purwanto, Y. Sudargini, and K. Fahmi, “The Effect of Work-Family Conflict and Social Support on Job Satisfaction: A Case Study of Female Employees in Indonesia,” Int. J. Soc. Manag. Stud., vol. 01, no. 01, pp. 32–42, 2019, doi: https://doi.org/10.5555/ijosmas.v1i1.3.
[7] G. Wiyono, “Strategi Penerapan Organizational Learning Untuk Membentuk Guru Pembelajar Di Sekolah,” J. Edukasi Elektro, vol. 1, no. 1, pp. 69–77, 2017, doi: 10.21831/jee.v1i1.15113.
[8] A. T. Vera Maria, “PENGARUH PENGAWASAN ATASAN MELEKAT TERHADAP KINERJA GURU PAUD DENGAN MEDIASI PEMBELAJARAN ORGANISASI(Studi Empiris Pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Serang),” J. Inov. Penelit., vol. 3, no. 2, pp. 4951–4966, 2022.
[9] G. S. M.- Ilizarbe et al., “Organizational Learning and Teacher Performance in Public Educational Institutions in a District of Lima,” Rev. Gestão Inovação e Tecnol., vol. 11, no. 1, pp. 5983–5994, 2021, doi: 10.47059/revistageintec.v11i1.1873.
[10] A. Karim, A. Kartiko, D. E. Daulay, and I. D. Kumalasari, “The Effect of The Supervision of The Principal and The Professional Competency of Teachers on Teacher Performance in Private MI in Pacet District,” Nidhomul Haq J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 6, no. 3, pp. 497–512, 2021, doi: 10.31538/ndh.v6i3.1686.
[11] Anto, “Pengertian kinerja Guru,” Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., vol. 3, no. 6, pp. 49–58, 2017.
[12] M. Munawir, Y. Fitrianti, and E. N. Anisa, “Kinerja Guru Profesional Sekolah Dasar,” JPG J. Pendidik. Guru, vol. 3, no. 1, p. 8, 2022, doi: 10.32832/jpg.v3i1.6251.
[13] M. K. RI, “No TitleΕΛΕΝΗ,” Αγαη, vol. 8, no. 5, p. 55, 2019.
[14] B. A. B. Ii, “Bina Sarana Informatika,"motivasi" 2018,” Univ. bina sarana Inform., p. 7, 2018.
[15] Uhing, “Pengertian Motivasi Kerja,” Motiv. Kerja di Dalam Perusah., pp. 15–36, 2019.
[16] hikmah Sherlie, “TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT BENWIN INDONESIA,” vol. 5, 2020.
[17] N. S. Ariyanti, M. A. Adha, M. Pendidikan, F. I. Pendidikan, and U. N. Malang, “Upaya peningkatan komitmen kerja guru bidang studi,” no. 2003, 2019.
[18] A. System and I. N. Primary, “PENDIDIKAN DASAR ( Studi Kasus di SD Plus Al-Kautsar SCHOOL ( Case Study at Al-Kautsar Plus Primary School,” no. February, pp. 171–186, 2020, doi: 10.29407/jpdn.v5i2.13190.
[19] M. G. William, “Pengaruh Work Motivation Terhadap Job Satisfaction Melalui Organizational Culture (Studi Literatur),” Yos Soedarso Econ. J., vol. 2, no. 2, pp. 47–58, 2020.
[20] S. C. Febrina and I. Ratnasari, “Pengaruh Budaya Organisasi , Keterlibatan Kerja, Dan Organizational Learning Terhadap Kinerja Organisasi Melalui Komitmen Organisasi,” Semin. Nas. Sist. Inf., pp. 2178–2190, 2020, [Online]. Available: https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/294
[21] Y. Aprida, H. Fitria, and N. Nurkhalis, “Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru,” J. Educ. Res., vol. 1, no. 2, pp. 160–164, 2020, doi: 10.37985/joe.v1i2.16.
[22] N. Wachidah, “Pengaruh Sikap Inovatif , Kedisiplinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri,” J. Educ. Eval. Stud., vol. 1, no. 1, pp. 57–63, 2019.
[23] V. Aulia, “Pengaruh Kompetensi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Hamatek Indo Bekasi,” JIMEN J. Inov. Mhs. Manaj., vol. 6, no. 2, pp. 158–168, 2021.
[24] C. Qi and P. Y. K. Chau, “Will enterprise social networking systems promote knowledge management and organizational learning? An empirical study,” J. Organ. Comput. Electron. Commer., vol. 28, no. 1, pp. 31–57, Jan. 2018, doi: 10.1080/10919392.2018.1407081.
[25] Sjahruddin and Ismail, “Pengaruh Kompensasi Dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja,” J. Organ. DANMANAJEMEN https//doi.org/10.31227/osf.io/qt8w7 Issue 1 (Agustus, 2018), vol. 1, no. 1, pp. 99–112, 2018.
[26] M. Huda, “Analisis Faktor Kinerja Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah,” Islam. Manag. J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 5, no. 01, p. 1, 2022, doi: 10.30868/im.v5i01.2083.
[27] S. Damayanti, “Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Motivasi Kerja Pegawai Tetap di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur Tahun 2014,” J. Adm. Rumah Sakit Indones., vol. 2, no. 2, pp. 139–149, 2016, doi: 10.7454/arsi.v2i2.2196.
[28] T. M. Ingarianti, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Komitmen Karier,” J. Ilm. Psikol. Terap., vol. 5, no. 2, p. 202, 2017, doi: 10.22219/jipt.v5i2.4935.
[29] Jasmalinda, “Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Yamaha Di Kabupaten Padang Pariaman.,” J. Inov. Penelit., vol. 1, no. 10, pp. 2199–2205, 2021.

Diterbitkan

2023-01-19

Cara Mengutip

Ahmad Rojab Awwaluddin Ardiansyah, & Eko Pujianto, W. . (2023). PENGARUH ORGANIZATIONAL LEARNING TERHADAP KINERJA GURU MELALUI MOTIVASI DAN KOMITMEN. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 57–69. https://doi.org/10.55606/jimak.v2i1.940