Pengaruh Metode Tahsin Terhadap Kemampuan Membaca Al Qur’an Siswa Kelas VIII MTS AL-Ikhwan Kecamatan Padang Tualang Langkat
DOI:
https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.1035Keywords:
Metode Tahsin, Kemampuan Membaca Al Qur’anAbstract
Membaca dan memahami Al-Qur‟an adalah suatu keharusan karena Al-Qur‟an merupakan sumber utama bagi umat Islam dalam menjalankan kehidupan sehari- hari. Kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur‟an masih belum maksimal. Hal ini terlihat dari siswa yang belum paham tentang hukum bacaan dalam ilmu tajwid dan masih lemah dalam pelafasan huruf sehingga masih ada siswa yang belum benar dalam menerapkan hukum bacaan ilmu tajwid ketika membaca Al-Qur‟an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode tahsin yang digunakan oleh guru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena data-data yang diperoleh berupa data-data numerik dan pengolahan datanya dengan menggunakan statistik, dibantu dengan menggunakan aplikasi SPSS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Al- Ikhwan, dengan sampel sebanyak satu kelas yaitu kelas VIII A. Hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh pelajaran tajwid terhadap kemampuan membaca Al- quran di Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhwan ditunjukkan dari hasil output SPSS dapat diketahui bahwa Sig (2-tailed) = 0.985 ini berarti pada taraf signifikan α = 0.05 diterima dan terdapat pengaruh antara variable X dan Y.
References
Satria Wiguna. (2019). Implementasi Method Buzz Group Dalam Hasil Belajar Luring Akidah Akhlak Di Kelas Viii Mts Miftahul Jannah Tanjung Pura. Religion Education Social Laa Roiba Journal, Vol No 1 N(Oktober), 150–161.
Satria Wiguna. (2021). Fikih Ibadah. Pena Persada.
Wiguna, S. (2021). Pengaruh Home Visit Method Terhadap Hasil Belajar Luring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits (Studi Kasus Siswa Kelas Viii Mts Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat). Continuous Education: Journal Of Science And Research, 2(1), 61–71. Https://Doi.Org/10.51178/Ce.V2i1.187
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Alfabet.