PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP NIAT BELI KONSUMENMELALUI POSITIVE EMOSION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI CAFEMERCI SIDOARJO

  • Okta Millenia Putri Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Ulul Azmiyah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Laily Muzdalifah Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
Keywords: Store Atmosphere, Purchase Intention, Positive Emotion

Abstract

Café Merci merupakan café baru yang sangat familiar dikalangan remaja , café ini memiliki store atmosphere yang sangat bagus sehingga menimbulkan niat beli kepada konsumen melalui positive emosion, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran store atmosphere dan niat beli melalui positive emosion dari konsumen café merci. Hipotetis dalam penelitian ini ada tiga. Hipotesis pertama store atmosphere berpengaruh positif signifikan terhadap positive emosion, hipotesis dua store atmosphere berpengaruh positif signifikan terhadap niat beli, hipotesis tiga positive emosion berpengaruh signifikan terhadap niat beli. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantatif dengan menggunakan metode Partial Least Square (PLS). populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang mengunjungi café merci Sidoarjo. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan memilih 100 orang pengunjung café mweci sebagai sampel. Teknik analisi data dalam penelitian ini yaitu deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menjelaskan bahwa store atmosphere berpengaruh positif signifikan terhadap positive emosion,selanjtunya store atmosphere berpengaruh positif signifikan terhadap niat beli, dan positive emosion berpengaruh signifikan terhadap niat beli

References

Febria, M., & Oktavio, A. (2020). Peran Positive Emotion Sebagai Intervening Variable Antara Sales Promotion Dan Impulsive Buying Behaviour Pada Pengguna E-Wallet Pengunjung Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(2), 67–76. https://doi.org/10.9744/pemasaran.14.2.67

Putri, L. H. (2014). PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
DAN KEPUASAN PELANGGAN ( Studi pada Monopoli Cafe and Resto Soekarno Hatta Malang
). 15(2).

Rorimpandey, J., Sepang, J., & Arie, F. V. (2017). Analisis Pengaruh Store Atmosphere Dan Keanekaragaman Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Di Black Cup Coffee & Roastery. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 893–900.

Safira, R. A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening di Era New Normal. International Journal of Hypertension, 1(1), 1–171.
http://etd.eprints.ums.ac.id/14871/%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cell.2017.12.025%0Ahttp://www
.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas- 2018.pdf%0Ahttp://www.who.int/about/licensing/%0Ahttp://jukeunila.com/wp- content/uploads/2016/12/Dea

Tanjung, A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Pelita Bangsa, 05(03), 1–18.

Wulandari, D. P., & Ariyanti, M. (2019). PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP
MINAT BELI KONSUMEN PADA SEJIWA COFFEE Jurnal Mitra Manajemen (JMM Online).
Dian Pertiwi Wulandari, 1(1), 57–71.

Kwan, O. G. (2016). PENGARUH SALES PROMOTION DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PLANET SPORTS TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA. Jurnal
Manajemen Pemasaran , 27-34.

Afifi, M. F., & Wahyuni, D. U. (2019). PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI. Jurnal Ilmu
dan Riset Manajemen, 1-17.
Chrysnaputra, R. D. (2020). ANALISIS NIAT BELI ONLINE. Jurnal Perbankan Syariah, 25-40.
Darma, L. A., & Japarianto, E. (2014). ANALISA PENGARUH HEDONIC SHOPPING VALUE TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN SHOPPING LIFESTYLE DAN POSITIVE EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MALL CIPUTRA WORLD
SURABAYA. Jurnal Manajemen Pemasaran, 80-89.
Kurniawan , D., & Kunto, Y. S. (2013). PENGARUH PROMOSI DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN SHOPPING EMOTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING STUDI KASUS DI MATAHARI DEPARTMENT STORE
CABANG SUPERMALL SURABAYA. Jurnal Manjemen Pemasaran Petra, 1-8.
Published
2023-01-25
How to Cite
Okta Millenia Putri, Ulul Azmiyah, & Laily Muzdalifah. (2023). PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP NIAT BELI KONSUMENMELALUI POSITIVE EMOSION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI CAFEMERCI SIDOARJO. Journal of Student Research, 1(1), 356-371. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.1037