Pengaruh Metode Tahsin Terhadap Kemampuan Membaca Al Qur’an Siswa Kelas VIII MTS AL-Ikhwan Kecamatan Padang Tualang Langkat

  • Julhijni Tambusai STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Muhizar Muchtar STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Satria Wiguna STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
Keywords: Metode Tahsin, Kemampuan Membaca Al Qur’an

Abstract

Membaca dan memahami Al-Qur‟an adalah suatu keharusan karena Al-Qur‟an merupakan sumber utama bagi umat Islam dalam menjalankan kehidupan sehari- hari. Kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur‟an masih belum maksimal. Hal ini terlihat dari siswa yang belum paham tentang hukum bacaan dalam ilmu tajwid dan masih lemah dalam pelafasan huruf sehingga masih ada siswa yang belum benar dalam menerapkan hukum bacaan ilmu tajwid ketika membaca Al-Qur‟an. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  bagaimana  metode  tahsin  yang digunakan  oleh  guru.  Jenis  penelitian  ini  merupakan  penelitian  kuantitatif karena  data-data  yang  diperoleh  berupa  data-data  numerik  dan  pengolahan datanya  dengan  menggunakan  statistik,  dibantu  dengan  menggunakan  aplikasi SPSS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Al- Ikhwan, dengan sampel sebanyak satu kelas yaitu kelas VIII A. Hasil penelitian ini adalah  adanya  pengaruh  pelajaran  tajwid  terhadap  kemampuan  membaca  Al- quran di Madrasah Tsanawiyah Al-Ikhwan ditunjukkan dari hasil output SPSS dapat diketahui bahwa Sig (2-tailed) = 0.985 ini berarti pada taraf signifikan α = 0.05  diterima dan terdapat pengaruh antara variable X dan Y.

References

Departemen Agama Ri. (2018). Al Qur’an Terjemahannya : Disertai Asbabun Nuzul. Cv Jendela.
Satria Wiguna. (2019). Implementasi Method Buzz Group Dalam Hasil Belajar Luring Akidah Akhlak Di Kelas Viii Mts Miftahul Jannah Tanjung Pura. Religion Education Social Laa Roiba Journal, Vol No 1 N(Oktober), 150–161.
Satria Wiguna. (2021). Fikih Ibadah. Pena Persada.
Wiguna, S. (2021). Pengaruh Home Visit Method Terhadap Hasil Belajar Luring Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits (Studi Kasus Siswa Kelas Viii Mts Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat). Continuous Education: Journal Of Science And Research, 2(1), 61–71. Https://Doi.Org/10.51178/Ce.V2i1.187

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Alfabet.
Published
2023-01-25
How to Cite
Julhijni Tambusai, Muhizar Muchtar, & Satria Wiguna. (2023). Pengaruh Metode Tahsin Terhadap Kemampuan Membaca Al Qur’an Siswa Kelas VIII MTS AL-Ikhwan Kecamatan Padang Tualang Langkat. Journal of Student Research, 1(1), 340-349. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.1035