Peramalan Curah Hujan Menggunakan Metode Holt-Winters Exponential Smoothing Di Kabupaten Padang Lawas Utara

  • Tri Andri Hutapea Universitas Negeri Medan
  • Andre Yoel Siahaan Universitas Negeri Medan
Keywords: Peramalan Intensitas Hujan, Holt-Winters Exponential Smoothing, Model Additive, MAPE.

Abstract

Curah hujan adalah salah satu faktor penting pada banyak sektor, seperti salah satunya yaitu pada bidang perkebunan. Tinggi-rendahnya curah hujan mempengaruhi proses perawatan hingga masa panen dalam sektor ini. Maka itu butuh mengketahui kapan saat yang benar untuk melakukan perawatan agar tidak mengalami kerugian. Diperlukan peramalan untuk menentukan waktu yang tepat. Analisis yang dipergunakan pada observasi ini merupakan Holt-Winters Exponential Smoothing. Hasil observasi menggunakan model terbaik ditentukan dengan besarnya nilai MAPE, dengan model Additive () menunjukkan nilai MAPE sebesar 0,3271700 sebagai model yang terbaik, MAPE dapat menjadi alat ukur untuk menentukan model terbaik, karena jika nilai MAPE semakin kecil maka semakin baik pula sebuah model. Dari hasil peramalan tersebut dapat diketahui bahwa intensitas hujan yang lemah berada saat bulan juni, juli hingga september disetiap tahunnya, pada saat itu para petani dapat melakukan perawatan pada tanaman sawit.

References

Ari Made Santosa, d., (2019): Perbandingan Metode Holt Winter Additive dan Metode Holt Winter Additive Damped Dalam Peramalan Jumlah Pendaftaran Mahasiswa, Jurnal Ilmu Rekayasa dan Manajemen Sidtem Informasi, 5(1).
Arnita, D. N., (2020): Comparison of Single Exponential Smoothing, Nave Model, and SARIMA Methods for Forecasting Rainfall in Medan, Jurnal Matematika Statistika, 17(1), 117–128.
Budi Prasetyo, Hendri Irwandi, N. P., (2018): Karakteristik Curah Hujan Berdasarkan Ragam Topografi di Sumatera Utara, Jurnal Sains and Teknologi Modifiksi Cuaca, 19(1), 11–20.
Demeytris Suryani, M. T., (2021): Peramalan Jumlah Penumpang Penerbangan Internasional di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Dengan Metode Holt-Winters Exponential Smoothing dan Seasonal ARIMA, Jurnal Statistika Industri dan Komputasi, 6(1), 77–78.
Iwa Sungkawa, R. T. M., (2011): Penerapan Ukuran Ketepatan Nilai Ramalan Data Deret Waktu Dalam Seleksi Model Peramalan Volume Penjualan PT SATRIMANDIRI CITRAMULIA, 2(9), 636–645
Maricar, M., (2019): Analisa Perbandingan Nilai Akurasi Moving Average dan Exponential Smoothing untuk Sistem Peramalan Pendapatan Pada Perusahaan XYZ, Jurnal Sistem dan Informasi, 13(2), 36–45.
Safitri Tias, Nurkaromah, S., (2017): Perbandingan Peramalan Menggunakan Metode Exponential Smoothing Holt-Winters dan ARIMA, Journal of Matematics, 6(1), 48–58.
Published
2023-01-27
How to Cite
Tri Andri Hutapea, & Andre Yoel Siahaan. (2023). Peramalan Curah Hujan Menggunakan Metode Holt-Winters Exponential Smoothing Di Kabupaten Padang Lawas Utara. Journal of Student Research, 1(2), 378-393. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.1046